Shopee Umumkan Gangguan Setelah Kebakaran di Gedung Cyber 1

Shopee umumkan alami gangguan beberapa jam setelah peristiwa kebakaran Gedung Cyber 1.

 Tangkapan layar berisi pengumuman gangguan layanan dilayangkan Shopee melalui akun Instagramnya.

SOLOPOS.COM - Tangkapan layar berisi pengumuman gangguan layanan dilayangkan Shopee melalui akun Instagramnya.

Solopos.com, JAKARTA – Shopee mengumumkan gangguan layanannya beberapa jam setelah peristiwa kebarakan di Gedung Cyber 1, Jakarta Selatan, Kamis (2/12/2021). Beragam keluhan pun dilayangkan para pengguna menyusul pengumuman tersebut.

PromosiBerminat Adu Nasib di IKN? Segini Loh Biaya Hidup di Kalimantan Timur

Belum jelas adakah kaitannya antara server Shopee dan pusat data di Gedung Cyber. Shopee hanya menuliskan kabar gangguan pada akun media sosialnya, Kamis sore. “Sobat Shopee, beberapa layanan Shopee dan juga layanan Mitra Shopee tengah mengalami gangguan. Shopee mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Namun tidak perlu khawatir, transaksi yang telah dilakukan pelanggan dan mitra akan dapat segera dilakukan kembali,” tulis akun tersebut.

Baca Juga: Kalah Derbi, Pelatih Persis Solo Dijual di Shopee

Dilansir Bisnis.com, Gedung Cyber merupakan salah satu area kerja PT Bursa Efek Indonesia (BEI). Pemadaman gedung Cyber 1 telah ditangani oleh Petugas pemadam kebakaran atau Damkar dari Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Selatan.

Meski demikian, pihak Shopee Indonesia tidak menjelaskan dengan detail penyebab gangguan layanan tersebut. Apakah akibat kebakaran gedung Cyber 1 atau di luar kejadian tersebut. Sebelumnya, seorang netizen di Twitter mengabarkan bahwa data center berada di gedung Cyber 1 yang terbakar siang ini. “Guys shopee data center nya kebakaran, dont do any transaction dlu for the time being ya just in case,” tulis akun Twitter @sungjinhyung, Kamis (2/12/2021).

Baca Juga: Kebakaran Gedung Cyber Jakarta, Dua Orang Meninggal Dunia

Musibah kebakaran di Gedung Cyber 1, Kuningan, Mampang, Jakarta Selatan memakan dua korban jiwa. Selain itu, terdapat satu korban lainnya masih menjalani perawatan. Pemadam Kebakaran DKI Jakarta melalui akun Twitter @humasjakfire menyatakan bahwa kebakaran terjadi di lantai 2 di Gedung Cyber 1. “Pengerahan di TKP sebanyak 22 unit. Informasi saat ini terdapat 3 korban [1 sadarkan diri dan 2 meninggal dunia] sudah di bawa ke RSUD untuk penanganan lebih lanjut,” cuit akun Twitter @humasjakfire, Kamis (2/12/2021).

Sementara keluhan para pengguna Shopee ditunjukkan melalui berbagai komentar, salah satunya pada kolom di akun Instagram Shopee.id. Mereka sebagian mengaku kesulitan untuk mengakses aplikasi.

Baca Juga: ShopeePay 12.12 Birthday Deals Hadir Rayakan Pencapaian UMKM di 2021

Ada pula keluhan mengenai sulitnya top up hingga kesulitan mendapatkan OTP. Keluhan tak bisa menggunakan voucher transaksi di jaringan Alfamart dan Indomaret pun dirasakan. Bahkan karena kegagalan itu netizen mengaku terkena omelan akibat antrean di kasir.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berminat Adu Nasib di IKN? Segini Loh Biaya Hidup di Kalimantan Timur

+ PLUS Berminat Adu Nasib di IKN? Segini Loh Biaya Hidup di Kalimantan Timur

Sebagai calon Ibu Kota Negara (IKN), Nusantara yang berlokasi di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan menjadi magnet kaum urban untuk mengadu nasib di sana. Berikut perkiraan biaya hidup tinggal di Kalimantan Timur yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

Berita Terkini

Advan Luncurkan Tab Advan Sketsa 2, Diklaim Pas Untuk Keluarga

Awal tahun 2022, Advan meluncurkan tablet terbarunya Advan Sketsa 2 yang diklaim cocok untuk semua anggota keluarga.

Ini Cara Mengaktifkan Kembali Nomor Telkomsel yang Kedaluwarsa

Cara mengaktifkan nomor ponsel yang hangus atau kedaluwarsa bisa dilakukan dengan menghubungi nomor USSD Menu Browser (UMB) *888*89# langsung dari ponsel pengguna.

Riset Independen, Samsung Kuasai Pasar Ponsel Entry Level Indonesia

Samsung mengeklaim telah jadi penguasa pasar ponsel entry level di Indonesia berdasarkan riset independen yang dilakukan vendor asal Korea Selatan ini.

Jam Pintar Olike Zeth W1 Meluncur di Indonesia, Ini Fiturnya

Olike resmi merilis jam pintar Olike Zeth W1 berdesain tipis untuk menemani aktivitas kesehatan penggunanya.

Dikeluhkan Pengguna, Apa Itu Pink Screen di iPhone 13

Sejumlah pengguna mengeluhkan masalah layar merah muda atau Pink Screen di iPhone 13, bagaimana penjelasan Apple?

Twitter Perkenalkan Fitur Baru, Bikin Pengguna Bisa Pamer NFT

Twitter memperkenalkan fitur terbaru NFT Profile Pictures yang memungkinkan penggunanya memamerkan non fungible token atau NFT.

Browser Khusus Kripto Buatan Opera, Apa Saja Fiturnya?

Fitur utama Web3 kripto browser ini adalah built-in non-custodial wallet yang akan mendukung blockchain termasuk Ethereum, Bitcoin, Celo, dan Nervos.

+ PLUS Rp8,1 Triliun per Bulan dari "Servis Telinga", Spotify Juaranya

Pendapatan bulanan Rp8,1 triliun bisa dicapai dari servis telinga alias penyedia layanan musik streaming.

Samsung Galaxy Tab A8 Meluncur di Indonesia, Cek Kemampuannya

Samsung baru saja meluncurkan Galaxy Tab A8 di Indonesia dengan kapasitas baterai 7.040 mAh dan memori internal hingga 128 GB.

Ini Tips Memilih STB Biar Bisa Nonton Siaran Digital

Belilah set top box (STB) yang memiliki tulisan DVB-T2 atau siap digital pada kemasannya, agar TV bisa menangkap siaran digital.

Data BI Bocor, Kemenkominfo Awasi Penyelenggara Sistem Elektronik

Menyikapi kasus peretasan Data Bank Indonesia (BI), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan terus mengawasi penyelenggara sistem elektronik.

+ PLUS Torium Memenuhi Kebutuhan Energi 10 Miliar Orang Selama 20.000 Tahun

Torium bisa memenuhi kebutuhan energi 10 miliar orang untuk jangka waktu 10.000 tahun hingga 20.000 tahun.

Infinix INBOOK X2 Dengan Kamera Pencahayaan Ganda

Infinix INBOOK X2 hadir dengan versi yang lebih ringan dan tipis jika dibandingkan dengan versi sebelumnya

Vivo V23 5G Rilis Akhir Januari, Ini Bocoran Spesifikasinya

Vivo V23 segera hadir dengan desain elegan dan fast charging, untuk memenuhi kebutuhan kecepatan dan kecanggihan teknologi saat ini.

+ PLUS Drone Makin Dibutuhkan, Pengembangan Teknologi Pesat

Teknologi drone berkembang pesat. Kegunaan drone makin beragam di banyak sektor. Perusahaan-perusahaan drone mengembangkan pasar berbasis kebutuhan dan manfaat.

Kemenkominfo: Tingkat Keamanan Digital Indonesia Tidak Memuaskan

Kemenkominfo menyebut tingkat keamanan digital Indonesia paling rendah dibandingkan dengan pilar literasi digital lainnya.