SOLOPOS.COM - Pilkada Serentak 2024. (ANTARA/Afif)

Solopos.com, SALATIGA — Partai Gerindra dan PDIP akan segera melakukan penjaringan bakal calon wali kota dan wakil wali kota yang akan maju dalam kontestasi Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Salatiga 2024.

Ketua DPC Partai Gerindra Kota Salatiga, Yuliyanto, mengatakan pendaftaran bakal calon wali kota dan wakil wali kota akan dibuka mulai 8 Mei hingga 8 Juni 2024. Pendaftaran terbuka untuk umum, sehingga masyarakat yang berminat untuk membangun Kota Salatiga melalui Partai Gerindra, bisa turut serta mendaftar.

Promosi BRI Kembali Gelar Program Pemberdayaan Desa Melalui Program Desa BRILiaN 2024

“Syaratnya punya niat sama-sama membangun Kota Salatiga. Gerindra sudah komunikasi dengan banyak partai mulai dari PKB, PKS, PDIP, dan Demokrat,” ujar Yuliyanto, Senin (6/5/2024).

Yuliyanto menambahkan pendaftaran bakal calon wali kota dan wakil wali kota dalam Pilwalkot Salatiga 2024 akan dipusatkan di Kantor DPC Partai Gerindra Kota Salatiga. Ia pun berharap melalui proses penjaringan itu akan muncul kandidat yang berpotensi memimpin Salatiga dalam kurun lima tahun ke depan.

Mantan Wali Kota Salatiga dua periode ini juga memastikan kans kandidat dari luar kader internal Gerindra cukup terbuka. Meski pun, Partai Gerindra saat ini juga memiliki kandidat dari kader internal yang siap diusung dalam Pilwalkot Salatiga 2024.

“Kami mau koalisi besar atau kecil siap. Apabila nanti terjadi pasangan Titik [Kirnaningsih] – Sinung (Rachmadi) siap saja. Tujuannya untuk menata Kota Salatiga. Politik itu cair, kalau soal nama Gerindra mencalonkan istri saya Titik Kirnaningsih,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Kota Salatiga, Dance Ishak Palit, juga memastikan partainya akan membuka proses penjaringan atau pendaftaran bakal calon wali kota dan wakil wali kota. Proses pendaftaran bakal calon itu akan dibuka mulai 10 Mei hingga 12 Mei 2024.

Dance menjelaskan, bagi calon yang ingin mendaftar sebagai calon wali kota dan wakil wali kota melalui PDIP wajib mengantongi syarat umum seperti beragama dan setia pada Pancasila.

“Sejauh ini ada nama-nama internal seperti Pudjo [Suseno] dan Hartoko [Budi]. Tapi, pihak luar, warga umum juga bisa mendaftarkan diri lewat PDIP. Kami terbuka asal orang Indonesia dan putra putri terbaik Salatiga,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya