Siap Jadi Investor, Erick Thohir Beri Syarat untuk Persis Solo

 Erick Thohir (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Erick Thohir (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Kedatangan Erick Thohir menemui Wali Kota Solo dan meninjau Stadion Manahan Solo, Sabtu (21/9/2019), menjadi babak baru kisruh masa depan Persis Solo. Erick memang tak main-main. Saat datang ke rumah dinas Wali Kota, ia telah membawa dokumen rencana pengelolaan Persis Solo.

Meski mengaku baru melakukan penjajakan masuk menjadi investor Persis Solo, Erick menjabarkan klub tersebut harus memiliki prinsip dasar yang sama untuk membangun tim. Ada lima aspek yang ingin dia kembangkan. Pertama, manajemen Persis Solo harus bekerja sama dengan pemangku kepentingan. Kedua, manajemen klub harus profesional dan transparan.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Ketiga, pengelolaan tim sepak bola artinya memberikan porsi yang sesuai untuk pemain junior-senior karena tim adalah inti dari sebuah klub sepak bola. Keempat, klub memperhatikan infrastruktur seperti tempat latihan dan rumput. Kelima, klub harus bisa menjaga stabilitas keuangan.

“Liga 2 atau Liga 1 itu beda ongkosnya. bagaimana kesinambungan itu [keuangan] harus dijaga,” kata Erick Thohir, Sabtu.

Erick juga menyinggung pentingnya program untuk mengapresiasi para suporter untuk meningkatkan loyalitas dan fanbase. Manajemen harus secara proporsional memerlakukan suporter baru-lama, junior-senior, hingga suporter yang telah berkeluarga. Pada Sabtu, Erick juga mengagendakan pertemuan dengan suporter Persis, khususnya Pasoepati dan Surakartans.

“Klub juga harus bekerja sama dan memberi kontribusi pada masyarakat lokal. Jangan sampai masyarakat antipati. Misalnya, masyarakat kurang beruntung atau cacat dijadikan tamu dan dikasih tempat menonton,” kata dia.

Dia juga menyinggung pentingnya manajemen memiliki target jangka pendek, menengah, dan jangka panjang. Hal itu diperlukan untuk mereview perjalanan klub sehingga terjadi check and balance.

Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, mengatakan ia hanya berwenang soal asset Stadion Manahan yang kemungkinan besar akan diserahkan kepada Pemkot Solo. “Untuk keputusan bola dan lainnya, itu di Her Suprabu dan Pasoepati,” kata dia di Loji Gandrung.

Sebelumnya, kisruh di tubuh manajemen Persis Solo memang sudah berlangsung lama, yakni antara PT Syahdana Property Nusantara (SPN) dengan PT Persis Solo Saestu (PSS). Setelah PT SPN membawa investor baru, kini giliran kubu pendiri PT PSS yang membawa calon investor.

PT SPN yang menguasai 90 persen saham PT PSS menyatakan telah menjual 70 persen saham PT PSS kepada penguasaha minyak asal Jakarta, Vijaya Fitriyasa. Vijaya sudah melakukan jumpa pers pekan lalu. Namun, kali ini kubu pendiri PT PSS yang dimotori Her Suprabu kedatangan Erick Thohir yang juga sebagai calon investor lain.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Profil Guiddo Ilyasa Purba yang Digosipkan Selingkuh dengan Arawinda

Dikabarkan selingkuh dengan Arawinda Kirana, profil Guiddo Ilyasa Purba pun bikin penasaran warganet.

Tersangka Pemicu Kerusuhan Babarsari Sleman Menyerahkan Diri

AL menyerahkan diri ke polisi setelah sebelumnya ditetapkan sebagai buronan bersama sejumlah rekannya.

Pendaftaran Duta Genre 2022 Dibuka, Cermati Ini Syaratnya!

Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Sukoharjo membuka pendaftaran Duta Generasi Berencana (Genre). 

Gagal jadi Calon Kades di Sragen, Mantan Napi Gugat Panitia Pilkades

Gagal jadi calon kades , mantan narapidana (napi) akan menuntut panitia Pilkades PAW di Sragen ke PTUN.

Semarakkan HUT ke-57, Telkom Hadirkan Funtastic Days 2022

Beragam kegiatan dilaksanakan untuk menyemarakkan peringatan ulang tahun Telkom pada Selasa-Rabu (5-6/7/2022), dengan tajuk Funtastic Days 2022: Learn, Grow and Contribute to Indonesia.

Gugatan Ditolak MK, Ambang Batas Pencalonan Presiden Tetap 20 Persen

Dengan putusan MK itu, ambang batas pencalonan presiden untuk Pilpres 2024 tetap 20%.

Ingin Jadi Sukarelawan ASEAN Para Games 2022? Ini Syarat dan Caranya

Pendaftaran untuk menjadi sukarelawan ASEAN Para Games 2022 dibuka dari tanggal 7 Juli 2022 pada pukul 00.00 hingga tanggal 10 Juli 2022.

Tanah Solo Paling Murah Di Wilayah Ini, Cek Harga Pasarannya

Harga tanah di Kota Solo termahal disebut-sebut mencapai Rp65 juta per meter persegi, lalu berapa harga tanah termurah dan di mana lokasinya?

Memanas 1 Jam! Rakor Tim Pembebasan Tol-14 Warga Pepe Klaten Buntu

Rapat koordinasi antara tim pembebasan lahan jalan tol Solo-Jogja dengan 14 warga Desa Pepe, Kecamatan Ngawen pemilik bidang lahan terdampak tol berlangsung memanas.

1 Pelaku Kerusuhan Babarsari Menyerahkan Diri, 1 Pelaku Lain Diburu

Satu tersangka dalam kasus rententan kerusuhan Babarsari akhirnya menyerahkan diri ke Polda DIY.

Terbaru, Daftar Wakil Indonesia di Perempat Final Malaysia Masters 2022

Indonesia mengirimkan wakilnya di seluruh nomor di perempat final Malaysia Masters 2022, Jumat (8/7/2022).

Wajib Coba! Warung Makan Bu Jeki Sukoharjo Langganan Pejabat dan Bupati

Warung makan Bu Jeki di Tawangrejo, RT003/RW005, Jelimbang, Ngreco, Weru, Kabupaten Sukoharjo, laris manis jadi langganan pejabat dan Bupati Sukoharjo.

Jangankan Anak Kiai Jombang, Putri Nabi Saja Tak Kebal Hukum

Menurut Gus Fahrur, jangankan anak kiai, anak Rasulullah saja tidak kebal hukum. 

Gagal Maju Pilkades PAW Singopadu Sragen, Mantan Napi Teriak Protes

Salah satu dari dua mantan narapidana atau napi protes keras lantaran dicoret dari pencalonan dalam Pilkades PAW Desa Singopadu, Kecamatan Sidoharjo, Sragen. Ia teriak setelah dinyatakan gagal.

Relasi Kuasa di Pesantren Bikin Korban Pencabulan Takut Bersuara

Komnas Perempuan mendukung upaya Polda Jawa Timur dalam menangkap anak kiai Jombang yang menjadi tersangka kasus pencabulan santriwati.