SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemberian imunisasi untuk anak balita. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Karena banyaknya imunisasi yang harus diberikan kepada buah hati, orang tua perlu mengetahui harga imunisasi untuk anak  di rumah sakit. Bahkan sebaiknya siapkan dana jauh-jauh hari sebelum si kecil terlahir ke dunia.

Seperti diketahui, bayi yang baru lahir tentu harus melakukan imunisasi untuk membentuk sistem kekebalan tubuh dan mencegah datangnya penyakit berbahaya.  Menurut WHO, imunisasi merupakan sebuah proses di mana seseorang menjadi kebal atau resisten terhadap penyakit menular. Imunisasi juga merupakan sebuah upaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan tidak mudah terserang penyakit.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tentu saja setiap rumah sakit menerapkan harga berbeda-beda untuk imunisasi anak tersebut. Namun dengan mengetahui kisaran harganya, Anda bisa memprediksi besaran dana yang harus disiapkan. Simak ulasannya di tips parenting dan info sehat kali ini.

Baca Juga: Catat! Ini Jadwal Imunisasi Dasar Bayi, Jangan Terlewat Ya

Sebelum membahas lebih detail soal kisaran harga imunisasi dasar di rumah sakit, yuk simak dulu jenis-jenis imunisasi dan jadwal pemberiannya terhadap anak. Berikut ini daftarnya:

1. Hepatitis B

Imunisasi hepatitis B bertujuan untuk mencegah penyakit hepatitis B yang menyerang hati dan dapat menimbulkan komplikasi berbahaya, contohnya sorosis dan kanker hati. Imunisasi hepatitis B diberikan sebanyak 4 kali, yakni pertama diberikan saat bayi baru saja lahir atau paling lambat 12 jam setelah bayi lahir. Lalu, imunisasi kembali diberikan secara berturut-turut pada usia 2, 3, dan 4 bulan.

2. Polio

Imunisasi polio penting dilakukan agar anak terhindar dari penyakit polio yang menyerang sistem saraf di otak dan saraf tulang belakang. Di Indonesia, jenis vaksin polio yang digunakan yakni vaksin polio tetes yang diberikan sebanyak 4 kali. Yang pertama diberikan saat bayi baru lahir atau paling lambat saat usianya 1 bulan. Imunisasi yang selanjutnya diberikan saat usia 2 bulan, 3 bulan, dan 4 bulan. Vaksin polio dengan suntik biasanya diberikan pada usia 4 bulan.

Baca Juga: Vaksinasi dan Imunisasi, Apa Bedanya?

3. BCG

Imunisasi BCG penting dilakukan untuk melindungi tubuh dari kuman penyebab penyakit tuberkulosis. Penyakit ini bisa menyerang saluran pernapasan, tulang, otot, kelenjar getah bening, kulit, otak, saluran cerna, hingga ginjal. Imunisasi BCG hanya dilakukan 1 kali yakni diberikan pada bayi usia 2 atau 3 bulan melalui suntikan.

4. Campak

Imunisasi campak diberikan untuk mencegah penyakit campak yang bisa menyebabkan pneumonia, diare, dan radang otak (ensefalitis). Imunisasi campak diberikan sebanyak 3 kali, yakni saat usia 9 bulan, 18 bulan, dan 6 tahun. Namun, apabila anak sudah diberikan vaksin MR/MMR di usia 15 bulan, maka pemberian imunisasi campak di usia 18 bulan tidak perlu dilakukan. Vaksin MR/MMR tersebut sudah mengandung vaksin campak.

5. DPT-HB-HiB

Imunisasi DPT-HB-HiB ini bisa memberikan perlindungan dari 6 penyakit sekaligus, yakni difteri, pertusis (batuk rejan), tetanus, hepatitis B, pneumonia, dan meningitis. Imunisasi DPT-HB-HiB wajib dilakukan sebanyak 4 kali yakni pada usia 2 bulan, 3 bulan, 4 bulan, dan 18 bulan.

Baca Juga: Tak Perlu Ragu Imunisasi di Masa Pandemi

Dikutip dari lifepal.co.id, Minggu (3/4/2022), berikut ini kisaran harga  imunisasi  anak di rumah sakit terbaru di tahun ini:

1. Hepatitis B Rp90.000-Rp120.000
2. Polio Rp85.000-Rp300.000
3. BCG Rp250.000-Rp375.000
4. DTP (difteri, tetanus, pertussis) Rp135.000-Rp300.000
5. Hib Rp215.000-Rp290.000
6. PCV (pneumonia) Rp400.000-Rp800.000
7. Influenza Rp165.000-Rp290.000
8. Campak Rp130.000-Rp155.000
9. MMR (gondong, campak, rubella) Rp165.000-Rp475.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya