Kategori: Tips

Siapkan Rumah Hadapi Musim Penghujan!


Solopos.com/Newswire

Solopos.com, JAKARTA — Musim penghujan tiba, perhatkikan rumah agar terhindar dari berbagai hal agar tetap terpelihara dengan baik. Penghuni harus mengantisipasi hujan lebat yang berkemungkinan disertai dengan angin kencang.

Musim penghujan juga berpotensi membuat rumah mengalami kebocoran atau rembes pada atap maupun dinding. Perusahaan produk perawatan properti Aquaproof dalam siaran pers yang diterima Kantor Berita Antara, Rabu (4/11/2020), menyatakan bahwa retak kecil sekalipun pada bagian rumah dapat membuat air mengalir dan merusak bagian rumah.

Untuk itu, pemilik atau penghuni rumah sebaiknya mengecek bagian hunian untuk mencegah kerusakan yang lebih berat imbas diterpa hujan. Berikut ini enam solusi persiapan rumah musim penghujan dari Aquaproof.

The Penthouse, Drama Baru Kehidupan Mewah Wanita Dewasa Korea

Pertama, cek kondisi rumah. Saat cuaca panas, pengecekan dapat dilakukan dengan melihat kondisi rumah seperti noda bekas rembes pada plafon, dinding bergelembung dan berjamur, retak pada dinding luar. Saat hujan, cek juga seluruh ruangan adakah tanda-tanda air masuk mengakibatkan bocor dan rembes.

Kedua, bersihkan saluran air, seperti saluran air pada atap beton. Demi melindungi rumah pada musim penghujan, jangan biarkan ada sampah yang menyumbat sehingga tidak menimbulkan genangan air terlalu lama.

Lakukan Waterproofing

Ketiga, waterproofing. Pilih produk waterproofing yang efektif. Pemilihan produk juga memengaruhi investasi jangka panjang bangunan Anda, produk yang tepat membuat umur bangunan lebih panjang dan tidak terulang terus-menerus masalah bocor dan rembes.

Keempat, lakukan reparasi mandiri pada bagian rumah yang mudah dijangkau. Area dinding luar bagian teras misalnya dapat direparasi mandiri dengan mengelupas cat lama yang sudah jelek, dan melapisinya dengan cat pelapis anti bocor yang andal.

Pas Ditonton Saat Halloween, Ini Rekomendasi 6 Film Horror Thailand

Kelima, gunakan jasa tukang. Panggil jasa reparasi untuk bagian yang sulit dijangkau dan memerlukan penanganan khusus. Untuk menangani bagian plafon hingga atap beton atau atap genteng yang sulit dijangkau, sebaiknya menggunakan jasa tukang yang lebih paham cara aplikasi dan produk yang tepat.

Jangan segan mengonsultasikan masalah hunian Anda kepada ahli agar tidak salah dalam menangani masalah dan tidak keliru saat membeli produk perawatan rumah, termasuk dalam melindungi rumah pada musim penghujan.

Keenam, gunakan cat pelapis. Jika Anda memutuskan untuk melakukan perawatan sendiri, Aquaproof menyatakan produk mereka bisa dipakai menggunakan kuas, roll maupun airless spray untuk bidang yang luas.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Share
Dipublikasikan oleh
Rahmat Wibisono