Siapa Pendiri Pramuka Indonesia? Ini Penjelasannya

Untuk mengetahui siapa pendiri Pramuka, ketahui terlebih dulu sejarahnya.

 Ilustrasi anggota Pramuka. (Freepik.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi anggota Pramuka. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Hari Pramuka sudah di depan mata, lalu siapakah pendiri gerakan kepanduan ini di Indonesia? Gerakan Pramuka sebagai organisasi kepanduan di Indonesia diperkenalkan kepada khalayak pada tanggal 14 Agustus 1961 sesaat setelah Presiden Republik Indonesia menganugrahkan Panji Gerakan Pramuka dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 448 Tahun 1961.

Sebelumnya, Presiden Soekarno telah berkonsultasi pada Sri Sultan HB IX.  Diketahui sejak muda, Sri Sultan HB IX sudah aktif dalam organisasi pendidikan kepanduan. Menjelang tahun 1960-an, HB IX telah menjadi Pandu Agung (Pemimpin Kepanduan).

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

Soekarno berkonsultasi mengenai penyatuan organisasi kepanduan, pendirian gerakan pramuka, dan pengembangannya. Pada 9 Maret 1961, dibentuk Panitia Pembentukan Gerakan Pramuka oleh Presiden Soekarno. Panitia ini terdiri atas Sri Sultan Hamengkubuwono IX, Prof. Prijono, Dr. A. Azis Saleh, dan Achmadi. Keempat orang inilah yang mengolah Anggaran Dasar Gerakan Pramuka dan terbitnya Keputusan Presiden RI No. 238 Tahun 1961.

Baca Juga: Sejarah Hari Pramuka di Indonesia, Sudah Tahu Belum?

Menjawab pertanyaan siapa pendiri Pramuka Indonesia jawabannya adalah panitia kecil tersebut. Berbagai gerakan kepanduan yang ada di Indonesia akhirnya melebur menjadi satu dalam organisasi pramuka yang resmi berdiri pada 14 Agustus 1961. Pramuka diambil dari kata Poromuko, yang berarti prajurit yang terdepan dalam suatu peperangan. Pramuka sendiri melekat pada singkatan “Praja Muda Karana” yang berarti jiwa muda yang suka berkarya.

Mengutip laman demakkab.go.id, Jumat (12/8/2022), Sri Sultan Hamengku Buwono dinobatkan sebagai kepala Kwarnas yang pertama dan menjabat empat periode berturut-turut yakni pada masa bakti 1961-1963, 1963-1967, 1967-1970 dan 1970-1974.

Baca Juga: Lepas 16 Pramuka Penggalang Ikut Jamnas 2022, Bupati Boyolali Pesan Ini

Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka Tahun 1988 di Dili (ibu kota Provinsi Timor Timur; saat ini negara Timor Leste) yang kemudian mengukuhkan gelar Bapak Pramuka Indonesia kepada Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Bahkan beliau pun menerima Bronze Wolf Award, sebuah penghargaan tertinggi dan satu-satunya dari World Organization of the Scout Movement (WOSM).

Baca Juga: 354 Pramuka Garuda Karanganyar Dilantik, 16 Dilepas Ke Cibubur

Sri Sultan Hamengku Buwono IX meninggal di Washington, DC, Amerika Serikat, 2 Oktober 1988 pada umur 76 tahun. Beliau dimakamkan di pemakaman para sultan Mataram di Imogiri, Bantul, DI Yogyakarta. Atas dedikasinya terhadap Gerakan Kepanduan dan Kepramukaan maka 12 April hari kelahiran Sri Sultan Hamengku Buwono IX diperingati menjadi Hari Bapak Pramuka Indonesia

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Korban Tragedi Kanjuruhan Ditawari Jadi Polisi dan TNI Viral di Twitter

      Anak korban tragedi Kanjuruhan dan korban tendangan TNI viral di Twitter setelah ditawari menjadi polisi hingga anggota TNI.

      Arti Mimpi Vampir yang Harus Kalian Waspadai

      Ada sejumlah arti mimpi terkait vampir.

      Obat Kuat yang Aman Dikonsumsi, Sebaiknya Konsultasi ke Dokter

      Untuk mengetahui obat kuat yang aman dikonsumsi, sebaiknya berkonsultasi ke dokter.

      Kenali Gejala Infeksi Paru-Paru seperti Diidap Chris Martin

      Gejala infeksi paru-paru bisa berbeda pada setiap orang, tergantung penyebab, usia, hingga riwayat kesehatan penderitanya.

      Hukum Minum Obat Kuat dalam Islam Ternyata Diperbolehkan, Tapi Ada Syaratnya!

      Ternyata minum obat kuat dalam Islam diperbolehkan, tetapi ada syarat dan ketentuannya menurut Nahdlatul Ulama atau NU online.

      Ora Lanang Ora Wedok, Mengenal Frasa Gender Netral

      Gender netral alias non-binary alias non biner istilah yang dipakai untuk menggambarkan seseorang yang tidak mengidentifikasi dirinya secara eksklusif sebagai laki-laki atau perempuan alias ora lanang dan ora wedok. 

      Foto Profil Instagram Gibran Bikin Heboh Lagi, Netizen: Ada Masalah Apa to Mas

      Foto profil di akun Instagram resmi Gibran Rakabuming Raka kembali menjadi sorotan dengan menampilkan background Upin & Ipin.

      Kumpulan Kata-kata untuk Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 2022

      Berikut ini terdapat kumpulan kata-kata yang bisa digunakan untuk ucapan selamat Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 8 Oktober 2022.

      Bahaya Obat Kuat Tradisional Ilegal, Bisa Sebabkan Kematian

      Kemudahan akses membeli barang melalui online juga berimbas pada pembelian obat tradisional termasuk penjualan produk obat di bawah standar BPOM.

      Arti Mimpi Melihat Alien Tak Seburuk yang Dibayangkan

      Berikut ini sejumlah arti melihat alien.

      Simak Nih Beda Hotel Melati dan Berbintang

      Agar tidak salah pilih tempat akomodasi, sebaiknya ketahui terlebih dahulu beda hotel melati dan berbintang.

      Waspadai Efek Samping Obat Kuat

      Meski dapat membantu menggairahkan kehidupan seksual pasutri, mengonsumsi obat kuat pria memiliki beberapa efek samping yang harus diwaspadai.

      Tips Liburan ke Jepang di Tengah Pandemi Covid

      Demi kepentingan pariwisata, Jepang akan membuka perbatasannya dengan negara luar mulai 11 Oktober 2022 mendatang. 

      Ini Manfaat Tidur dengan Kucing

      Seperti memelihara hewan, tidur dengan kucing juga memiliki segudang manfaat.

      Ketahui Makanan Pantangan untuk Ibu Hamil

      Ada sejumlah makanan pantangan ibu hamil.