Sidak Konser Dream Theater di Stadion Manahan, DPRD Solo Dibuat Heran

Anggota Komisi II DPRD Solo menemukan hal yang membuat heran dan bertanya-tanya saat melakukan sidak konser Dream Theater di Manahan, Rabu (10/8/2022) malam.

 Aksi panggung vokalis Dream Theater James LaBrie dan gitaris Jhon Petrucci saat tampil menghibur penggemarnya pada konser bertajuk Top of The World Tour di lapangan parkir A dan B Stadion Manahan, Solo, Rabu (10/8/2022) malam. (Solopos/Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Aksi panggung vokalis Dream Theater James LaBrie dan gitaris Jhon Petrucci saat tampil menghibur penggemarnya pada konser bertajuk Top of The World Tour di lapangan parkir A dan B Stadion Manahan, Solo, Rabu (10/8/2022) malam. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Anggota Komisi II DPRD Solo ternyata melakukan inspeksi mendadak atau sidak di lokasi konser Dream Theater di Area Parkir A dan B Stadion Manahan Solo, Rabu (10/8/2022) malam.

Sidak dipimpin langsung Wakil Ketua Komisi II DPRD Solo, Roro Indradi Sarwo Indah. Salah seorang anggota Komisi II DPRD Solo yang ikut sidak, Wawanto, saat diwawancarai Solopos.com, Jumat (12/8/2022), mengatakan sidak itu untuk mengecek potensi pajak hiburan yang masuk dari konser tersebut.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

“Kami mengecek porporasi, atau tiket yang dijual secara online yang disertakan pajak hiburan. Jadi kaitan dengan pajak hiburan,” ungkapnya. Politikus PDIP tersebut menjelaskan setiap tiket konser yang dijual dikenakan pajak hiburan.

Nilainya sesuai aturan pemerintah daerah. Untuk Solo, menurut Wawanto, pajak hiburan ditetapkan 15 persen dari harga per lembar tiket. Hal itu sesuai ketentuan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 11/2018 tentang Pajak Daerah.

Sidak yang dilakukan Komisi II DPRD Solo di area konser Dream Theater untuk memastikan semua potensi pajak hiburan bisa terserap optimal. Untuk mengecek pendapatan yang masuk, menurut Wawanto, dilihat dari data penonton berdasarkan barcode.

Baca Juga: Dream Theater Konser di Solo, Segini Pendapatan yang Masuk ke Pemkot

“Jadi itu tiket kan di-barcode, masuk di-barcode kan langsung ketemu total [jumlah penonton] yang masuk berapa dari tiket tersebut,” ungkapnya. Dari sidak yang dilakukan, anggota Komisi II DPRD itu menemukan hal yang cukup membikin heran dan bertanya-tanya.

Hal itu terkait banyaknya tiket yang diberikan kepada tamu undangan. Dari 9.859 tiket atau gelang yang diporporasi, yang dilaporkan terjual 5.552 tiket. Kemudian yang diberikan kepada tamu undangan sebanyak 1.509 tiket.

Realisasi Pendapatan Pajak

Tiket untuk tamu undangan tersebut dinilai cukup banyak. “Cuma laporan dari tiket yang masuk dari dinas yang dilaporkan hanya tercatat sekitar 5.552 tiket. Kan ada perinciannya dari 9.859 tiket itu kan ada untuk undangan terlalu besar menurut saya 1.500-an undangan. Lah siapa saja yang diundang, kita kan enggak tahu,” terangnya.

Baca Juga: Wah! Ada Capres 2024 Nonton Dream Theater di Solo, Tapi Bukan Ganjar

Wawanto juga mempertanyakan realisasi pendapatan pajak dari konser itu mengingat jumlah tiket yang diporporasi sebanyak 9.859 lembar. Sedangkan realisasi tiket yang terjual hanya 5.552 lembar. Di luar itu ada tiket untuk tamu undangan yang sampai 1.509 tiket.

Wawanto menegaskan apa yang dilakukan Komisi II DPRD Solo semata untuk memastikan optimalisasi pendapatan asli daerah (PAD). Selain Dream Theater, Komisi II DPRD Solo sebelumnya juga melakukan sidak beberapa konser, seperti Noah di GOR Sritex dan God Bless di Terminal Tirtonadi Solo.

Sebelumnya berdasarkan data Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Solo, pendapatan dari pajak penjualan tiket konser Dream Theater yang masuk ke Pemkot senilai Rp764,25 juta. Nilai tersebut dari 5.552 tiket terporporasi yang terdeteksi masuk ke area konser.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Beli 18 Tiket Tapi Tak Nonton Dream Theater di Solo

“Kalau [tiket] yang terpakai, data yang kami punya 7.061 [tiket], sebanyak 5.552 tiket yang terjual, dan ada undangan untuk 1.509 [orang]. Kami juga ada datanya. Untuk yang undangan ini tidak dipungut biaya oleh mereka,” ujar Kepala Dispenda Solo, Tulus Widajat, Jumat.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      UMK 2023 Klaten Diusulkan Naik 6,78%, Jadi Rp2,1 Juta

      Nilai upah minimum kabupaten (UMK) 2023 Klaten diusulkan Rp2.152.322,94 atau naik sekitar 6,78 persen dibandingkan UMK 2022.

      Gending Bertema Persis Solo akan Dibawakan saat Pernikahan Kaesang-Erina

      Grup karawitan dari Institut Seni Indonesia (ISI) Solo mempersiapkan gending (lagu dari gamelan) bertema Persis Solo dalam acara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono.

      Pidato Tuntas Subagyo saat DBLA di Purbayan Sukoharjo Membius Ribuan Orang

      Pidato Pendiri sekaligus Ketua Umum Dewan Pembina YSNW, Tuntas Subagyo, membius 6.000-an anggota organisasi itu saat DBLA di Desa Purbayan, Baki, Kabupaten Sukoharjo, pada Jumat (2/12/2022).

      ISI Solo Siapkan 2 Grup Karawitan di Pernikahan Kaesang-Erina

      Dua grup karawitan dari Institut Seni Indonesia (ISI) Solo akan tampil dalam acara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono.

      Tanpa Dukungan Penuh Pemkab, Wonogiri Sulit Capai Target Bebas AIDS Tahun 2030

      Target bebas acquired immune deficiency syndrome (AIDS) pada 2030 di Wonogiri sulit tercapai jika tidak ada dukungan serius dari Pemkab setempat.

      Fakta-Fakta Penangkapan Terduga Teroris di Sukoharjo Pada Kamis Pagi

      Fakta-fakta penangkapan terduga teroris di empat lokasi wilayah Kabupaten Sragen, Kamis (1/12/2022).

      Sudah 40 Persen, DPU BMCK Jateng Hentikan Pekerjaan Jembatan Ganefo Sragen

      DPU BMCK Jateng menghentikan kontrak pembangunan Jembatan Ganefo Sragen. Penghentian proyek tersebut disebabkan adanya revisi desain bawah jembatan.

      Menjelajahi Geopark Dunia di 7 Geosite Wonogiri

      Wonogiri menyimpan keindahan situs taman Bumi yang indah serta kekayaan arkeologi di zaman purbakala.

      Membeludak! Ribuan Orang Ikut Doa Bersama Lintas Agama di Purbayan Sukoharjo

      Ribuan orang anggota organisasi dan tamu undangan Tuntas Subagyo dari berbagai daerah memadati Taman Ratu Maulidya di Desa Purbayan, Baki, Sukoharjo, pada Jumat (2/12/2022).

      Truk Uruk Tol Solo-Jogja Terguling di Ceper Klaten, Tak Ada Korban Jiwa

      Kecelakaan lalu lintas melibatkan satu unit mobil dan satu unit truk terjadi di ruas jalan Ceper-Besole, Desa Ceper, Kecamatan Ceper, Jumat (2/12/2022) sore.

      Pelat Baja Diganti Baru, Getaran di Jembatan Mojo Berkurang Drastis

      Penggantian pelat jembatan dengan sistem baja ortotropik di Jembatan Mojo bertujuan menambah ketahanan terhadap beban kendaraan bermotor.

      Tenyata Ada 2 Warga Pendatang yang Pernah Ditangkap Densus 88 di Ngruki RT 01

      Tercatat ada dua warga pendatang di Dukuh Ngruki RT 01/RW 16, Desa Cemani, Kecamatan Grogol, Sukoharjo yang pernah ditangkap Densus 88 Antiteror.

      Penanggulangan HIV di Wonogiri Masih Terkendala Stigmatisasi

      Penanggulangan human immunodeficiency virus/acquired immune deficiency syndrome (HIV/AIDS) di Wonogiri masih terhalang stigmatisasi.

      Wonogiri Terhindar dari Penghentian Siaran TV Analog, Warga Masih Waswas

      Warga di perbatasan Wonogiri mengaku tetap waswas meski Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) memastikan analog switch off (ASO) atau penghentian siaran televisi (TV) analog tak terjadi di Kabupaten Sukses.

      Nunggak Retribusi 7 Tahun, 3 Kios di Pasar Pungkruk Sragen Disegel

      Diskumindag Sragen menyegel tiga kios di Pasar Pungkruk yang menunggak retribusi dan izin perpanjangan seniliat total Rp18 juta.