Siap-Siap! Mulai Rabu, Solo Terapkan E-Tilang

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Polresta Solo mulai menerapkan sistem penanganan pelanggaran lalu lintas secara elektronik (electronic traffic law enforcement (ETLE) atau e-tilang), mulai Rabu (13/2/2019), dengan memberdayakan kamera CCTV yang tersebar di 66 titik di Kota Solo.

Sebelum pemberlakukan e- tilang, Satlantas Polresta Solo akan melakukan sosialisasi di area car free day pada Minggu (10/2) dan di sejumlah tempat lainnya hingga Selasa (11/2/2019) atau satu hari sebelum pemberlakuan e-tilang. Program ini akan dievaluasi pelaksanaannya jika ada kekurangan segera dilakukan perbaikan.

“Mekanismenya pelanggar yang tertangkap kamera CCTV akan dikirimi surat verifikasi melalui pos. Apabila tidak melakukan konfirmasi dalam jangka waktu empat hari maka akan diberlakukan pemblokiran nomor polisi [nopol] kendaraan sementara,” jelas Kanit Regident Satlantas Polresta Solo, AKP Suryo Wibowo mewakili Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Imam Safii saat jumpa pers dengan wartawan, Sabtu (9/2/2019) di Solo.

Menurut AKP Suryo, surat verifikasi dikirim ke alamat yang tertera di STNK berdasarkan penelusuran nomor polisi kendaraan yang melanggar. Surat verifikasi juga akan disertai capture dari tangkapan kamera CCTV dari pelanggaran tersebut. Seperti tidak mengenakan helm, melanggar marka atau kelengkapan kendaraan lainnya. Termasuk diberikan juga nomor call center yang bisa dihubungi pelanggar untuk mengurus e-tilang.

“Selanjutnya pelanggar akan menerima prosedur seperti tilang biasa. Bisa membayar melalui transfer atau sidang di pengadilan,” jelasnya.

Mekanisme pemantauan, lanjut dan petugas yang mengawasi kamera CCTV di Trafic Management Centre (TMC). Apabila ada pelanggar akan di-zoom, kemudian di-screen shoot nomor polisi kendaraan, selanjutnya ditelusuri kepemilikannya, baru dikirim surat verifikasi e- tilang melalui pos.

Kalo kendaraan sudah dijual, menurut AKP Suryo, sepanjang belum dibalik nama surat e-tilang tetap ditujukan sesuai alamat pemilik lama. Nanti pemilik lama diminta memberitahukan jika sudah dijual dengan menghubungi satlantas.

Kesempatan itu juga akan dimanfaatkan Satlantas Polresta Solo kepada pemilik kendaraan yang baru untuk segera melakukan balik nama kendaraan sesuai nama pemilik yang baru.

“Pembayar denda adalah pelanggar yang tertangkap kamera CCTV. Untuk pemantau sementara sambil berjalannya penerapan e-tilang, kami prioritaskan kawasan tertib lalu lintas seperti Jl. Adisucipto, Jl. Slamet Riyadi, dan Jl. A Yani,” terang dia.

Selama ini dari hasil pemantauan melalui kamera CCTV di Trafic Managemen Centre di Satlantas Polresta Solo, masyarakat pengguna kendaraan di dalam kota terpantau tertib dalam berlalu lintas. “Pelanggaran sering terjadi di jalan-jalan pinggir kota. Seperti kawasan Semanggi [Jl. Kapt. Mulyadi],” ujarnya.

Dengan mulai pemberlakuan sistem penanganan pelanggaran lalu lintas secara elektronik di Polresta Solo, maka di lingkungan Polda Jawa Tengah sudah ada tiga kota yang menerapkan e-tilang, setelah sebelumnya diterapkan di Kota Semarang dan Klaten. 

Berita Terkait

Espos Premium

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Pemerataan akses listrik di Indonesia bisa banyak terbantu dengan teknologi panel surya. Teknologi ini ramah lingkungan dan bisa dibangun di banyak tempat dan banyak pulau di Indonesia.

Berita Terkini

Misteri Kematian Pria Jakarta Timur Saat Live Tiktok, Keluarga Tepis Dugaan Bunuh Diri

Belum lama ini jagat dunia maya Tanah Air dihebohkan dengan kematian pria IS, 29, saat live di Tiktok di rumah susun di Jatinegara, Jakarta Timur.

Sinyal Lemah, Penarapan Aplikasi PeduliLindungi di Tawangmangu Jadi Susah

Penerapan aplikasi PeduliLindungi di kawasan wisata Tawangmangu, Karanganyar, terkendala sinyal internet yang lemah.

10 Berita Terpopuler: Potensi Tsunami di Pacitan hingga Kecelakaan di Wonogiri

Kabar tentang potensi tsunami setinggi 28 meter di Pacitan, Jawa Timur menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Minggu (19/9/2021).

Tak Cuma Pacitan, Wonogiri Juga Berpotensi Tsunami Besar

Selain Pacitan di Jawa Timur, wilayah Wonogiri juga memiliki potensi tsunami besar.

Hore.. Diskon 100% PPnBM Diperpanjang Hingga Desember

Pemerintah resmi memperpanjang diskon 100% PPnBM hingga Desember 2021.

Viral! Aksi Maling HP Terobos Lubang Pagar Besi Bikin Tegang, Dikira Nyantol Ternyata...

Aksi seorang pencuri ponsel yang terekam kamera CCTV viral di media sosial lantaran mampu melewati lubang pagar besi yang kecil.

Bobol Konter Dua Kali, Pasutri di Ponorogo Curi Puluhan Tabung Gas Elpiji

Sepasang suami istri mencuri 50 tabung gas 3 kg dan uang Rp1 juta di konter 212 Cellular depan BRI Siman, Desa Brahu, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo.

IKM di Grobogan Didorong Meningkatkan Daya Saing

Pemkab Grobogan bersama anggota DPR RI menggandeng sejumlah perusahaan untuk sosialisasi agar IKM memiliki daya saing.

Kompolnas Desak Pengusutan Tuntas Kasus Napoleon Aniaya Muhammad Kece

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mendesak kasus penganiayaan terhadap Muhammad Kece ini diusut tuntas.

Ramalan Zodiak Hari Ini: Sagitarius Gampang Tergoda Penawaran Kerjasama

Ramalan zodiak hari ini menyebut seseorang bisa jadi datang ke rumah dan mampu membuat percaya Sagitarius untuk terlibat kerjasama.

Tanpa Ampun, Ajax Libas Tim Promosi Cambuur 9-0

Ajax memberondong tim promosi Liga Belanda Cambuur Leeuwarden dengan 9 gol tanpa balas dalam laga pekan kelima di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam.

Juergen Klopp Puji Sadio Mane Seusai Liverpool Libas Crystal Palace 3 Gol Tanpa Balas

Juergen Klopp menyanjung tinggi-tinggi Sadio Mane setelah Liverpool mengatasi Crystal Palace 3-0 dalam lanjutan Liga Inggris di Anfield, Sabtu (18/9/2021) waktu setempat.

Sudah Bikin 37 Buku Novel hingga Komik, Siswi MAN 1 Solo Ini Raih Penghargaan dari Gubernur DIY

Nadia Shafiana Rahma adalah salah satu cerpenis dan novelis dari MAPK dan Pondok Pesantren Hadil Iman MAN I Solo.

Petik Hasil Imbang Lawan Southampton, Guardiola Sebut Pemain City Punya Masalah Ini

Manchester City hanya memetik hasil imbang 0-0 saat menjamu Southampton dalam lanjutan Liga Inggris di Etihad, Sabtu (18/9/2021) waktu setempat.

Jelang PTM, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Madiun Ikuti Vaksinasi

Selain sebagai persiapan PTM, vaksinasi ini juga penting karena sebagai salah satu syarat seseorang mendapatkan pelayanan umum dan pelayanan transportasi publik.

Eks Napi Terorisme Desak Pembubaran BNPT

Para eks Napiter NKRI itu meyebut program BNPT pemberdayaan para alumni napiter yang sudah bebas tidak jelas.