SOLOPOS.COM - Ilustrasi belanja (Foto: ibukitakartini.com)

Ilustrasi belanja (Foto: ibukitakartini.com)

SOLO–Kebutuhan belanja rumah tangga sehari-hari memang tidak bisa ditunda-tunda. Jadi, keluarga harus pintar-pintar mengatur anggarannya agar tidak tekor di pertengahan bulan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain harus pintar mengatur anggaran untuk belanja kebutuhan tersebut, keluarga harus bisa mengatur skala prioritas dan cara berbelanjanya. Apakah berbelanja satu kali untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga selama satu bulan atau cukup beli saat dibutuhkan. Istilahnya, berbelanja bulanan atau memilih belanja eceran?

Saat ini sudah banyak toko-toko modern yang menjual barang-barang kebutuhan rumah tangga sehari-hari seperti sabun cuci, pewangi cucian, sabun mandi, pasta gigi, pengharum seterikaan, gula, susu anak-anak, teh dan berbagai kebutuhan harian lainnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Toko-toko modern yang biasa disebut swalayan tersebut pun mematok harga yang beragam, bahkan tak jarang ada yang menawarkan harga lebih murah daripada toko kelontong dekat rumah.

“Soal harga memang jadi pertimbangan, apalagi seperti saya yang memenuhi kebutuhan rumah tangga sehari-hari dengan berbelanja sekaligus untuk satu bulan,” terang Astuti, warga Kadipiro, Banjarsari, Solo, kepadaSolopos.com, Senin (19/11/2012).

Karena berbelanja untuk kebutuhan satu bulan, Astuti mengaku lebih nyaman dengan berbelanja di toko swalayan karena harganya tak jauh berbeda dengan harga di toko kelontong biasa.

“Bedanya kalau di toko kelontong biasa kita terkadang harus menawar dulu atau minimal ada patokan harga biar tidak kemahalan. Kalau swalayan, harganya sudah pasti, terus banyak pilihan dan barangnya ada,” tuturnya lagi.

Lebih Irit

Hal senada juga disampaikan Sulis, warga Cengklik, Banjarsari, Solo yang memilih berbelanja di toko swalayan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari selama sekitar sebulan. Cara itu dinilainya lebih irit dibandingkan mengecer di toko kelontong.

“Jatuhnya lebih irit jika beli kebutuhan sehari-hari seperti sabun cuci, sabun mandi, gula, kopi dan pasta gigi dibeli sekaligus daripada dibeli secara eceran,” terangnya kepada Espos, saat berbelanja di Solo Square Solo, Senin.

Sebagai contoh, jika beli sabun cuci yang ukuran besar sekalian harganya lebih murah dibandingkan eceran. Harga sabun cuci ukuran 1,4 kg misalnya hanya Rp19.000, kalau membeli eceran lebih dari Rp20.000.

Namun, menurut Sulis, tidak semua barang kebutuhan sehari-hari dibeli di swalayan. Ada kebutuhan yang jarang-jarang dijual di swalayan seperti beras.

”Untuk beras, saya lebih mantap beli di toko kelontong. Pasalnya banyak pilihannya, belinya juga bisa sesuai kebutuhan bulanan,” tuturnya.

Hal itu juga dibenarkan Divisi Manager Groceries Hypermart Solo Square, Yosep Heru Sukahadi.  “Biasanya barang-barang kebutuhan yang dibeli di swalayan seperti sabun cuci dan sabun mandi, pasta gigi dan sampo,”paparnya ketika ditemui Espos, di Hypermart, Senin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya