SOLOPOS.COM - Jessica Wongso di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (20/1/2016). Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum memeriksa Jessica terkait kematian Wayan Mirna Salihin yang meninggal dunia karena sianida dalam es kopi Vietnam yang diminumnya di Olivier Cafe Grand Indonesia. (JIBI/Solopos/Antara/dok)

Sidang kopi bersianida hari ini kembali mengungkit pengakuan Hanie Juwita Boon yang mengatakan ikut minum kopi Mirna.

Solopos.com, JAKARTA — Kesaksian dr. Adiyanto, dokter UGD RS Abdi Waluyo dalam sidang lanjutan kopi bersianida di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, membuka celah baru bagi kubu terdakwa Jessica Kumala Wongso. Pasalnya, saksi justru menceritakan pengakuan awal Hanie Juwita Boon yang mengatakan dia juga minum kopi dari gelas Mirna.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Di persidangan, Adiyanto menceritakan melihat Hanie dan Jessica. Saat itu, dia baru saja menangani Mirna yang akhirnya dipastikan meninggal setelah melakukan CT scan. Menurutnya, saat itu Hanie panik dan mengaku ikut minum kopi yang sama.

“Setelah menangani Mirna, saya cari tahu penyebab kejadiannya apa. Hanie panik dan gemetar, dia mengaku minum. Dia bilang ‘saya bisa mati juga dong’. Dia merasa, kalau ada sesuatu di gelasnya [berarti dia juga bisa mengalami hal yang sama],” kata Adiyanto, Senin (29/8/21016).

Karena pengakuan itu, Adiyanto meminta Hanie untuk berbaring di UGD. Namun setelah mengecek tekanan darah, denyut nadi, dan kondisi fisik luarnya, Adiyanto tak menemukan masalah apapun alias normal.

“Setelah mau pulang, saya berikan resep obat, norit dan laksatif [pencahar],” ungkapnya. Adiyanto mengatakan resep obat itu diberikan karena Hanie yang khawatir bisa keracunan. “Saya juga minta makan minum banyak supaya detox alami.”

Kesaksian ini justru membuat kuasa hukum Jessica, Otto Hasibuan, merasa di atas angin. Dengan keterangan Adiyanto yang mengungkit pengakuan lama Hanie, Otto kembali meragukan ada sianida di kopi Mirna. Baca juga: Dokter UGD Sebut Bibir Mirna Tidak Kebiruan, Celah Baru Bagi Jessica.

“Jadi Hanie tidak hanya mencicipi lagi, tapi Hanie meminum kopi susu,” katanya dalam perbincangan yang ditayangkan live oleh Kompas TV dari PN Jakarta Pusat seusai sidang. Baca juga: Pelaku Memasukkan Sianida Diprediksi Pukul 16.30-16.45 WIB.

Menurutnya, keterangan Hanie inilah yang paling bisa dipercaya karena dia terlihat panik. Belakangan, Hanie merevisi pengakuannya bahwa dia tidak meminum, melainkan memuntahkan lagi alias tidak menelan es kopi Mirna. Tapi selama ini, pengacara Jessica selalu berpegang bahwa Hanie meminum kopi Mirna.

“Tadi dokter yang mengatakan. Ditanya dia minum atau cicip? Hanie mengatakan minum, berarti ini sama saja dengan Mirna. Kalau Mirna mati, kenapa Hanie tidak. Hanie ternyata hidup, padahal dia minum,” kata Otto.

Otto kembali menolak jika Hanie hanya dianggap mencicipi merujuk pada efek berbeda yang dirasakan Devi, manajer Olivier Cafe yang juga mencicipi kopi Mirna. “Seharusnya, keterangan Hanie ini masih genuine, dan itu katanya dia ketakutan, kalau cuma cicipi, ini sama saja dengan Devi.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya