SOLOPOS.COM - Kapolresta Solo Kombes Pol Andy Rifai. (Solopos/Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO -- Kebanyakan orang mungkin tidak tahu, sebelum menjadi polisi dan kini menjadi Kapolresta Solo, Kombes Pol Andy Rifai ternyata pernah menjadi pemain sepak bola.

Menjadi atlet sepak bola ditekuni Andy sebelum masuk Akademi Kepolisian tahun 1997. Kombes Pol Andy Rifai saat dijumpai wartawan di ruang kerjanya, Selasa (4/8/2020), menceritakan saat duduk di bangku SMP dan SMA ia membela klub sepak bola di tanah kelahirannya, Kota Magelang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Andy Rifai yang tumbuh besar di Magelang membela klub PPSM Sakti Magelang yang merupakan salah satu klub pendiri PSSI. "Saya sejak kecil hobi sekali bermain sepak bola. Saat membela PPSM Magelang saya dipercaya pelatih jadi pemain bertahan sekitar tahun 1990," ujar Kapolresta Solo Andy Rifai saat dijumpai wartawan di ruang kerjanya, Selasa (4/8/2020).

Kocak Penuh Makna, Begini Potret Kekecewaan Dan Kritik Warga Solo Terhadap Pilkada Dalam Ilustrasi Visual

Ia menceritakan hampir di seluruh waktu luangnya selalu diisi dengan bermain sepak bola. Berkat kepiawaiannya menjadi pemain bertahan, Andy Rifai bersama rekan-rekannya kerap menyabet gelar juara di tingkat kota hingga provinsi.

Pemain Bintang

Andy ingat rekan-rekannya yang kini menjadi legenda sepak bola Indonesia seperti Kurniawan Dwi Yulianto, Andi Iswantoro, dan Rasmoyo. "Kalau teman-teman memilih melanjutkan ke jenjang sepak bola profesional, ke Diklat Salatiga dan akhirnya menjadi pemain bintang. Saya memilih melanjutkan ke kepolisian," imbuh Andy.

Asisten Rumah Tangga Bupati Boyolali Positif Covid-19, Tercatat Sebagai Kasus 217

Kapolresta Solo Andy Rifai mengaku sudah lama sekali tidak berjumpa dengan teman-teman bermain bolanya dulu. Kecuali Rasmoyo yang sempat bertemu dengannya saat bermain di Stadion Manahan Solo.

Rasmoyo saat itu sebagai pemain sepak bola sedangkan Andy Rifai bertugas mengamankan jalannya pertandingan itu. "Ketemu Rasmoyo lupa-lupa ingat juga, setelah mengingat sama-sama dari Magelang baru ingat lagi," ujar pria yang sudah sekitar satu tahun menjabat Kapolresta Solo itu.

Rapatkan Barisan, Tikus Pithi Indonesia Siap Ngedan Menangkan Paslon Bajo di Pilkada Solo

Hingga berusia 45 tahun saat ini, Andy selalu menyempatkan diri bermain sepak bola dalam setiap laga persahabatan bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya