SOLOPOS.COM - Pasar hewan di Sidowarno, Wonosari, Klaten dibangun di belakang deretan ruko. Foto diambil Rabu (12/9/2012). (Iskandar/JIBI/SOLOPOS)


Pasar hewan di Sidowarno, Wonosari, Klaten dibangun di belakang deretan ruko. Foto diambil Rabu (12/9/2012). (Iskandar/JIBI/SOLOPOS)

KLATEN–Pemerintah Desa Sidowarno, Wonosari, Klaten siap membangun pasar hewan dan puluhan rumah toko (ruko) di desa setempat. Diharapkan hal itu akan mampu meningkatkan perekonomian warga Sidowarno dan sekitarnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Dari luas areal pasar satu hektare,  kami sediakan atau separuhnya 0,5 hektare untuk lokasi pasar hewan. Selain itu kami sekarang juga tengah membangun 40 ruko di pasar itu,” ujar Kepala Desa Sidowarno, Rujito ketika ditemui di ruang kerjanya, Rabu (12/9/2012).

Menurut dia pendirian pasar hewan di desanya yang berbatasan dengan Sukoharjo itu dinilai bakal banyak diminati para pedagang hewan. Sebab selain letaknya strategis di tepi jalan raya Klaten-Sukoharjo, pasar tersebut merupakan tengah-tengah antara pasar hewan satu dengan lainnya.

Dia mencontohkan pasar hewan terdekat dari desanya di sebelah timur adalah di pasar hewan Carikan, Sukoharjo. Sedangkan di wilayah barat atau di Klaten adalah wilayah Pedan. Sehingga, papar dia, jika pihaknya mendirikan pasar hewan di desanya diperkirakan akan banyak diminati para pedagang hewan. Apalagi lahan yang disediakan dinilai cukup luas dan akses jalan menuju pasar juga mudah.

Pada bagian lain ruko yang dibangun saat ini diharapkan akan mampu menambah pemasukan desa. “Pasar ini kami bangun menggunakan dana murni dari desa. Kalau bangunan lama yang sekarang ada, dulu dibangun investor. Tetapi entah bagaimana ketika itu pembangunan tidak berjalan seperti yang diharapkan,” kata Rujito.

Secara terpisah, salah seorang pedagang yang mengaku sering menjual hewan ke beberapa pasar hewan di Klaten dan sekitarnya, Prwoto, 57, menyambut baik pembangunan pasar hewan tersebut. “Kalau pasar ini ditangani dengan serius, saya kira akan ramai dikunjungi pedagang hewan. Karena tempat ini memang jauh dari pasar hewan dan jalan menuju ke tempat ini sudah bagus dan lebar. Ini tentu akan memudahkan pengangkutan,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya