SOLOPOS.COM - Armada shuttle bus yang mengangkut pengunjung Masjid Raya Sheikh Zayed dari Terminal Tirtonadi, Sabtu (27/5/2023).(Solopos.com/Gigih Windar Pratama).

Solopos.com, SOLO — Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo akan menata shuttle bus yang mengangkut pengunjung Masjid Raya Sheikh Zayed yang parkir di Terminal Tirtonadi.

Dishub Solo menjelaskan saat ini sedang merancang jumlah armada hingga waktu operasional agar sesuai kebutuhan pengunjung masjid.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Solo, Taufiq Muhammad, saat dihubungi Solopos.com, Sabtu (27/5/2023), menjelaskan saat ini pelayanan shuttle bus pengangkut pengunjung Masjid Raya Sheikh Zayed dari Terminal Tirtonadi sudah maksimal.

Namun, tetap ada kekurangan karena banyaknya pengunjung, bahkan di luar jam operasional shuttle bus. “Saat ini jumlah armada yang kami kerahkan berjumlah 10, itu sudah maksimal, nanti akan kami evaluasi lagi,” jelasnya.

Taufiq menambahkan, evaluasi juga akan dilakukan untuk memberikan kenyamanan pengunjung Masjid Raya Sheikh Zayed yang parkir di Terminal Tirtonadi.

“Akan kami evaluasi lagi, apakah ada penambahan armada atau penambahan operasional, nanti setelah evaluasi,” ulasnya.

Terpisah, Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Tirtonadi, Bandiyono, mengatakan, pihaknya sudah berusaha maksimal melayani pengunjung Masjid Raya Sheikh Zayed yang parkir di Terminal Tirtonadi.

Namun, ia menjelaskan, kurangnya armada membuat banyak pengunjung harus menunggu.

“Kami dari terminal sudah berupaya secara maksimal, kami menyediakan ruang tunggu yang naman, tempat parkir yang luas yang gratis. Tapi untuk shuttle bus, memang kami merasa kurang, kami juga sudah berkoordinasi dengan Dishub Solo terkait jumlah armada,” jelasnya.

Selain itu, Bandiyono menjelaskan, pengunjung juga menginginkan waktu operasional yang lebih panjang. Ia menyebut, banyak yang menyarankan untuk memperlama waktu operasional shuttle bus hingga saat Salat Isya.

“Kami juga mendengarkan masukan, intinya banyak yang ingin waktu operasional diperpanjang setidaknya sampai Salat Isya. Kami pernah menerima pengunjung pukul 03.00 WIB yang ingin Salat Subuh di Masjid Raya Sheikh Zayed, melihat animonya memang saat ini cukup tinggi,” ulasnya.

Bandiyono menyebut, per hari setidaknya sekitar 100 hingga 500 pengunjung parkir di Terminal Tirtonadi untuk mengunjungi Masjid Raya Sheikh Zayed.

“Pengunjung yang parkir di sini [Terminal Tirtonadi Solo] semakin hari semakin banyak, bisa sampai 500 hingga 600 orang, bus nya sekitar 10 hingga 20 bus per hari. Banyak juga yang datang justru di luar waktu operasional, ini yang akan kami bahas lebih lanjut,” ulasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya