SOLOPOS.COM - Ilustrasi tv analog yang harus menggunakan STB agar masih bisa siaran. (Freepik).

Solopos.com, JOGJA — Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan mematikan atau menonaktifkan layanan TV analog di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta pada Sabtu (3/12/2022) mulai pukul 00.01 WIB.

Kebijakan penonaktifan dan peralihan TV analog ke TV digital atau analog switch off  (ASO) itu disampaikan Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Jogja seusai rapat koordinasi persiapan ASO dengan Balai Monitoring Frekuensi Radio Kelas 1 Jogja, Kamis (24/11/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Benar, untuk wilayah DIY, Jawa Barat dan Jawa Tengah analog switch off akan dilaksanakan pada Sabtu, 3 Desember 2022, pukul 00.01 WIB. Masyarakat masih bisa menikmati frekuensi analog secara formal sampai dengan Jumat, 2 Desember 2022,” kata Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Diskominfo Jogja Frans Indiarto, Kamis (1/12/2022).

Sebenarnya, Pemerintah Pusat berencana menonaktifan layanan TV analog pada 25 November lalu untuk wilayah Jawa. Namun, akibat pendistribusian set top box (STB) untuk menangkap siaran TV digital yang belum merata, analog switch off ditunda  sampai 2 Desember. Sebelumnya, TV analog telah dimatikan di wilayah Jabodetabek.

“Namun secara resmi di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DIY, analog switch off sudah dimulai pada 3 Desember 2022. Sementara di wilayah Jawa Timur, analog switch off belum diberlakukan pada 3 Desember 2022 karena masih banyak warga masyarakat yang belum memiliki STB,” jelasnya.

Baca Juga: Dimulai Kamis, Ini Bocoran Rangkaian Acara Pernikahan Kaesang-Erina di Sleman

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfosan Kota Jogja Edy Sugiarto menyatakan sebanyak 90 persen STB telah disalurkan kepada masyarakat di Jogja. Bantuan STB diberikan kepada 3.225 warga dan 3.070 sudah disalurkan sampai dengan dengan 14 November lalu.

“Kami imbau kepada warga yang belum beralih ke TV digital untuk segera melakukan peralihan sampai batas waktu yang ditentukan,” ungkapnya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Perhatian! TV Analog di Jogja Akan Dimatikan Sabtu Besok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya