Sidang Korupsi Hibah Sapi Wonogiri Dengarkan Keterangan Saksi

Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Semarang telah menggelar sidang perdana perkara dugaan korupsi pengelolaan keuangan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Bersama Lenggar Bujo Giri, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri, Selasa (26/4/2022).

 Perwakilan Kejaksaan Negeri (Kejari) Wonogiri (kiri) menyerahkan berkas perkara dugaan korupsi pengelolaan keuangan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Bersama Lenggar Bujo Giri, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri 2016-2019 kepada petugas di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Semarang, Selasa (19/4/2022). (Istimewa/Kejari Wonogiri)

SOLOPOS.COM - Perwakilan Kejaksaan Negeri (Kejari) Wonogiri (kiri) menyerahkan berkas perkara dugaan korupsi pengelolaan keuangan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Bersama Lenggar Bujo Giri, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri 2016-2019 kepada petugas di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Semarang, Selasa (19/4/2022). (Istimewa/Kejari Wonogiri)

Solopos.com, WONOGIRI — Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Semarang telah menggelar sidang perdana perkara dugaan korupsi pengelolaan keuangan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Bersama Lenggar Bujo Giri, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri, Selasa (26/4/2022). Pekan depan, agenda persidangan mendengarkan keterangan sejumlah saksi yang dihadirkan oleh penasihat hukum terdakwa.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, ada dua terdakwa yang sudah dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Semarang, yakni ketua BUM Desa Bersama Lenggar Bujo Giri pada 2019, Sugeng, warga Kecamatan Girimarto dan Direktur PT Lereng Lawu Lestari, Sigit Priyo Atmojo, warga Kecamatan Wonogiri. Sigit berlaku sebagai pihak yang menjalankan usaha produksi dan penjualan pakan dan pupuk, bekerja sama dengan BUM Desa Bersama Lenggar Bujo Giri.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Kasi Intel Kejaksaan Negeri (Kejari) Wonogiri, Feby Rudy Purwanto, menerangkan dua pasal yang didakwakan, yaitu primer dan subsider. Pada dakwaan primer, terdakwa dijerat Pasal 2 ayat 1 juncto Pasal 12 Undang-undang No. 31 tahun 1999 tentang Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah Undang-undang No. 20 tahun 2001 tentang perubahan atas Undang-undang No. 31 tahun 2009 tentang tindak pidana korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 dalam Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP).

Pada dakwaan subsider, yaitu Pasal 3 Undang-undang No. 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU No. 20 tahun 2001 juncto Pasal 55 ayat 1 KUHP.
Kedua terdakwa menjalani sidang perdana, Selasa (26/4/2022). Saat ini, agenda persidangan mendengarkan keterangan sejumlah saksi.

“Masuk ke pembuktian, kami menghadirkan saksi-saksi kurang lebih 30 orang. Menurut penilaian kami, apa yang didakwakan sudah sesuai keterangan saksi-saksi. Saksi pun mendukung itu,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (16/6/2022).

Baca Juga: Ini Lanjutan Pengusutan Dugaan Korupsi Hibah Sapi di Wonogiri

Pada Selasa (14/6/2022), tahapan persidangan sudah memasuki keterangan ahli dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Selasa (21/6/2022) pekan depan, agendanya, yakni mendengarkan keterangan saksi yang dihadirkan oleh penasihat hukum terdakwa.

Sebagaimana diketahui, kasus korupsi tersebut mengakibatkan kerugian negara senilai Rp4,065 miliar. Dana itu bersumber dari hasil penjualan 180 ekor sapi hibah dari pemerintah senilai lebih kurang Rp3 miliar dan dana penyertaan modal dari lima desa di kawasan perdesaan Kecamatan Girimarto senilai lebih kurang Rp1 miliar.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Persebaran PMK Meluas, Kebutuhan Hewan Kurban 1,81 Juta Ekor

+ PLUS Persebaran PMK Meluas, Kebutuhan Hewan Kurban 1,81 Juta Ekor

Pemerintah meluncurkan gerakan disinfeksi nasional, Kamis (30/6/2022), untuk mengendalikan penyakit mulut dan kuku (PMK). Wabah PMK makin meluas di 19 provinsi dan tak hanya menjangkiti sapi.

Berita Terkini

UNS Pasang EWS Indoor di 100 Rumah di Karanganyar, Ini Lokasinya

Ketua tim peneliti dari Program Studi (Prodi) Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNS, Ahmad Marzuki mengatakan timnya mengembangkan sensor indoor dan sudah dipasang pada 100 rumah di 11 desa di Kabupaten Karanganyar.

Kelurahan Gayam Sukoharjo Jadi Juara 1 Lomba Tiga Pilar Polda Jateng

Konsep Tiga Pilar adalah konsep kekompakan, keterpaduan, dan kerja sama dalam satuan lingkungan pemerintahan kelurahan atau desa antara lurah bersama dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas

Hewan Kurban Wajib Ada SKKH, Begini Cara Peroleh SKKH di Boyolali

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan (Keswan) Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Boyolali, drh. Afiany Rifdania, mengatakan SKKH untuk hewan yang digunakan untuk kurban di dalam daerah Boyolali dan ternak yang dikirim ke luar daerah berbeda.

Vaksinasi PMK di Boyolali Sasar Sapi Sehat, Untuk Sapi Sembuh?

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan (Keswan) Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Boyolali, drh. Afiany Rifdania, mengungkapkan sapi-sapi yang sembuh dari PMK akan mendapatkan perlakuan yang berbeda.

Kereta Kuda dan Permainan Volume Besar Dilarang di CFD Klaten

CFD Jl Mayor Kusmanto Klaten digelar di sepanjang ruas jalan dari simpang empat Pandanrejo hingga simpang lima Bramen dan digelar saban Minggu pukul 05.00 WIB-09.00 WIB.

Begini Alasan Organda Wonogiri Pamor Bus Bumel Makin Menurun

Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Wonogiri, Edi Purwanto, menyebut menurunnya pamor bus bumel tak terlepas oleh sikap masyarakat yang memiliki kecenderungan mulai meninggalkan transportasi umum.

Polisi Selidiki Kasus Meninggalnya Warga Sragen Wetan, Ada Kejanggalan?

Polres Sragen tengah menangani kasus kematian seorang ibu di Sragen Kota yang dinilai ada kejanggalan

Warung Makan Solet di Makamhaji Kartasura, Lokasi Ndelik Tapi Ramai

Warung Solet menyajikan aneka menu masakan jawa. 

Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini: Tanpa Potensi Hujan

Prakiraan cuaca di Sagen hari ini, Jumat (1/7/2022) akan sama seperti kemarin. Cuaca berawan mendominasi tanpa ada potensi turun hujan.

Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini: Lebih Bersahabat

Cuaca cerah berawan akan menemani Anda, warga di Karanganyar, mengawali  Jumat (1/7/2022) pagi ini. Tak perlu khawatir akan turun hujan karena prakiraan cuaca Karanganyar hari ini akan didominasi berawan.

Hari Ini Cerah Berawan, Cek Prakiraan Cuaca Sukoharjo Jumat 1 Juli 2022

Berikut ini prakiraan cuaca wilayah Sukoharjo hari Jumat (1/7/2022) yang tersaji secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Solo 1 Juli: Cerah Berawan, Waspada Angin Dari Timur

Cuaca Kota Solo hari ini, Jumat (1/7/2022), berdasarkan prakiraan BMKG Solo akan berawan dan cerah berawan.

Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini 1 Juli 2022: Cerah Berawan Ada Hujan

Simak prakiraan cuaca wilayah Boyolali hari Jumat (1/7/2022) dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Jumat Ini: Cerah Berawan Pagi

Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Jumat 1 Juli 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Klaten Hari Jumat Ini: Berawan Pagi-Malam

Prakiraan cuaca Klaten hari ini Jumat 1 Juli 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.