SOLOPOS.COM - Polres Ngawi menyiapkan perahu karet di posko siaga banjir. (detik.com)

Solopos.com, NGAWI -- Untuk mengantisipasi datangnya banjir, Pemkab dan Polres Ngawi menyiapkan posko plus perahu karet di tiap kecamatan di kabupaten yang rawan banjir tersebut.

"Ini merupakan salah satu kegiatan dalam tanggap darurat bencana banjir yang kita lakukan bersama jajaran lain termasuk BPBD [Badan Penanggulangan Bencana Daerah]," ujar Kapolres Ngawi AKBP, Dicky Ario Yustisianto, saat pengecekan posko bencana di Kecamatan Kwadungan, Ngawi, Selasa (7/1/2020), seperti dikutip dilansir detik.com.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Polres menyiapkan lima perahu karet. Sisanya disediakan oleh BPBD. Kesiagaan dalam tanggap darurat banjir juga diwujudkan dengan penyediaan logistik keperluan pengungsi seperti makanan dan obat-obatan. Sehingga begitu banjir datang tiba-tiba, penanganan korban bisa dilakukan

Ekspedisi Mudik 2024

Kapolres mengatakan ada empat kecamatan yang kerap diterjang banjir, yakni Pangkur, Kwadungan, Geneng, dan Ngawi Kota. Di empat kecamatan itu sudah didirikan posko yang ditempatkan di lokasi yang mudah dijangkau pengungsi.

Di Kecamatan Pangkur, posko tanggap bencana banjir ada di depan kantor kecamatan, sedangkan di Kecamatan Kwadungan posko ada di depan Kantor Desa Warukkalong. Di Kecamatan Geneng, posko tanggap bencana banjir berada di depan kantor kecamatan, di Kecamatan Ngawi Kota berada di depan Kantor Desa Mangunharjo.

"Semua posko tanggap darurat bencana banjir dalam kondisi siap baik personel dan peralatan. Untuk personel ada hampir 150 yang siaga di posko termasuk medis. Selain empat wilayah tersebut rawan luapan sungai Madiun, juga ada tiga wilayah rawan luapan Bengawan Solo yakni Kecamatan Pitu, Karanganyar, Mantingan, serta Kedunggalar," paparnya.

Dia memastikan semua posko telah siap siaga termasuk dapur umum portabel serta ambulans juga telah siaga termasuk juga rompi pelampung. Kesiapan tanggap darurat banjir ini juga mengingat curah hujan yang mulai tinggi di wilayah Ngawi sepekan terakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya