SOLOPOS.COM - Ilustrasi Bank Century (Dok/JIBI)

Solopos.com, JAKARTA — Mantan Wapres Jusuf Kalla bersikukuh bahwa terjadi kriminalisasi yang dilakukan pemilik Bank Century, Robert Tantular terhadap bank tersebut. Hal itu terpatri dibenaknya setelah menerima laporan adanya kucuran dana talangan (bailout) ke Bank Century.

JK mengatakan, dirinya menerima laporan dari Menkeu Sri Mulyani dan Gubernur Bank Indonesia, Boediono, setelah 4 hari bailout sebesar Rp2,7 triliun ke Bank Century. JK dilapori bailout diberikan untuk menyelamatkan Bank Century dari kesalahan pemiliknya Robert Tantular.

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

“Bu Sri Mulyani mengatakan pemiliknya yang mengambil dana di bank itu. Lalu saya bilang, Berarti terjadi kriminalisasi perbankan. Saya bilang ini perampokan. Pak Boediono waktu itu mengatakan, Ya begitu,” ujar JK saat bersaksi dalam sidang Budi Mulya, di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Kamis (8/5/2014).

“Terjadi kriminalisasi pemiliknya, tidak mengatakan krisis tapi kriminalisasi,” ujar JK menegaskan laporan yang diterimanya.

Tak heran pada saat itu JK menganjurkan BI melakukan tindakan hukum terhadap Robert Tantular.

“Saya bilang kenapa enggak ditangkap? Mestinya lapor polisi. Pak Boediono mengatakan, ‘Dasar hukumnya apa?’ Saya bilang itu bukan urusan anda. Itu urusan polisi buat mencari letak kesalahannya,” katanya.

Lalu karena gubernur BI dan menteri keuangan tidak melapor tindak kriminal Robert Tantular, JK berinisiatif melaporkannya sendiri. “Saya menelepon Kapolri untuk menangkap Robert Tantular, 2 jam ditangkap,” terangnya,

JK menambahkan, dia terpaksa melakukan hal itu karena Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sedang berada di luar negeri. Sehingga, dia harus mengambil tugas-tugas presiden sementara waktu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya