Siap-Siap Cek Rekening, BLT Subsidi Gaji Gelombang II Cair Awal November
Ilustrasi transfer uang antar bank (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Realisasi penyaluran bantuan langsung tunai atau BLT subsidi gaji gelombang II akan dilakukan pada awal November 2020.

Hal itu disampaikan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah dalam siaran persnya beberapa waktu lalu sebagaimana dikutip dari laman indonesia.go.id.

Penyaluran BLT subsidi gaji gelombang II ini merupakan tindak lanjut setelah sebelumnya pemerintah mencairkan bantuan kepada para pekerja yang gajinya di bawah Rp5 juta.

55.000 Warga Boyolali Ajukan Bantuan Bagi Pelaku Usaha Mikro, Baru 7.200 yang Cair

Data Kemenaker menyebutkan hingga 23 Oktober 2020, BLT subdisi gaji telah disalurkan kepada 12,19 juta pekerja atau 98,3 persen dari jumlah sasaran penerima.

Mereka adalah kelompok terdampak selama pandemi Covid-19. Tujuannya adalah untuk menjaga daya beli ekonomi agar tetap menggeliat dalam situasi adaptasi kebiasaan baru.

BLT subsidi gaji tiap pekerja senilai Rp2,4 juta untuk empat bulan atau Rp600.000/bulan (September-Desember 2020). Penyalurannya dilakukan dua kali transfer ke rekening masing-masing pekerja.

Tak Ikuti Instruksi Menaker, Ini 2 Alasan Ganjar Naikkan UMP Jateng 3,27 persen

Menurut Ida, pemerintah sudah mengucurkan penyaluran termin I per 23 Oktober 2020 dalam lima tahap dengan jumlah anggaran terserap Rp14,6 triliun. Nah, penyaluran gelombang II akan direalisasikan pada awal November ini.

BLT subsidi gaji dianggarkan Rp37,7 triliun yang menargetkan 15,7 juta pekerja swasta bergaji di bawah Rp5 juta dan terdaftar sebagai penerima bantuan ini.

Sayangnya, hingga batas akhir penyerahan data yang dikumpulkan dan diserahkan BPJS Ketenagakerjaan hanya mencapai 12,4 juta pekerja.

26.000 UMKM Solo Ajukan Bansos Produktif, Cuma 3.000 Memenuhi Syarat

Sejumlah nama yang diajukan ada yang tidak memenuhi syarat karena rekening bank tidak valid, nomor NIK bermasalah, atau rekening bank atas nama orang lain.

“Total penerima bantuan yang memenuhi syarat kriteria Permenaker ada 12,4 juta. Kami sudah tersalur 98 persen, jadi alhamdulillah sudah tersalur untuk 12,1 juta [penerima manfaat],” kata Ida.

Menurut rencana, sisa anggaran BLT subsidi gaji tersebut akan dialihkan untuk menyokong pendapatan guru honorer.

Solopos Hari Ini: Ganjar Naikkan UMP 3,27%



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom