PKL menunjukkan aplikasi Si Mita Tegang di selter kuliner Gladak Langen Bogan (Galabo), Jl. Mayor Sunaryo, Solo, Selasa (1/10/2019). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO -- Dinas Perdagangan (Disdag) Solo mengembangkan aplikasi bernama Si Mita Tegang untuk memonitor dan mempromosikan pedagang kaki lima (PKL) di Solo.

Melalui aplikasi tersebut para PKL berharap usaha mereka dapat semakin berkembang. Kepala Bidang (Kabid) PKL Disdag Solo, Didik Anggono, mengatakan aplikasi bernama lengkap Sistem Monitoring Kawasan Penataan dan Ateril Pedagang Kaki Lima Kota Surakarta (Si Mita Tegang) tersebut memiliki banyak manfaat.

Salah satunya dapat membantu promosi para PKL lantaran data para PKL yang berjualan di Solo semuanya ada di dalam aplikasi tersebut. Selain itu, pemerintah lebih mudah mengontrol PKL yang nekat berjualan di lokasi terlarang.

“Melalui aplikasi ini, masyarakat bisa mengetahui data PKL yang berjualan di Solo. Aplikasi ini juga berfungsi membantu promosi para PKL. Masyarakat tahu mana PKL yang boleh diadukan karena melanggar peraturan dan tidak. Nanti aplikasi ini bisa diunduh di Playstore untuk pengguna Android,” jelas Didik kepada Solopos.com, Selasa (1/10/2019).

Menurut Didik, saat ini aplikasi tersebut masih dalam tahap pengembangan agar lebih mudah digunakan masyarakat dan PKL. Meskipun begitu, sosialisasi sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu.

“Kami menyosialisasikan secara bertahap di momen ada rapat koordinasi ataupun door to door. Karena sistemnya nanti tiap PKL memiliki koordinat dan mudah diketahui seperti map. Jadi harus disosialisasi dulu. Kami memulai dari PKL dari Galabo,” imbuh dia.

Salah satu PKL Galabo, Barkah, mengaku mendukung jika aplikasi tersebut memiliki manfaat yang bisa membantu usahanya. Dia sudah mendapatkan sosialisasi sebelumnya terkait aplikasi Si Mita Tegang.

“Yang berangkat sosialisasi ibu saya dan kakak, iya sudah dapat gambarannya. Kalau bisa bantu promosi kami, tentu mendukung. Nanti kan untuk kebaikan kami juga,” beber dia kepada Solopos.com.

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten