SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JENEWA— Gli Azzurri hanya bisa bermain imbang 1-1 kontra Swiss dalam pertandingan persahabatan, Minggu (6/6) dini hari WIB. Hasil kurang memuaskan itu mendatangkan kritik atas pilihan pemain yang diturunkan allenatore Timnas Italia, Marcello Lippi.

Dalam daftar line up, Lippi menurunkan skema 4-3-3. Tiga striker yang dipilih sebagai starter yakni Fabio Quagliarella, pemain muda Giampaolo Pazzini dan Andrea Cossu. Pemain yang disebut terakhir merupakan pemain ke-24 yang dibawa Lippi ke Piala Dunia 2010 Afrika Selatan.

Promosi Isra Mikraj, Mukjizat Nabi yang Tak Dipercayai Kaum Empiris Sekuler

Nama pemain klub Cagliari itu masuk skuat karena Mauro Camoranesi tak kunjung sembuh dari cedera. Namun, Lippi tetap membela kualitas para pemainnya. “Saya sudah bilang, rencananya bermain di dua pertandingan dengan dua tim berbeda,” kata Lippi dikutip vivanews.com dari Football Italia, Minggu.

Ekspedisi Mudik 2024

Melawan Swiss, Fabio Cannavaro dkk tertinggal lebih dulu menit 10 lewat Gokhan Inler. Pasukan Lippi baru bisa membalas lima menit kemudian lewat Quagliarella. Tapi, bukan Quagliarella yang mendapat pujian pada pertandingan itu.

Pujian justru dialamatkan kepada gelandang enerjik spesialis perusak permainan tim lawan, Gennaro “Rino” Gattuso. Pemain berjuluk Si Badak itu masuk sebagai starter setelah beberapa bulan ini cedera.

Lippi baru menarik keluar Si Badak menit 86 untuk digantikan Vicenzo Iaquinta. “Si Badak pemain penting untuk Timnas. Tidak relevan dia bermain selama satu jam atau pun satu pertandingan. Dia membuktikan kualitasnya,” puji Lippi.

Pujian serupa dilontar Ricardo Montolivo, yang kemarin diberi kepercayaan oleh Lippi untuk menggantikan peran Andrea Pirlo di lini tengah. Gelandang Fiorentina itu mengaku sangat terkesan dengan ketahanan fisik Gattuso.

“Bermain atau tidak, Rino selalu memberi semangat kepada kami. Dia adalah sosok profesional yang harus kami teladani, dan Italia sungguh beruntung memiliki pemain seperti dirinya,” komentar Montolivo.

Bahkan, sang pelatih juga tak bisa menutupi kekagumannya kepada gelandang gaek AC Milan itu. Lippi memuji aksi Gattuso yang bermain ganas di lini tengah. “Kita semua tahu kemampuan Rino. Dia tidak pernah menyerah dan masih bisa memberikan kontribusi besar,” ujar Lippi.

JIBI/SOLOPOS/vdy

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya