SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

New York–Siaran langsung laga penentuan Amerika Serikat (AS) melawan Aljazair pada babak penyisihan Piala Dunia 2010 di AS telah memecahkan rekor jumlah penonton.

Menurut jaringan televisi olahraga ESPN yang menyiarkan pertandingan tersebut, ada 1,1 juta penonton AS yang menyaksikan kemenangan dramatis 1-0 skuat AS atas Aljazair. Capaian tersebut dinilai sangat luar biasa mengingat olahraga sepak bola tak terlalu populer di AS dan disiarkan pada hari kerja.

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

Laga pada Rabu (23/6) malam WIB tersebut sama dengan Selasa (22/6) pagi waktu AS. Selain itu, sebanyak 8,6 juta orang Amerika juga menonton siaran ulang laga tersebut di jaringan televisi ESPN dan Univision pada siang hari selama hari kerja.

“Multitugas adalah suatu kekuatan penuh di AS. Betapa ini menunjukkan kekuatan olahraga, jika Anda memiliki yang luar biasa, siaran langsung kegiatan olahraga yang sesuai imajinasi publik AS, orang akan menontonnya. Tak peduli jam dan hari,” tutur presiden ESPS and ABC Sports, George Bodenheimer, seperti dilansir <I>yahoosports<I>, Jumat (25/6).

Tingginya animo penonton laga tersebut mengalahkan rating siaran final kejuaraan basket Duke-Butler NCAA, olahraga terpopuler di AS, yang disiarkan pada Minggu malam awal tahun ini. Selain itu, rating siaran langsung dari Afsel ini juga mengalahkan siaran langsung pertandingan NBA, yang Selama 12 tahun terakhir menjadi siaran yang paling banyak ditonton, serta siaran tenis Wimbledon dan turnamen gols US Open.

Gegap gempitanya warga Amerika menyambut kemenangan Landon Donovan dkk juga telah menggetarkan West Wing Gedung Putih. Sorakan para staf Gedung Putih saat gol Donovan tercipta pada perpanjangan waktu, bahkan terdengar hingga ruang oval tempat Presiden Barack Obama tengah bertemu Jenderal David Petraeus.

Hal tersebut diakui Obama saat menelepon langsung skuat AS di Afsel, guna menyampaikan ucapan selamatnya. Momentum serupa juga terjadi di berbagai tempat kerja dan bar-bar di seantero Amerika, saat gol Donovan menyelamatkan skuat AS dari eliminasi grup.

Sebelumnya, siaran sepak bola dari Afsel ini tak dianggap layak untuk disiarkan secara langsung di televisi pada jam tayang utama. Sebagian besar kalangan dewasa Amerikan hanya bisa memantau melalui siaran radio transistor.

Nyatanya, selain jutaan pemirsa AS yang menyaksikan siaran langsung Piala Dunia 2020, 1,7 juta orang lainnya telah mengakses ESPN.com untuk mengecek update skor dan berita-berita lain seputar Piala Dunia.

Melihat fakta tersebut, laga AS melawan Ghana di babak 16 besar Piala Dunia, yang berlangsung pada akhir pekan ini, dipastikan jumlah penontonnya bakal melonjak tinggi. Tak heran, jaringan televisi <I>ABC<I> pun memastikan bakal kembali menyiarkan laga tersebut secara langsung.

“Ada sambutan luar biasa dan kami berharap sambutan it uterus berlanjut selama turnamen,” ujar Bodenheimer.

nap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya