SOLOPOS.COM - Ilustrasi Tes CPNS (JIBI/DOK))

Solopos.com, SUKOHARJO — Pemkab Sukoharjo mendapat kuota merekrut 451 calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada 2019 ini.

Hal itu merujuk surat dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Nomor B/617/M.SM.01.00/2019 tanggal 17 Mei 2019 perihal pengadaan ASN 2019.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Agus Santosa memerinci 70 persen atau sebanyak 315 lowongan CPNS 2019 untuk Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (P3K) dan 30 persen atau 136 lowongan untuk kuota umum.

“Kami masih menunggu jadwal ujiannya. Yang jelas Sukoharjo mendapat kuota 451 formasi,” kata Agus, Rabu (2/10/2019).

Kuota CPNS 2019 ini sama dengan pengajuan Pemkab Sukoharjo ke Kemenpan RB. Hal itu juga sesuai hasil koordinasi terakhir dengan Kantor Regional I Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Yogyakarta belum lama ini.

Dari sisi anggaran, Pemkab mulai menyiapkan anggaran dan infrastruktur untuk tes seleksi. Sebagaimana 2018 lalu, tes seleksi menggunakan Computer Assisted Test (CAT).

“Pemkab itu hanya fasilitator, pelaksanaan semuanya di-handle pemerintah pusat, meskipun lokasi ujian ada di daerah,” katanya.

Agus tak memungkiri kuota rekrutmen CPNS itu belum mampu menutup jumlah PNS yang pensiun. Jumlah PNS yang pensiun di Pemkab Sukoharjo per tahunnya mencapai 300-an orang.

Hal ini mengakibatkan defisit jumlah pegawai. Kekurangan pegawai tersebut didominasi tenaga kesehatan dan pendidikan. Sedangkan lainnya adalah tenaga infrastruktur dan teknis lain.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sukoharjo, Joko Triyono, mengatakan pengajuan kuota formasi CASN perinciannya 136 untuk kuota umum dan 315 untuk P3K.

“Hingga saat ini belum ada keputusan dari pusat mengenai formasi untuk rekrutmen CPNS termasuk waktu pelaksanaannya,” jelasnya.

Tahun lalu, Pemkab merekrut 395 CPNS dari total pelamar 6.000 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya