SOLOPOS.COM - Acara pembukaan side event Porseni NU 2023 dengan menabuh rabana, di Pamedan Pura Mangkunegaran, Senin (16/1/2023). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO—Pembukaan side event Pekan Olahraga dan Seni atau Porseni NU 2023 yang dilaksanakan di Mangkunegaran, Senin (16/1/2023) dihadiri GRAj Ancillasura Marina Sudjiwo atau Gusti Sura sebagai perwakilan dari Mangkunegaran.

Terdapat pula dari perwakilan Fatayat dan Muslimat NU yang memeriahkan acara tersebut sejak pagi. Sedangkan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka datang selepas acara seremonial.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Acara side event dan Festival UMKM ditujukan sebagai tempat bertemunya para peserta yang sedang bertanding. “Ini tempat untuk kumpul, nanti juga ada pertunjukan,” kata Ketua Panitia Nusron Wahid saat sambutan, Senin (16/1/2023). Pertunjukan seni itu, kata Nusron, melibatkan seniman dari kalangan NU.

Nusron Wahid mengatakan tujuan dari Festival UMKM ini agar ekonomi masyarakat bergerak, khususnya warga NU dan Kota Solo. “Kami memfasilitasi warga NU, meskipun sekecil apapun itu [agar] punya ruang produksi dan aktivitas [ekonomi],” kata Nusron kepada Solopos.com, Senin (16/1/2023).

Dia mengatakan hal itu sambung dengan agenda satu abad NU dengan visi besarnya adalah mengentaskan kemiskinan.

“Salah satu tantangannya kan itu, soal cara mengatasi kemiskinan,” katanya. 

Langkah awalnya adalah membuat Festival Kuliner dan UMKM. Stan diisi 37 pelaku UMKM. “Semuanya warga NU,” kata Nusron. 

Selepas pembukaan side event ini, masih ada seremonial pembukaan Porseni NU 2022 di GOR Sritex Arena, Solo. Dia mengatakan penggung hiburan akan dimeriahkan oleh band asal Jogja, Letto. 

Sementara itu, Nusron juga memastikan kehadiran Menteri BUMN Erick Tohir dan Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali pada malam Pembukaan Porseni. “Sudah [dipastikan hadir],” imbuhnya. 

Pantauan Solopos.com, Gibran hadir setelah acara seremonial selesai. Dia mengenakan jersey Persis Solo terbaru dan sepatu sneekers

Kehadiran Wali Kota Solo itu langsung disambut ibu-ibu untuk meminta foto bersama. Gibran lalu berkunjung ke area lomba mewarnai untuk anak-anak, sembari membagikan buku tulis ke peserta lomba. 

Tidak hanya itu, Gibran pun melanjutkan dengan melihat-lihat stan UMKM dan membeli beberapa produk yang ditawarkan, termasuk camilan, baju bermotif batik, dan kaus satu abad NU. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya