SOLOPOS.COM - Rapat Komisi I DPR (ANTARA/tangkapan layar)

Solopos.com, JAKARTA — Distribusi perangkat set top box (STB) gratis terkait analog switch off (ASO) agar TV analog bisa menerima siaran TV digital tahap I pada 15 Maret hingga 30 April 2022 akan dilakukan secara langsung dari pintu ke pintu atau door to door.

Hal itu disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika (Mekominfo) Johnny G. Plate terkait pembagian STB gratis untuk rumah tangga miskin mulai 15 Maret hingga 30 April 2022.

Promosi Antara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

“Proses distribusi set top box untuk rumah tangga miskin dilakukan secara door to door ke penerima yang proses verifikasi dan validasi data penerima bantuan akan dilakukan bersamaan. Yakni pada saat distribusi dan instalasi yang direncanakan 15 Maret sampai 30 April 2022,” jelas Johnny dalam Rapat Kerja dengan Komisi I DPR, Selasa (22/3/2022).

Baca juga: Kenapa Kata Sandi Minimal Delapan Karakter, Ternyata Ini Alasannya

Menkominfo Johnny mengatakan, program pembagian untuk analog switch off (ASO) tahap 1 itu meliputi 56 wilayah siaran di 166 kabupaten kota. “Tahap 2 di 31 wilayah siaran di 110 kabupaten kota, dan tahap 3, 25 wilayah siaran di 65 kabupaten kota,” jelas dia dikutip dari Antara.

Sejauh ini, lanjutnya, masih ada kebutuhan STB untuk tahap 2 dan 3, di mana tahap 2 masih membutuhkan 152.565 unit serta 1.369.611 unit STB untuk tahap 3. Oleh sebab itu, Johnny mengatakan pihaknya terus mencari jalan keluar agar kebutuhan STB dapat terpenuhi.

“Kita terus cari jalan keluarnya pemenuhan kebutuhan belum tersedia di dalam anggaran pemerintah,” tutup Johnny.

Baca juga: Kebutuhan Set Top Box Gratis 6.737.971 Unit, Ini Upaya Kominfo

Untuk diketahui set top box digunakan untuk bisa menikmati siaran TV digital tanpa harus mengganti perangkat TV analog yang dimiliki oleh masyarakat.

Saat rapat di Komisi I beberapa waktu lalu, Kominfo juga telah menjelaskan mekanisme pemberian STB. Pertama, STB akan dikirimkan ke lokasi kabupaten/kota pada gudang penyelenggara Pos/Logistik. Kemudian, pengriman dengan mekanisme door to door akan dilakukan.

Petugas akan melakukan verifikasi dan validasi Data Penerima Bantuan dengan KTP atau KK dan kepemilikan TV. Jika sesuai, maka akan melakukan serah terima bantuan STB dan instalasi perangkat. Hal ini pun akan dilakukan hingga bisa beroperasi serta berfungsi dengan baik.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya