SOLOPOS.COM - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (Bisnis-Kemenag)

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas berharap tahun ini ibadah haji bisa diselenggarakan.

Menurut Menteri Agama, jika penyelenggaraan haji pada tahun ini sesuai rencana, pemberangkatan jemaah asal Indonesia kloter pertama dilakukan pada 5 Juni 2022.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti diketahui, hingga saat ini Pemerintah Arab Saudi belum menyampaikan keputusan terkait penyelenggaraan ibadah haji tahun 2022 setelah terjadi penyebaran virus Covid-19 varian Omicron.

Ekspedisi Mudik 2024

“Sesuai dengan kalender Hijriah, perkiraan jadwal pemberangkatan jamaah haji di tahun 1443 H/2022 M dihitung dari kloter pertama akan diberangkatkan pada tanggal 4 Zulkaidah bertepatan dengan 5 Juni 2022,” kata Menag dalam rapat bersama Komisi VIII DPR RI, dikutip Solopos.com dari YouTube Komisi VIII Channel, Senin (17/1/2022).

Baca Juga: Menag Belum Tahu Tahun Ini Ada Ibadah Haji atau Tidak

Menag mengatakan, jika berpatokan dengan jadwal tersebut maka waktu yang dimiliki pemerintah untuk melakukan persiapan pemberangkatan tersisa 4 bulan lagi.

Namun melihat kondisi pandemi yang belum berakhir dan ditambah muncul varian Omicron, pemerintah telah menyiapkan tiga opsi.

Tiga opsi tersebut yakni kuota penuh, kuota terbatas dan tidak memberangkatkan jemaah haji sama sekali sebagaimana dua tahun terakhir. Namun Pemerintah berharap Indonesia mendapat kuota haji penuh tahun ini.

Baca Juga: Miniatur Tempat Ibadah Haji Akan Dibangun di Boyolali, Ini Lokasinya!

“Pemerintah tetap bekerja untuk menyiapkan opsi pertama dengan kuota penuh,” ungkapnya.

Menag berharap kondisi pandemi segera membaik dan opsi kuota haji penuh bisa berjalan sesuai rencana. Kalau rencana tersebut berjalan, maka jemaah haji yang berangkat adalah jemaah yang seharusnya berangkat pada tahun 2020.

“Jemaah haji yang akan diberangkatkan pada penyelenggaraan ibadah haji 1443H/2022M adalah jemaah haji yang berhak berangkat tahun 1441H/2020M,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya