SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, WONOGIRI — Grup band papan atas Gigi dijadwalkan menggelar konser di Wonogiri, Sabtu (4/5/2019) malam. Konser itu menjadi bagian dalam peringatan Hari Jadi ke-278 Kabupaten Wonogiri.

Kepala Bagian Humas Setda Wonogiri, Haryanto, mengatakan konser Gigi merupakan puncak acara pasar rakyat pada peringatan Hari Jadi ke-278 Kabupaten Wonogiri. Konser digelar di alun-alun Giri Krida Bakti, Wonogiri.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Dalam konser itu Gigi akan tampil selama satu hingga 1,5 jam. “Sebelum pentas, akan ada dua pertunjukan band pembuka dari band lokal,” kata dia saat ditemui Solopos.com, Kamis (18/4/2019).

Ia menjelaskan pasar rakyat akan digelar alun-alun selama lima hari yakni Selasa-Sabtu (30/4-4/5/2019). Setiap malam akan ada hiburan di alun-alun berupa pentas campursari pada 30 April, pentas reog pada 1 Mei, pentas hadrah, nasyid, dan lainnya pada 2 Mei, dan pertunjukan band pelajar pada 3 Mei.

“Konser Gigi ini menjadi puncak acara pasar rakyat itu,” ujar dia.

Dalam pasar rakyat, lanjut Haryanto, Pemkab Wonogiri menyediakan voucher senilai Rp10.000 sebanyak 1.000 lembar per hari. Voucher itu akan diberikan selama empat hari yakni pada 30 April-3 Mei. Artinya, total ada 4.000 voucher.

Warga bisa mengambil voucher itu di stan khusus yang disediakan. Voucher dapat dipakai untuk membeli jajanan di pedagang-pedagang pasar rakyat sekitar alun-alun.

“Pedagang yang melayani konsumen menggunakan voucher adalah pedagang bertanda khusus seperti memakai ID card. Acara seperti ini digelar untuk mempromosikan PKL. Setidaknya ada perputaran uang Rp40 juta selama acara,” harap dia.

Haryanto menuturkan pasar rakyat digelar lebih awal dari jatuhnya peringatan hari jadi ke-278 yang biasa diperingati setiap 19 Mei. Hal itu ditempuh agar acara nanti tidak mengganggu ibadah Ramadan di malam hari.

“Acara kami majukan sebab hari jadi Kabupaten Wonogiri yang diperingati setiap 19 Mei bertepatan dengan Ramadan.”

Setelah pasar rakyat, Pemkab kembali menggelar kegiatan bertema islami yakni dua pengajian akbar meliputi pengajian dengan penceramah Habib Syech di kawasan kota Wonogiri dan Cak Nun di Pracimantoro. Kedua kegiatan itu akan digelar pada Syawal atau setelah Ramadan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya