Sharp Dukung PMI dan Rumah Sakit Terapkan Informasi Berbasis Digital

Sharp menyerahkan bantuan 13 LED TV 42 inch kepada PMI Kota Solo di Markas PMI untuk menampilkan informasi stok darah dalam waktu nyata.

 Sharp menyerahkan bantuan 13 LED TV 42 inch kepada PMI Kota Solo di Markas PMI, Jl. Kolonel Sutarto No.58, Solo, Kamis (23/9/2021). (Wahyu Prakoso/Solopos)

SOLOPOS.COM - Sharp menyerahkan bantuan 13 LED TV 42 inch kepada PMI Kota Solo di Markas PMI, Jl. Kolonel Sutarto No.58, Solo, Kamis (23/9/2021). (Wahyu Prakoso/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Sharp menyerahkan bantuan 13 LED TV 42 inch kepada PMI Kota Solo di Markas PMI, Jl. Kolonel Sutarto No.58, Solo, Kamis (23/9/2021). TV akan dipasang di rumah sakit untuk menampilkan informasi stok darah dalam waktu nyata.

National Sales & Marketing Senior General Manager PT Sharp Electronics Indonesia, Andry Adi Utomo, menjelaskan Sharp Indonesia Cabang Yogyakarta bersama Candi Elektronik Solo menyerahkan produk TV untuk dipasang ke sejumlah rumah sakit. TV yang menampilkan informasi digital berupa program-program PMI yang akan membantu menyelamatkan para pasien.

“Pada era digital ini keterbukaan informasi sangat penting. Biasanya ada policy besar tetapi sampai akar rumput kecil. PMI darahnya cukup tapi kadang ada informasi kekurangan darah. PMI darahnya kurang sebetulnya ada. PMI memasang TV Sharp menyajikan informasi ini bagus untuk era sekarang ini,” kata dia.

Baca Juga: Blusukan Gang Sempit Solo Temui UMKM, Airlangga Hartarto Didoakan Jadi Presiden

Andry mengatakan era keterbukaan data kesehatan khususnya stok darah membuka peluang untuk memangkas birokrasi. Sharp memberikan kontribusi melalui sistem informasi digital untuk menyelamatkan para pasien yang membutuhkan darah.

CEO sekaligus Sekretaris PMI Kota Solo, Sumartono Hadinoto, menjelaskan informasi yang akan disajikan berupa informasi yang ada di aplikasi Ayodonor karya tim PMI Kota Solo. PMI memiliki sistem menjaga stok darah tetapi kadang menjumpai pesan siaran yang disebarkan melalui aplikasi perpesanan oleh warga/keluarga pasien mengenai stok darah PMI kosong.

Menurut dia, kemungkinan pasien menerima penjelasan tenaga kesehatan bahwa stok darah yang diminta kosong. Petugas menjelaskan kondisinya kosong lebih mudah dibandingkan menjelaskan sesuai kondisi yang sebenarnya/secara teknis.

Baca Juga: Kunjungi Solo, Menko Airlangga Beri Dukungan untuk UMKM Rumahan

Situasi itu bisa terjadi berupa, antara lain kondisi golongan darah sama tetapi perlu uji silang serasi antara darah donor dan darah resipien; pasien membutuhkan komponen darah tertentu dan PMI sedang memproses darah utuh menjadi beberapa komponen darah.

Martono mengklaim 60 persen pasien di rumah sakit di Kota Solo merupakan warga luar kota. Jumlah permintaan darah darah/komponen darah PMI Kota Solo mencapai sekitar 170.000 kantong per tahun.

“Solo memang tak pernah kekurangan stok darah. Jumlah stok darah menipis pada saat Desember-Januari dan Juni-Juli. Donor sukarela pulang ke rumahnya pada waktu libur. Saat Bulan Puasa juga secara psikologis takut donor darah. PMI memberikan solusi donor darah dengan berbuka bersama,” jelasnya.


Berita Terkait

Berita Terkini

Tingkat Kepuasan Tamu Best Western Premier Solo Baru Terbaik di Asia

Best Western Premier Solo Baru menerapkan prokes ketat, vaksinasi lengkap seluruh karyawan, serta adanya aplikasi PeduliLindungi yang sekarang menjadi syarat wajib untuk memasuki hotel.

Ekspedisi Energi 2021 Berikan 9 Rekomendasi Ini untuk Pemerintah

Bila berbicara ekonomi, dua hal utamanya yaitu pangan dan energi dan ekspedisi dilakukan untuk memotret peta energi di Jateng.

Kemenkeu Beri Keringanan Utang 1.292 Debitur Kecil Senilai Rp20,48 M

Kemenkeu memberikan keringanan utang kepada 1.292 debitur kecil senilai Rp20,48 miliar dengan nilai outstanding sebesar Rp80,42 miliar per 15 Oktober 2021.

Inilah Capaian Pemerintah dalam Upaya Pemulihan Ekonomi Saat Pandemi

Terkait program pemulihan ekonomi nasional, Airlangga menjabarkan per 15 Oktober 2021 anggaran PEN telah terealisasi sebesar Rp428,21 triliun atau 57,5 persen dari pagu Rp744,77 triliun. 

Insan Perhotelan Suarakan Aspirasi Soal CHSE kepada Pemprov Jateng

Kali ini sertifikasi CHSE tidak lagi difasilitasi pemerintah, sehingga masing-masing hotel harus mengupayakan secara mandiri dan berbiaya.

Sambut Investasi, Keandalan Listrik di Papua Terus Berlanjut Pasca PON

Berakhirnya PON XX Papua bukan berarti pembangunan selesai. PLN Berkomitmen untuk terus meningkatkan keandalan suplai listrik Tanah Papua.

Astra Life Luncurkan Kampanye #BetterSandwichGen

BPS menyebutkan bahwa 78.27% sumber pembiayaan rumah tangga lansia ditopang oleh anggota rumah tangga yang bekerja.

Naik Lagi Nih! Simak Harga Emas Pegadaian, Jumat 22 Oktober 2021 

Harga emas hari ini di Pegadaian, Jumat (22/10/2021) untuk logam mulia Antam ukuran 2 gram mencapai Rp1.853.000.

Banting Setir, Atlet Bulutangkis Ini jadi Pengusaha Warung Gongso Solo

Warung Gongso merupakan usaha yang ide Dhaka Yudha Sakti datang dari kegemaran keluarga terhadap resep menu makanan yang dimasak dengan cara digongso.

Krisis Energi Melanda Dunia, Ini Pengaruhnya untuk Indonesia

Tingginya permintaan energi seiring dengan pemulihan ekonomi tapi tak dibarengi dengan ketersediaan pasokan memadai, membuat harga gas alam dan batu bara melonjak.

Dipesan Tamu World Superbike, Hotel di Mataram Hampir Fully Booked

sejumlah hotel di Mataram sudah menerima reservasi atau pesanan kamar dari tamu kegiatan World Superbike (WSBK) yang akan digelar di Sirkuit Mandalika, 19-21 November 2021.

Pertashop Dorong Bangkitnya Ekonomi di Tengah Pandemi

Pertashop Pertamina diharapkan bisa jadi upaya mendorong pemerataan akses energi dengan tujuan membangkitkan kembali ekonomi di tengah pandemi.

Dukung Percepatan Digitalisasi Daerah, Grab & OVO Rilis Patriot di Solo

Program Akselerasi Transaksi Online Pemerintah (Patriot) diresmikan di Solo, Kamis (21/10/2021). Patriot merupakan program yang diluncurkan Grab bekerja sama dengan OVO.

Jumlah Wisatawan Meningkat, Pemkot Jogja Batasi Pengunjung

Pada PPKM Level 2 di DIY, Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja mengantisipasi kemungkinan meningkatkan jumlah wisatawan.

Aturan Baru: Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Naik Pesawat dan Kereta

Anak usia di bawah 12 tahun bisa diajak naik pesawat hingga kereta api antarkota namun ada syarat-syarat yang harus dipenuhi.

BNI Luncurkan BNI Xpora untuk Dukung UMKM Go Global

BNI memperkenalkan BNI Xpora yang telah memberikan layanan di 7 kota yaitu Medan, Jakarta, Bandung, Solo, Surabaya, Denpasar, dan Makassar.