Shin Tae-yong Ngotot Cari Pemain Keturunan Perkuat Timnas U-19 
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Antara/Yulius Satria Wijaya)

Solopos.com, JAKARTA — Pelatih Tim Nasional Indonesia U-19 asal Korea Selatan Shin Tae-yong menggencarkan misi pencarian pemain keturunan untuk memperkuat Timnas-19. Misi pencarian pemain keturunan itu tampaknya akan segera direalisasikan.

Pada Jumat (30/10/2020), Shin Tae-yong mengemukakan akan memanggil sembilan pemain keturunan. Sembilan nama itu di luar dua pemain yang telah dipanggil sebelumnya, Elkan Baggott dan Jack Brown.

Pelatih asal Korea Selatan itu memang telah menegaskan bahwa pemain yang akan direkrut harus memiliki darah Indonesia. Ia tak punya rencana untuk memanggil pemain asing lalu menaturalisasinya.

Ini 7 Warna Cat Ruang Tamu Pembawa Hoki

“Untuk syarat mencari pemain keturunan, harus ada darah Indonesia” ujar juru taktik Timnas U-19 itu.

Dilansir dari CNN, dari sembilan nama tersebut, baru dua pemain yang sudah dilihat kemampuannya oleh juru taktik asal Korea Selatan itu. Keduanya yaitu Kelana Noah Mahessa dan Luah Jeremy Mahessa yang datang jelang akhir pemusatan di Kroasia.

“Ada salah informasi yang menyebut ada tujuh pemain keturunan. Tapi sembilan pemain dan sudah dibicarakan ke PSSI [Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia]. Dari sembilan, tujuh sudah dicek di Kroasia. Sisanya sedang dicoba [untuk dipanggil],” beber Shin Tae Yong.

Ngeri! Ini Bukti Santet Mantan Istri Caisar YKS

Selain itu, Shin Tae Yong masih menutup rapat-rapat identitas dari ke tujuh pemain keturunan yang digadang-gadang akan memperkuat tubuh Garuda Nusantara.  “Maaf saya belum bisa menjelaskan secara detail tentang pemain keturunan itu,” tegas Shin Tae Yong.

Pastikan Minat

Sebelum mengumumkannya, Shin Tae-yong mengaku harus mengetahui terlebih dahulu minat para pemain keturunan itu di Timnas U-19. Tak mudah untuk memastikan siapa saja pemain yang mau bermain untuk Timnas Indonesia. Karena itulah ia memustuskan untuk merahasiakan hal tersebut.

“Ini tidak mudah juga karena belum tentu juga mereka mau membela atau bermain untuk Timnas Indonesia," tutup mantan penggawa Timnas Korea itu.

Naruto Sekarat, Pembaca Sedih, Ini Sebabnya...

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengungkapkan bahwa PSSI memang sedang berusaha menambah pemain keturunan yang masuk ke Timnas Indonesia U-19.

Hal itu akan segera direalisasikan sebelum mendekati Piala Dunia U-20 2021 mendatang. Meski demikian, ia menyerahkan segala keputusan pemilihan pemain kepada Shin Tae Yong.

“Kemungkinan itu ada. Tapi saya sekali lagi tidak mau ikut campur, itu saya serahkan ke Shin Tae Yong dan dikawal Direktur Teknik,” jelasnya.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Sumber: Madiunpos.com



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom