SOLOPOS.COM - Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan gedung Pembinaan UMKM dan Inkubator Bisnis kerja sama dengan Shopee di kompleks Solo Technopark (STP), Jebres, Solo, Jumat (15/7/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Salah satu raksasa marketplace di Indonesia, Shopee, membangun satu gedung dengan kapasitas mencapai 1.000 pekerja di Solo Technopark (STP). Pembangunan gedung tersebut ditarget rampung September tahun ini.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengecek Boulevar STP yang sedang tahap pembangunan serta melihat dari jauh proses pembangunan gedung Shopee di kawasan STP.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Boulevar merupakan tanggung jawab sosial perusahaan dari Shopee. Sementara satu gedung merupakan kerja sama bangun guna serah dengan Shopee selama 15 tahun. Direktur Solo Technopark, Yudit Cahyantoro, menjelaskan STP berfokus untuk mengembangkan startup digital dan UMKM tahun ini.

Upaya itu diharapkan meningkatkan ekonomi digital Kota Solo. Selain itu, lanjutnya, Shopee membangun satu gedung dalam bentuk kerja sama bangun guna serah dengan Solo Technopark yang berlokasi di Jl Ki Hajar Dewantara, Jebres.

Gedung itu bakal menampung sekitar 1.000 tenaga kerja. “Tahun ini selesai. Untuk progres pembangunan sekitar 65 persen karena Pak Wali menargetkan selesai September,” ujarnya.

Baca Juga: Solo Technopark Terus Berbenah, Fraksi PDIP DPRD: Jangan Gusur PKL!

Yudit mengatakan gedung yang dibangun Shopee itu untuk pembinaan UMKM, inkubator bisnis, dan ekosistem digital. Di dalamnya nantinya termasuk perkantoran.

Catatan Solopos.com, STP berhasil menarik dana investasi sekitar Rp137 miliar pada 2021 dari 23 mitra. Investasi membuka peluang bagi STP memiliki pendapatan dari pengelolaan aset berupa hibah, sewa bangunan, dan bangun guna serah. 

Periode bangun guna serah setiap mitra bervariasi mulai dari dua tahun sampai 15 tahun. Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan ingin ada banyak investasi yang masuk ke kawasan STP.

Baca Juga: Gibran Paparkan 10 Program Prioritas Pembangunan Solo, Apa Saja?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya