SOLOPOS.COM - Ketua DPRD Jateng, Bambang Kusriyanto. (JIBI/Semarangpos.com/Imam Yuda S.)

Solopos.com, SEMARANG — Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jawa Tengah (Jateng) segera membuka pendaftaran bagi bakal calon (balon) kepala daerah maupun balon wakil kepala daerah yang ingin bersaing dalam Pilkada 2020.

Sekretaris DPD PDIP Jateng, Bambang Kusriyanto, menyatakan pendaftaran calon di DPD Jateng akan digelar bulan November ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

"Ini mau kita buka pendaftarannya. Bulan November ini. Tapi, kalau tanggalnya saya belum tahu pasti. Pastinya bulan-bulan ini," ujar Bambang saat dijumpai Semarangpos.com di Gets Hotel, Kota Semarang, Senin (4/11/2019).

Bambang menambahkan pendaftaran calon kepala daerah maupun calon wakil kepala daerah pada Pilkada 2020 itu dibuka DPD PDIP Jateng itu untuk mengakomodasi kandidat yang belum sempat mendaftar di tingkat DPC PDIP kabupaten/kota di Jateng.

Total ada 21 kabupaten/kota di Jateng yang saat ini tengah menggelar tahapan Pilkada 2020.

"Jadi siapa saja yang berminat dan belum sempat mendaftar di DPC PDIP kabupaten/kota, bisa mendaftar di DPD, termasuk Mas Gibran [Rakabuming Raka]. Sifatnya pendaftaran terbuka kok, jadi siapa saja boleh mendaftar," ujar pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Jateng itu.

Gibran yang merupakan putra sulung Presiden Joko Widodo memang berniat mencalonkan diri sebagai wali kota pada Pilkada atau Pilwalkot Solo 2020.

Meski demikian, ia belum mendaftar karena pendaftaran di DPC PDIP Kota Solo keburu ditutup.

Bambang Kribo menambahkan meski berniat maju pada Pilkada Solo 2020, Gibran hingga saat ini belum melakukan komunikasi politik dengan DPD PDIP Jateng.

Kendati demikian, Bambang tetap mempersilakan Gibran mendaftar di DPD PDIP Jateng. Walaupun, nantinya terkait rekomendasi apakah dia bisa maju sebagai cawali atau cawawali di Pilwalkot Solo tetap berada di tangan DPP PDIP.

"Silakan daftar. Siapa saja boleh. Biasanya sih kita buka pendaftaran itu selama 7-10 hari," tutur Bambang.

Sementara itu, disinggung persiapan PDIP Jateng menghadapi Pilkada 2020 yang berlangsung di 21 kabupaten/kota di wilayahnya, Bambang mengaku saat ini baru masuk tahap penjaringan.

"Setelah rekomendasi turun, kita baru bersiap. Kalau daerah mana yang kita incar, kita juga akan gelar survei lebih dahulu," tegas mantan Ketua DPRD Kabupaten Semarang itu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya