SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

TOKYO— Shunsuke Nakamura tetap menjadi sosok tak tergantikan di skuat Samurai Biru, julukan Timnas Jepang. Baru saja sembuh dari cedera engkel, midfielder asal klub Espanyol, Spanyol ini langsung akan dimainkan pada laga pemanasan Piala Dunia (PD) 2010 melawan Pantai Gading, Jumat (4/6) waktu setempat.

Gelandang berusia 31 tahun ini harus absen saat Jepang kalah 1-2 dari Inggris di Austria, Minggu (30/5) waktu setempat. Namun sehari setelah itu, Nakamura muncul pada sesi latihan saat Jepang menjalani latih-tanding dengan klub lokal di pegunungan Alpen, Swiss.

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

“Dia (Nakamura) menyatakan kondisi engkelnya tak memberikan masalah apapun hari ini (kemarin-<I>red<I>), jadi dengan alasan itulah saya memutuskan memberinya kesempatan penuh selama 90 menit untuk bermain,” kata pelatih Timnas Jepang, Takeshi Okada, dikutip kantor berita Jepang, Kyodo, Selasa (1/6).

Jepang akan memulai perjuangan mereka di Grup E Piala Dunia 2010 Afrika Selatan (Afsel) melawan Kamerun, Senin (14/6) WIB, sebelum mereka akan menghadapi dua tim unggulan utama, Belanda dan Denmark.

Okada kemarin secara resmi juga mengumumkan 23 pemain yang akan membela Samurai Biru di Afsel. Kuartet yang merumput di Liga Eropa, Makoto Hasebe, Keisuke Honda, Daisuke Matsui dan Takayuki Morimoto, masuk dalam skut inti tersebut.

Demikian pula dengan Shunsuke Nakamura dan Pemain Terbaik Asia 2010 versi AFC, Yasuhito Endo. Okada, yang tak pernah membawa Jepang meraih kemenangan pada debutnya sebagai pelatih di Piala Dunia 1998 Prancis, mendapat kritikan tajam atas kinerjanya membentuk skuat Samurai Biru, menyusul kekalahan memalukan 0-2 dari Korea Selatan (Korsel), 24 Mei 2010.

Namun, Presiden Asosiasi Sepak bola Jepang (JFA), Motoaki Inukai, menyatakan tetap mendukung Okada menyelesaikan tugasnya di Piala Dunia 2010. Sebelumnya, Jepang juga kalah dari Korsel di ajang Piala Asia, Februari 2010, dan tumbang dari Serbia, April 2010. Hal itu membuat target lolos ke semifinal Piala Dunia 2010 yang digembar-gemborkan Okada dianggap tak realistis.

Skuat inti Jepang
Penjaga gawang: Seigo Narazaki (Nagoya Grampus), Eiji Kawashima (Kawasaki Frontale), Yoshikatsu Kawaguchi (Jubilo Iwata)
Belakang: Yuji Nakazawa (Yokohama Marinos), Marcus Tulio Tanaka (Nagoya Grampus), Yuichi Komano (Jubilo Iwata), Daiki Iwamasa (Kashima Antlers), Yasuyuki Konno (FC Tokyo), Yuto Nagatomo (FC Tokyo), Atsuto Uchida (Kashima Antlers)
Gelandang: Shunsuke Nakamura (Yokohama Marinos), Yasuhito Endo (Gamba Osaka), Kengo Nakamura (Kawasaki Frontale), Junichi Inamoto (Kawasaki Frontale), Yuki Abe (Urawa Red Diamonds), Makoto Hasebe (Wolfsburg, Jerman), Keisuke Honda (CSKA Moscow, Rusia), Daisuke Matsui (Grenoble, Prancis)
Penyerang: Shinji Okazaki (Shimizu S-Pulse), Keiji Tamada (Nagoya Grampus), Yasuhito Okubo (Vissel Kobe), Kisho Yano (Albirex Niigata), Takayuki Morimoto (Catania, Italia)

JIBI/SOLOPOS/who/Rtr

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya