SOLOPOS.COM - Sidang MK (Foto detikcom)

Solopos.com, JAKARTA—Kapolres Nabire, Papua, AKBP Tagor Hutapea, memberikan kesaksian di sidang lanjutan sengketa Pilpres 2014 melalui teleconference, Kamis (14/8/2014).

Dari pantauan Solopos.com, melalui siaran langsung di sejumlah televisi swasta, ada beberapa hal yang disampaikan Kapolres Nabire, seperti soal distribusi logistik dari Nabire ke daerah lain termasuk ke Dogyai. Soal distribusi ini, ada beberapa pernyataan kapolres yang berbeda dengan kesaksian dari saksi KPU yang disampaikan pada sidang sehari sebelumnya.
Jika saksi KPU memastikan semua distribusi sampai ke lokasi pemungutan suara, Kapolres Nabire ini mengaku tidak tau apakah logistik di dua lokasi sampai atau tidak.
Kapolres juga mengatakan, dalam proses rekapitulasi di Nabire saksi nomor urut 1 tidak hadir. “Sudah dipanggil tiga kali tidak ada, saksi nomor dua ada dan menyampaikan beberapa hal kepada warga,” kata kapolres di sela-sela sidang yang dipimpin Hamdan Zoelva.
Kapolres Nabire juga mendapat beberapa pertanyaan dari kuasa hukum Prabowo Hatta. Di antaranya terkait proses distribusi logistik dan soal penarikan surat suara dalam proses rekapitulasi di Nabire.
“Surat suara yang ditarik ini jumlahnya berapa? Dan apakah secara langsung diberikan ke nomor urut dua,” tanya kuasa hukum Prabowo Hatta, Maqdir Ismail.
Kapolres pun menerangkan, bahwa untuk logistik pemilu, yang ada di Nabire sudah siap tanggal 6 Juli malam. “Kami bawa ke Polres Nabire untuk diamankan. Karena mereka mau berangkat malam hari. Kami tidak benarkan mereka berangkat malam karena alasan keamanan. Tidak dibenarkan, karena kurang lebih 240 kilometer dan tidak ada perkampungan. Akhirnya Berangkat besok pagi tanggal 7 Juli.”
Aparat Polres Nabire pun mengaku  mengawal samapi ke Dogyai.
“Kedua, alasan kami mengantar ke sana, waktu sudah mepet, anggota KPUD sudah di Dogyai semua.”
“Dan ketiga soal perolehan suara, jumlah surat suara sebenarnya pasangan nomor urut satu dapat  1.841. Yang sisanya, adalah pasangan nomor urut dua 107.111 suara,” tutur Kapolres.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya