SOLOPOS.COM - Detour track yang tengah dibangun di sebelah barat rel lama Simpang Joglo, Jumat (24/6/2022). (Solopos.com/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Pembuatan detour track untuk pengalihan jalur rel kereta api (KA) saat pembangunan rel layang di Simpang Joglo, Solo, hingga Jumat (24/6/2022) masih berlangsung. Pekerjaan itu menggeser rel yang ada sedikit ke arah barat.

Bersamaan dengan itu, palang pintu perlintasan KA juga akan dipindah mengikuti pergeseran rel. Pengamatan Solopos.com, Jumat, pekerjaan itu masih terus berlangsung.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Beberapa pekerja sudah mulai bersiap untuk memindahkan palang pintu kereta api yang nantinya akan diletakkan di barat Simpang Joglo. Sementara itu, alat-alat berat juga terus beroperasi mengeruk ataupun menggali tanah untuk memasang detour track.

Ekspedisi Mudik 2024

Site Manager Proyek Pembangunan Jalur KA Elevated Antara Solo Balapan-Kadipiro, Dendy Purbowo, kepada Solopos.com, Jumat (24/6/2022), mengatakan ada beberapa kendala yang dihadapi saat pengerjaan rel pengalihan maupun pemindahan palang KA Simpang Joglo, Solo, itu.

Salah satunya adalah curah hujan yang cukup tinggi mengakibatkan pembangunan sedikit terhambat, apalagi di malam hari. “Kendala sejauh ini cuaca, apalagi malam hujan terus jadi agak terganggu untuk pembangunannya. Kan kami ada pengerjaan menimbun untuk fondasi detour track, jadi agak kesulitan,” terangnya.

Baca Juga: Proyek Di Simpang Joglo Solo Sempat Terhambat Gegara Pipa PDAM Bocor

Jalan Sempit

Selain cuaca, akses untuk meletakkan material pembangunan detour track juga menjadi hambatan. Jalan yang sempit membuat kendaraan besar tidak bisa masuk sehingga membutuhkan kendaraan yang lebih kecil.

“Kendalanya juga akses untuk keluar masuk material, karena jalan yang cukup sempit sehingga perlu dua kali handling menggunakan armada kecil,” jelasnya.

Meskipun menghadapi sejumlah kendala, Dendy menyebut sejauh ini pengerjaan masih sesuai jadwal. “Sejauh ini untuk jadwal masih aman belum ada yang bergeser, kami berusaha untuk tetap on track dari jadwal yang sudah ada,” ucapnya.

Baca Juga: Kendaraan Berat Boleh Lewat Simpang Joglo Solo, Kecuali Pada Jam Ini

Berdasarkan catatan Solopos.com, sesuai jadwal yang ditetapkan Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Tengah (BTP Jabagteng), pekerjaan pembuatan detour track itu selesai pada 8 Juli 2022. Pembuatan detour track dan sebelumnya pemindahan saluran air (box culvert) itu sebagai persiapan pembangunan rel layang Joglo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya