Siap-siap! Ini Formasi CPNS 2018 Kabupaten Wonogiri
Alur pendaftaran CPNS 2018 (Setkab.go.id)

Solopos.com, WONOGIRI—Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) mengabulkan seluruh usulan formasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Wonogiri 2018, yakni 430 posisi.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Wonogiri, Lakso Haryoto, menginformasikan lowongan CPNS Kota Sukses terdiri atas guru 251 posisi, tenaga kesehatan 147 posisi, tenaga teknis 12 posisi, serta guru dan tenaga kesehatan dari honorer kategori 2 (K2) 20 posisi.

Dia bersyukur seluruh usulan dikabulkan. Formasi tersebut merupakan jumlah maksimal yang bisa diusulkan. Sesuai instruksi pemerintah pusat, setiap daerah hanya boleh mengusulkan 2/3 dari total PNS yang pensiun 2018.

PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri yang pensiun tahun ini sebanyak 560 orang. “Terkait rincian guru apa saja dan masing-masing berapa formasinya masih menunggu pengumuman dari pusat,” kata Lakso.

Persyaratan bagi calon pendaftar dapat dilihat di website resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN), yakni https://sscn.bkn.go.id. Setidaknya terdapat sembilan syarat umum yang harus dipenuhi.

Beberapa di antaranya seperti, berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun saat mendaftar, tidak pernah dipidana dengan pidana penjara dua tahun atau lebih, tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik/terlibat politik praktis. Selain itu pelamar bukan sebagai CPNS, PNS, TNI, atau polisi.

Sebenarnya, lanjut Lakso, Pemkab kekurangan banyak PNS lantaran setiap tahun ratusan pegawai pensiun. Namun, semua kekurangan tersebut tidak bisa diusulkan.

Bebas Intervensi

Pemerintah pusat membatasi usulan formasi karena mempertimbangkan kemampuan keuangan negara. Seperti diketahui, gaji PNS bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Dia mencatat berdasar data hingga Agustus lalu, PNS di lingkungan Pemkab Wonogiri tercatat 10.221 orang. Jumlah tersebut berpotensi terus berkurang karena setiap bulan ada pegawai yang pensiun. September ini terdapat dua pegawai yang pensiun. 

Penerimaan CPNS tahun ini adalah kali pertama setelah tiga tahun berjalan moratorium.  Sekretaris Daerah (Sekda) Wonogiri, Suharno, mengatakan Pemkab belum mendapat tambahan PNS sejak tiga tahun moratorium.

Kali terakhir Pemkab mendapat tambahan 30 PNS pada 2014. Saat itu Pemkab mendapat 30 formasi CPNS. Dia memastikan penerimaan CPNS akan bersih dari segala intervensi, sehingga tidak akan mungkin ada pesanan atau titipan dari pihak tertentu.

Sebab, seleksi CPNS dilaksanakan dengan sistem computer assisted test (CAT). Peserta akan langsung bisa mengetahui nilai yang diperoleh setelah mengikuti tes.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom