Shakhtar Donetsk Vs Lyon: Mencari Pendamping Manchester City!
Olympique Lyon (Reuters-Emmanuel Foudrot)

Solopos.com, KHARKIV — Siapakah yang bakal mendampingi Manchester City lolos ke babak 16 besar Liga Champions dari Grup F? Jawabannya bakal terlihat ketika Shakhtar Donetsk menjamu Olympique Lyon di Oblasny SportKomplex Metalist, Kharkiv, Ukraina, Kamis (13/12/2018) pukul 03.00 WIB.

City menjadi satu-satunya tim yang telah memastikan lolos ke babak 16 besar dari Grup F. Shakhtar dan Lyon pun bakal bertarung untuk memperebutkan satu tiket tersisa ke fase knock-out dari grup ini. Lyon yang unggul dua poin atas Shakhtar hanya perlu hasil imbang pada partai penutup grup di Kharkiv nanti. Sementara Shakhtar harus menang jika ingin mendampingi City lolos ke babak selanjutnya.

Di atas kertas, Lyon difavoritkan lolos ke babak selanjutnya. Tim berjuluk Les Gones tersebut bertabur bintang. Tak heran apabila perbandingan market value (nilai jual) pemain Lyon dengan Shakhtar sangat jomplang. Les Gones total memiliki skuat dengan nilai jual 338,75 juta euro (Rp5,6 triliun).

Nilai tersebut hampir tiga kali lipat lebih banyak ketimbang milik Shakthar yang “hanya” mencapai 103 juta euro (Rp1,7 triliun). Tiga pemain termahal Lyon yakni Nabil Fekir (60 juta euro), Memphis Depay (45 juta euro), Assem Auer (35 juta euro), Tanga Ntombela (25 juta euro), dan Lopes (20 juta euro). Sementara pemain termahal Shakhtar, Marlos dan Ismaily, masing-masing “hanya” berbanderol 11 juta euro (Rp183 miliar).

Hanya, Memphis Depay dkk. membawa modal kurang menterang sebelum lawatan mereka ke Ukraina. Lyon tak pernah menang dalam tiga pertandingan terbaru di semua kompetisi. Akhir pekan lalu, mereka bahkan dibantai 0-2 di kandang oleh Rennes, pada laga Ligue 1.

Lyon memiliki pengalaman memastikan diri lolos ke babak 16 besar pada pertandingan pamungkas mereka di babak grup. Itu terjadi di antaranya pada musim 2000/2001, ketika Les Gones menekuk Olympiakos 1-0 untuk memastikan melaju ke fase knock-out. Hal serupa juga dilakukan Lyon pada 2011/2012, di mana mereka menundukkan Dinamo Zagreb 7-0 untuk lolos ke babak selanjutnya.

“Lyon menunggu laga ‘final’ berikutnya di Ukraina,” tulis pernyataan Les Gones menjelang lawatan ke markas Shakhtar, seperti dilansir situs resmi klub, Selasa (11/12/2018). 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom