SIAGA BENCANA : Pemkab Batang Imbau Warga Tingkatkan Kewaspadaan Bencana
Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

 

Solopos.com, BATANG — Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, mengimbau agar warga meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadi bencana yang melanda di daerah setempat.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batang, Yesaya Simanjuntak mengatakan, meski hujan sudah mulai terjadi di daerah itu tetapi saat ini kondisi wilayah masih relatif aman.

"Akan tetapi kami mengimbau warga lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam yang melanda daerah setempat. Dari pengalaman kejadian sebelumnya, Kabupaten Batang masih relatif aman terhadap bahaya bencana," katanya, di Batang, Sabtu (13/12/2014).

Ia mengatakan kerawanan bencana alam yang kemungkinan bisa melanda Kabupaten Batang, antara lain banjir, angin kencang, dan gas beracun.

"Akan tetapi, potensi bencana alam tersebut masih relatif kecil dan belum sampai menimbulkan korban jiwa. Namun demikian, kami mengimbau pada warga tetap meningkatkan kewaspdaannya," katanya.

Ia mengatakan turun hujan sudah mulai merata sehingga hal itu mengisyaratkan pada warga meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan.

"Kita tentu tidak menghendaki musim hujan akan mengganggu banyak aktivitas masyarakat. Akan tetapi hal itu sudah menjadi siklus alam," katanya.

Menurut dia, untuk mengantisipasi hal yang terburuk karena bencana, pemkab telah mengonsolidasikan sejumlah relawan untuk mendukung kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.

"Sebagian dari relawan itu memiliki sertifikat atau minimal pernah mengikuti pelatihan kebencanaan. Para relawan inilah yang akan menjadi inisiator penanganan saat terjadi bencana di wilayah masing-masing," katanya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom