SGS 2021, Begini Cara Panitia Pastikan Transaksi Jalan Sesuai Prokes

Panitia Solo Great Sale atau SGS 2021 menyiapkan sejumlah strategi untuk memastikan transaksi berlangsung dengan protokol kesehatan ketat.

 Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (kedua dari kiri), berbelanja buah dengan transaksi pembayaran non tunai melalui Akselerasi Digitalisasi Pembayaran Terkini (AdipatiI) QRIS saat sosialisasi penyelenggaraan Solo Great Sale (SGS) 2021 di Pasar Gede, Solo, Jumat (3/9/2021). SGS 2021 yang akan berlangsung selama bulan Oktober menargetkan total transaksi Rp800 miliar. (Solopos/Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (kedua dari kiri), berbelanja buah dengan transaksi pembayaran non tunai melalui Akselerasi Digitalisasi Pembayaran Terkini (AdipatiI) QRIS saat sosialisasi penyelenggaraan Solo Great Sale (SGS) 2021 di Pasar Gede, Solo, Jumat (3/9/2021). SGS 2021 yang akan berlangsung selama bulan Oktober menargetkan total transaksi Rp800 miliar. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Pelaksanaan Solo Great Sale atau SGS 2021 digelar untuk mendongkrak transaksi di sektor usaha yang ada di Solo dan sekitarnya. Meski begitu pelaksanaan SGS tetap harus mengutamakan faktor kesehatan, terutama penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Hal itu karena pelaksanaan SGS tahun ini masih dalam situasi pandemi Covid-19. Meski angka kasus positif Covid-19 di Solo sudah jauh menurun dibandingkan Juni-Juli lalu dan capaian vaksinasi sudah tinggi, hal itu tidak menjadi alasan untuk mengabaikan protokol kesehatan.

Untuk itu dalam pelaksanaan SGS tahun ini panitia telah menyiapkan sejumlah strategi. Di antaranya bekerja sama dengan Bank Indonesia dalam menyiapkan transaksi nontunai.

Baca Juga: Tak Sekadar Jualan, IKM Peserta SGS 2021 Dapat Pelatihan Go Digital

Transaksi SGS 2021 dapat dilakukan tanpa harus bertemu langsung bahkan tanpa uang tunai yang berpindah langsung dari tangan ke tangan. Meski harus melakukan pembelian secara langsung, seperti di pasar tradisional maupun pusat perbelanjaan, baik konsumen maupun merchant tetap diarahkan untuk mentaati protokol kesehatan atau prokes.

“SGS menjadi event besar yang dilakukan di masa pandemi. Namun tetap dilakukan dengan prokes ketat. Prokes menjadi syarat utama, terlebih ini menggerakkan semua sektor,” kata Ketua 1 Panitia SGS 2021, Daryono, belum lama ini.

Aplikasi PeduliLindungi

Untuk transaksi di pasar tradisional, pembeli dan penjual diharapkan tetap memakai masker, menjaga jarak dan mematuhi prokes lainnya. Begitu juga di pusat-pusat perbelanjaan.

Baca Juga: Bahaya! 5-10 Persen Pengidap HIV di Solo Tak Lagi Mengakses Obat ARV

Seperti diketahui sejumlah mal di Solo juga telah melakukan skrining pengunjung menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Dengan begitu diharapkan transaksi selama SGS berlangsung tetap aman.

Public Relation Solo Grand Mall (SGM), Ni Wayan Ratrina, mengatakan selama pelaksanaan SGS, manajemen mal tetap menerapkan prokes. Ina, sapaan akrabnya, mengatakan pada SGS tahun ini, semua tenant SGM dilibatkan.

Baca Juga: 36.000-An Warga Solo Belum Divaksin Covid-19, Alasannya Sibuk

Meski begitu, prokes tetap menjadi hal utama yang harus diterapkan. Semua pengunjung wajib memiliki aplikasi PeduliLindungi atau menunjukkan bukti SMS bahwa sudah mengikuti vaksinasi.

“Masker juga wajib dipakai,” katanya, Kamis. Ina berarap setiap pengunjung dapat menikmati setiap promo yang ditawarkan masing-masing tenant selama SGS berlangsung, namun tetap mematuhi prokes.


Berita Terkait

Berita Terkini

Muncul Klaster Covid-19 di Sekolah Solo, Tes Acak bakal Diperluas

Satgas Penanganan Covid-19 Solo bakal memperluas tes acak di sekolah lain yang menyelenggarakan PTM untuk antisipasi dini klaster penularan virus corona.

Peringatan Maulid Nabi ala SMP Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen

Siswa SMP Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dengan menulis sosok kisah Nabi Muhammad dan akan membukukan karya murid tersebut.

Tak Ada Temuan Siswa Positif Covid-19 saat PTM di Sragen

Disdikbud Sragen mengusulkan menambah durasi jam pelajaran untuk PTM yang semula tiga jam menjadi empat jam/hari untuk mengejar ketertinggalan materi.

Keren, STT Warga Vaksinasi Ribuan Warga Sukoharjo

STT Warga mendapat apresiasi dari Polres Sukoharjo karena membantu percepatan vaksinasi Covid-19, tidak hanya warga kampus tapi juga masyarakat umum.

Pemkab Wonogiri Atur Strategi Cegah Lonjakan Kasus Covid-19 Akhir Tahun

Selain masalah kesehatan, Pemkab Wonogiri perlu memperhatikan aspek ekonomi, pendidikan, budaya, dan sosial.

Event Pameran Dongkrak Transaksi Solo Great Sale 2021

Penyelenggaraan event pameran seperti Ekraf Mart 2021 dan BUMN-UMKM Great Sale 2021 turut mendongkrak transaksi Solo Great Sale.

PTM SMA/SMK di Wonogiri Pedomani Prosedur Provinsi

Di Kabupaten Wonogiri ada empat SMA yang sudah pernah menggelar uji coba, yakni SMAN 1-3 Wonogiri dan SMAN 1 Wuryantoro.

Rock in Solo Digelar Indoor, Down for Life Dipastikan Tampil

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menegaskan event Rock In Solo 2021 akan digelar Indoor namun masih merahasikan lokasinya.

Ketemu Atta Halilintar Seusai Laga PSG Pati Vs PSIM, Gibran Bilang Gini

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka ketemu Atta Halilintar seusai pertandingan AHHA PS Pati vs PSIM Jogja di Stadion Manahan Solo, Selasa.

Ingin Toilet Umum Sebersih di Hotel, Ini Langkah The Sunan Hotel Solo

Toilet umum seringkali menjadi titik lemah dari kawasan pariwisata. Padahal toilet memiliki pengaruh yang cukup besar bagi citra pariwisata daerah.

Muncul Klaster Covid-19, Aturan PTM di Sekolah Solo Berubah?

Pemkot Solo menerbitkan SE Wali Kota terbaru tentang PPKM level 2 yang berlangsung mulai 19 Oktober hingga 1 November, aturan PTM berubah?

Bos Arisan Online asal Mojolaban Sempat Ngumpet di DIY Sebelum Terciduk

Ibu rumah tangga asal Cangkol, Mojolaban, Sukoharjo, yang menjadi pelaku penipuan berkedok arisan online sempat sembunyi di Sleman, DIY.

AHHA PS Pati Kalah Lagi, Reaksi Atta Halilintar di Luar Dugaan

Klub AHHA PS Pati atau PSG Pati kembali menelan kekalahan melawan PSIM Jogja dalam laga lanjutan kompetisi Liga 2 di Stadion Manahan Solo, Selasa.

Polisi Wonogiri pun Dilatih Berkendara yang Aman

Polisi yang sudah dilatih diminta melatih warga di wilayah tugas masing-masing untuk meminimalisasi kecelakaan lalu lintas.

Klaten Hari Ini: 19 Oktober 2013, Diler Terbakar, 13 Motor Hangus

Delapan tahun lalu, 13 sepeda motor hangus dalam insiden kebakaran sebuah diler yang ada di Sutran, Bolali, Wonosari, Klaten ludes dilalap api, Jumat (18/10/2013) malam.