SOLOPOS.COM - Petugas menurunkan kereta api bikinan PT Inka yang akan digunakan untuk pusat kuliner di Jl. Bogowonto, Kota Madiun, Jumat (22/4/2022). (Istimewa/Pemkot Madiun)

Solopos.com, MADIUN — Pusat kuliner dengan konsep kereta di Jl. Bogowonto, Kota Madiun, Jawa Timur, diperkirakan mulai beroperasi sebelum Lebaran 2022. Saat ini, rangkaian kereta bikinan PT Industri Kereta Api (Inka) telah tiba dan ditata di kawasan tersebut.

Nantinya di jalan tersebut akan ada empat gerbong penumpang dan satu gerbong barang serta satu lokomotif kereta uap. Pengirimannya akan dilakukan secara bertahap.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Pembangunan kawasan di Jl. Bogowonto ini memang melibatkan sejumlah pihak, seperti PT Inka, dan PT KAI yang memiliki rel kuno di kawasan tersebut.

Dalam catatan sejarah, kawasan Jl. Bogowonto dulunya merupakan jalur kereta api rute Madiun-Ponorogo. Namun, setelah jalur kereta itu tidak aktif, rel tersebut pun ditutup dengan aspal.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Bulog Klaim Stok Beras dan Gula Pasir di Madiun Aman

Wali Kota Madiun, Maidi, mengatakan gerbong kereta api bikinan Inka sudah tiba di Jl. Bogowonto pada Jumat (22/4/2022). Pemkot bakal mempercepat pembangunan kawasan kuliner di Jl. Bogowonto. Harapannya, sebelum Lebaran sudah bisa dibuka dan menyambut pemudik dan wisatawan. Pemkot akan segera memasang lampu taman, pohon, dan lainnya.

‘’Apa yang bisa dikerjakan dulu kita kerjakan. Misalnya, pengecatan lampu, penataan taman, dan lainnya. Pokoknya kita cepat ya. Lebaran sebentar lagi dan tidak bisa diundur,’’ kata dia.

Maidi mengapresiasi desain gerbong yang dibuat PT Inka. Menurutnya, kereta bakal menarik perhatian masyarakat. Selain itu, interior di dalam kereta juga dibuat senyaman mungkin.

Baca Juga: H-10 Lebaran, 62% Tiket KA di Daop 7 Madiun Sudah Terjual

Tujuannya agar pengunjung mendapatkan pengalaman berwisata kuliner seperti dalam kereta.

Dalam pembangunan kawasan kuliner dengan konsep kereta ini, Pemkot Madiun menyediakan anggaran Rp500 juta. Anggaran ini untuk pengaspalan, pembangunan median jalan, lampu-lampu hias, dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya