SOLOPOS.COM - Ilustrasi (beritapemilu.com)

Ilustrasi (beritapemilu.com)

JAKARTA – Kepala Bidang Humas Partai Keadilan Sejahtera Mardani Ali Sera mengatakan partainya menargetkan meraih delapan juta suara pemilih pemula di Pemilihan Umum 2014.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Apabila jumlah pemilih suara diperkirakan sekitar 20 juta, maka kami targetkan meraih 6-8 juta dengan strategi yang sudah kami siapkan,” kata Mardani kepada Antara di Jakarta, Rabu (29/5/2013). Dia mengatakan PKS sudah menyiapkan organisasi sayap berbasis kepemudaan di tiap wilayah untuk meraih suara pemilih pemula.

Mardani menjelaskan organisasi sayap itu ada Gema Keadilan yang ada di 29 Provinsi di seluruh Indonesia dan Garuda Keadilan yang terdapat di 18 Provinsi. “Organisasi sayap ini sudah ada di tingkat pusat hingga di tiap wilayah,” ujarnya. Mardani menjelaskan masing-masing organisasi sayap kepemudaan partainya itu memiliki basis massa yang berbeda-beda.

Dia mencontohkan Garuda Keadilan yang beranggotakan siswa SMA kelas dua hingga mahasiswa semester kedua. “Untuk Gema Keadilan lebih luas, tidak berbasis pada pemuda yang masih sekolah karena ada berbagai kelompok pemuda di dalamnya,” kata Mardani. Menurut dia, organisasi sayap kepemudaan itu akan terus diintensifkan untuk mengadakan acara berbasis anak muda seperti nonton bareng final Liga Champions Eropa. Hal itu, menurut Mardani, untuk mencairkan suasana di kalangan pemuda namun tetap dapat transfer nilai-nilai partai kepada kalangan pemuda tersebut.

“Intinya kami ingin menciptakan komunitas pemuda yang cair, karena selama ini PKS dinilai soleh banget. Misalnya Gema Keadilan, sering mengadakan hobi jalan-jalan, tapi bangga dengan organisasi tersebut dan partai,” ujarnya.

Sebelumnya Mardani Ali Sera mengatakan partainya menyiapkan tiga strategi menggaet pemilih pemula dalam Pemilihan Umum 2014. Pertama, membuat struktur partai yang berkaitan dengan pemilih pemula dan perempuan. Strategi kedua, menurut Mardani, yaitu dengan memanfaatkan media sosial seperti Facebook dan Twitter untuk memberikan informasi kegiatan dan kampanye PKS. Ketiga, PKS menurut dia akan menggunakan “brand ambassador” organisasi sayap kepemudaan partai tersebut agar dapat menggaet pemilih pemula di Pemilu 2014.

Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum pada Pemilu 2004, jumlah pemilih pemula sekitar 27 juta dari 147 juta pemilih, sedangkan pada Pemilu 2009 ada sekitar 36 juta pemilih pemula dari 171 juta pemilih. Data Badan Pusat Statistik tahun 2010 penduduk Indonesia usia 15-19 tahun adalah 20.871.086 orang, dan usia 20-24 tahun sebanyak 19.878.417 orang, dengan demikian diperkirakan jumlah pemilih muda tahun 2014 sebanyak 40.749.503 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya