SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Down Syndrome atau Trisomy 21 merupakan kondisi di mana seseorang mengalami kegagalan di kromosom ke-21 sehingga jumlah kromosom yang seharusnya 46 menjadi 47. Dalam rangka memperingati Hari Down Syndrome Sedunia yang jatuh tepat pada 21 Maret 2013, Shangri-La Hotel, Surabaya, bekerja sama dengan Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BKKKS) dan Yayasan Kesejahteraan Anak Indonesia (YKAI) menyelenggarakan perayaan untuk anak-anak dengan down syndrome di ruang Pelangi. Acara dengan tema “We Care, Share and Love You Without Distinction” ini dihadiri oleh 106 anak dari 12 Sekolah Luar Biasa yang tersebar di Jawa Timur, seperti Pasuruan, Sidoarjo dan Gresik. Sesuai dengan tema kali ini, kami ingin memberikan perhatian, berbagi, dan menyayangi anak dengan down syndrome tanpa membedakan dengan anak-anak lainnya. “Kami peduli dengan keberadaan anak-anak ini dan ingin agar mereka dapat diterima dan diakui di masyarakat sehingga mereka dapat juga bersosialisasi dalam lingkungannya”, ungkap Andrew Allen, Executive Assistant Manager Shangri-La Hotel, Surabaya di sela-sela kata sambutannya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Acara yang berlangsung mulai pukul 09:00 pagi ini memberikan kesempatan bagi anak dengan down syndrome untuk tampil dan menunjukkan kreativitas mereka di bidang kesenian. Dimulai dengan tarian tradisional yang diiringi oleh lagu Cindai, tarian balet oleh Nadia, remaja 16 tahun dengan down syndrome yang telah berlatih sejak usia 5 tahun, piano solo oleh Aswin dan juga grup vocal yang membawakan lagu Laskar Pelangi dengan meriah.Anak-anak juga diajarkan langsung oleh tim pastry dari Shangri-La Hotel, Surabaya untuk menghias cupcakes dengan coklat, meses, dan permen jelly.

Tim psikologi dari Universitas Airlangga serta Tim Tumbuh Kembang Anak dan THT dari Rumah Sakit Dr. Soetomo juga turut berpartisipasi dengan memberikan konsultasi gratis bagi anak dan keluarga yang hidup dengan down syndrome.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya