Tutup Iklan

Siaga Banjir Lahar di Merapi, BPBD Sleman Andalkan 20 EWS

BPBD Sleman menyiagakan 20 unit early warning system (ews) di lereng Merapi dan Prambanan untuk mengantisipasi banjir lahar di Kali Gendol dan Kali Boyong.

 Warga beristirahat usai mencari rumput di lereng Gunung Merapi, Cangkringan, Sleman, D.I. Yogyakarta, Minggu (15/8/2021). (Antara)

SOLOPOS.COM - Warga beristirahat usai mencari rumput di lereng Gunung Merapi, Cangkringan, Sleman, D.I. Yogyakarta, Minggu (15/8/2021). (Antara)

Solopos.com, SLEMAN —Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman menyiagakan 20 unit early warning system (ews) di lereng Merapi dan Prambanan untuk mengantisipasi banjir lahar di Kali Gendol dan Kali Boyong.

Kepala Seksi Mitigasi Bencana BPBD Sleman, Joko Lelono, mengatakan potensi bencana ekstrem musim hujan ini merujuk pada peringatan dini Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). BPBD Sleman merasa perlu mengantisipasi potensi bencana ekstrem banjir lahar dari sejumlah sungai yang berhulu Merapi, seperti Kali Gendol dan Kali Boyong.

Baca Juga : Muncul Klaster Baru Covid-19 di Bantul, Dari Kegiatan Senam Sehat

“Itu terjadi jika intensitas hujan di atas Merapi tinggi dengan durasi lama. Kami siapkan 20 ews untuk memantau potensi bencana banjir lahar di sungai-sungai yang berhulu Merapi,” kata Joko kepada Harian Jogja, Selasa (12/10/2021).

Selain 20 ews, katanya, BPBD juga menyematkan satu sensor di Turgo untuk memonitor potensi banjir di sungai. Sensor akan mengabarkan potensi banjir melalui jaringan transmisi radio organisasi amatir radio Republik Indonesia atau Orari.

BPBD Sleman memasang tiga ews di perbukitan Prambanan yang berpotensi bencana tanah longsor. Tiga ews itu juga didukung 11 ews lain yang tertanam di tiga kalurahan, yaitu Sambirejo, Wukirsari, dan Gayamharjo.

Baca Juga : Klaster Tilik Muncul di Bantul, 9 Warga Positif Covid-19

“Kami juga melibatkan sukarelawan dan masyarakat jika sewaktu-waktu terjadi bencana. Masyarakat diminta waspada potensi bencana menghadapi cuaca ekstrim. Kalau ada potensi bencana atau peringatan dini dari BMKG, kami langsung sampaikan ke masing-masing kapanewon,” katanya.

Selain banjir dan bencana alam tanah longsor, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman, Makwan, menambahkan BPBD berkoordinasi dengan sejumlah pihak memangkas pepohonan yang berpotensi tumbang saat terkena angin kencang.

Masyarakat juga diminta membersihkan saluran air dan kali. Khusus wilayah perbukitan di Prambanan, tutur Makwan, potensi bencana tanah longsor maupun bebatuan masih bisa terjadi. Hal itu karena struktur tanah di kawasan tersebut.

Baca Juga : Sleman Mulai Gelar Uji Coba PTM Jenjang SD

“Sebelumnya kan kemarau. Ini berpotensi memunculkan rekahan pada tanah. Ini harus diwaspadai oleh masyarakat. Rekahan tanah jika tidak segera dibenahi akan berpotensi longsor saat kemasukan air hujan. Apalagi hujan turun intensitas tinggi,” jelas dia.

BPBD Sleman menghimbau sukarelawan kebencanaan dan masyarakat mengecek rekahan tanah di sekitarnya perbukitan. “Ya hampir semua kalurahan di Prambanan memiliki potensi bencana tanah longsor. Kami sudah meminta warga di lereng bukti meningkatkan kewaspadaan. Terutama saat hujan deras.”


Berita Terkait

Espos Plus

Mengenal Prawirodigdoyo, Sosok Penunggang Kuda di Simpang 4 Karanggede

+ PLUS Mengenal Prawirodigdoyo, Sosok Penunggang Kuda di Simpang 4 Karanggede

Kebanyakan warga salah kaprah dengan menganggap patung penunggang kuda di simpang empat Karanggede Boyolali adalah Pangeran Diponegoro, padahal sosok penunggang kuda itu adalah Raden Tumenggung Prawirodigdoyo.

Berita Terkini

Polisi Ungkap Fakta Baru Diduga Siskaeee Pamer Payudara-Kelamin di YIA

Polisi mengungkap bahwa kasus eksibisionis yang dilakukan perempuan diduga Siskaeee di Bandara YIA menjadi catatan penting bagi Polres Kulonprogo.

Banjir Lahar Dingin Merapi, Bupati Sleman Tetapkan Tanggap Darurat

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, menetapkan status tanggap darurat bencana banjir lahar dingin Gunung Merapi.

Sleman Tetapkan Status Tanggap Darurat Banjir Lahar Dingin Merapi

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menetapkan status tanggap darurat banjir lahar dingin Merapi agar upaya penanganannya bisa lebih cepat dilakukan.

Kunjungi Seniman Bantul, Rachmat Gobel Pesan 6 Robot dari Motor Rosok

Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel mengapresiasi usaha kreatif Eri Sudarmono, 42, warga Bantul yang menyulap motor tua menjadi replika robot.

Libur Akhir Tahun Mau Ke Jogja? Ketahui Dulu 3 Lokasi Penyekatan Ini

Penyekatan akan kembali dilakukan Pemprov DIY di tiga lokasi pada libur Nataru mendatang. Akan ada pemeriksaan sampel pula untuk mendeteksi penyebaran Covid-19.

Dinas Kebudayaan DIY Salurkan Gamelan ke Pesantren, Jadi Media Dakwah

Dinas Kebudayaan DIY menyalurkan seperangkat gamelan kuningan pelog dan slendro kepada sejumlah pesantren.

Bikin Susah, Warga Nanggulan Tolak Penambangan Pasir Kali Progo

Sejumlah warga dari Kapanewon (Kecamatan) Nanggulan, Kulonprogo, mengeluhkan aktivitas penambangan pasir di sekitar Kali Progo.

Disdikpora Bantul Usulkan Gerakan Pasermas Lidi, Apa Maksudnya?

Disdikpora Bantul mengatakan, secara regulasi belum ada aturan yang mengatur keterlibatan masyarakat itu dalam dunia pendidikan.

Pemkot Jogja Tidak Lakukan Pendataan Jaminan Sosial 2021, Ini Alasannya

Pemerintah Kota Jogja tidak mendata ulang keluarga sasaran jaminan perlindungan sosial pada 2021. Pemkot menggunakan data tahun lalu.

Ini Dia! Sosok Siskaeee yang Disebut Pamer Organ Vital di Bandara YIA

Sosok pengguna akun siskaeee tengah ramai dibicarakan setelah video viral perempuan yang memamerkan payudara dan alat vital di Bandara YIA.

Tak Ada CCTV, Tempat Diduga Siskaeee Pamer Payudara-Kelamin di YIA

Perempuan diduga Siskaeee melakukan aksi eksibisionisme di akses jalan penghubung antara lantai satu dan dua parkir Bandara YIA yang tidak terpasang cctv dan jarang dilalui orang.

Kata Bandara YIA Soal Perempuan Pamer Payudara dan Kelamin di Parkiran

PT AP I (Persero) selaku pengelola Bandara YIA merasa dirugikan oleh perempuan yang melakukan aksi eksibisionisme, yakni pamer payudara dan kemaluan di lantai dua parkir Bandara YIA.

+ PLUS PKL Harus Pindah agar Malioboro Menjadi Mirip Orchard Road

Konsep besar yang segera direlisasikan adalah mengembangkan Malioboro menjadi seperti kawasan Orchard Road di Singapura. Basisnya adalah penataan dan pemberdayaan sumbu filosofis keraton dan Kota Jogja.

Polisi Kantongi Identitas Perempuan Pamer Payudara dan Kelamin di YIA

Polres Kulonprogo mengantongi identitas perempuan yang diduga melakukan aksi eksibisionisme di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA).

Terbaru, Soal Kasus Perempuan Pamer Payudara dan Kelamin di Bandara YIA

Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji, mendesak polisi menyelesaikan kasus video viral perempuan memamerkan payudara dan alat kelamin di Bandara YIA.