SOLOPOS.COM - Tiago Alcantara (Twitter/LFC)

Solopos.com, LIVERPOOL – Bigmatch Liga Inggris akan tersaji pada Rabu (20/4/2022) dini hari, pukul 02.00 WIB nanti (akan disiarkan langsung SCTV). Peringkat kedua klasemen sementara, Liverpool, akan menjamu peringkat kelima, Manchester United.

Rivalitas panjang dalam berbagai sisi antara kedua tim ini turut memanaskan atmosfer menjelang laga. Laga dini hari nanti juga akan menarik perhatian pencinta sepak bola di berbagai belahan dunia, tak hanya pendukung dua tim tersebut. Hal itu tak lepas dari latar belakang pelatih dari dua tim.

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

Juru taktik Liverpool, Jurgen Klopp, akan berhadapan dengan Pelatih Manchester United, Ralf Rangnick. Kedua pelatih ini oleh kebanyakan pencandu sepak bola dijuluki masternya gegenpressing.

Gegenpressing sejatinya adalah bentuk ekstrem dari forward pressing di mana tim berusaha untuk mendapatkan kembali penguasaan bola segera setelah mereka kehilangan bola. Formula inilah diberikan Klopp kepada Liverpool dan membuat mereka menjadi tim menakutkan seperti sekarang ini.

Baca Juga: Final Piala FA Pertemukan Chelsea vs Liverpool

Namun demikian, banyak yang menyebut Rangnick-lah sebenarnya yang lebih dulu memperkenalkan gegenpressing. Bahkan sebagian penggemar sepak bola dengan lantang menyebut Rangnick ini sebagai pionir atau mbahnya gegenpressing. Ada pula yang menyatakan Klopp berguru pada Rangnick tentang gegenpressing.

Hal itu pulalah yang membuat para pendukung Manchester United begitu gembira saat Rangnick diperkenalkan sebagai pengganti Ole Gunnar Solksjaer di kursi pelatih Setan Merah. Meski faktanya hingga saat ini penampilan Manchester United masih jauh dari layak untuk disebut sebagai tim bergaya gegenpressing.

Menjelang laga melawan Manchester United dini hari nanti, Jurgen Klopp, mengatakan pertemanan dia dengan Ralf Rangnick untuk sementara dia kesampingkan.

Baca Juga:  Persekat Tegal Sebut Gelandang Mereka Bergabung dengan Persis Solo

Kedua manajer sudah saling berhadapan selama di Bundesliga. Sebelum Rangnick pindah ke Old Trafford, Klopp juga sempat memuji Man. United karena merekrut pelatih luar biasa. Tetapi Klopp mengaku tak lagi rutin menghubungi Rangnick sejak pindah ke Inggris.

“Hubungan saya dengan Ralf Rangnick terhenti sementara. Saya belum berbicara dengannya sejak dia berada di Inggris semata karena rasa hormat, tetapi Anda bisa melihat perubahan yang dia buat di sana dan bagian yang sudah dia tingkatkan,” kata Klopp pada konferensi pers menjelang pertandingan dikutip dari ESPN, Selasa (19/4/2022).

“Ketika saya mempersiapkan diri menghadapi pertandingan United, saya tidak memikirkan Ralf, ini soal mempersiapkan tim.”

Baca Juga: Ingat Tugiyo? Si “Maradona Purwodadi” Pahlawan Kejayaan PSIS Semarang

Laga sangat krusial bagi kedua tim. Bagi Liverpool, wajib hukumnya menang atas Manchester United untuk menjaga tekanan mereka terhadap Manchester City di puncak klasemen. Liverpool hanya berselisih satu poin dari City.

Sedangkan United juga membutuhkan poin penuh untuk menjaga asa mereka bisa naik ke posisi keempat alias ke zona Liga Champions musim depan. Pada pertemuan pertama di Liga Inggris musim ini Liverpool menghabisi Man. United dengan skor telak 5-0 di Old Trafford.

“Mereka [United] ingin lolos ke Liga Champions. Ini bakal menjadi 90 menit yang sengit. Kali ini kembali menjadi pertandingan yang sangat penting bagi kedua tim. Kedua tim akan bertarung,” kata Klopp.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya