SG Tingkatkan Kompetensi Pengelola BUMDes Binaan Agar Lebih Inovatif dan Visioner

Program ini menunjukkan posisi SG sebagai perusahaan persemenan di Tanah Air yang berkomitmen menjadi terdepan untuk membangun kemandirian desa.

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, REMBANG — PT Semen Gresik melalui pilar program SG Mandiri menggelar ‘Pendidikan dan Pelatihan Penguatan Kelembagaan dan Strategi Pengembangan Bisnis BUMDes’ selama dua hari, Kamis-Jumat (4-5/3/2021) di Grand Mega Resort & Spa, Cepu, Blora.

Program ini menunjukkan posisi SG sebagai perusahaan persemenan di Tanah Air yang berkomitmen menjadi terdepan untuk membangun kemandirian desa. Agenda utama kegiatan peningkatan kompetensi yang diikuti pengurus/pengelola BUMDes binaan di sekitar lokasi perusahaan adalah tutorial dari pakar terkait pengelolaan BUMDes. Tujuan strategisnya mengoptimalkan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia serta mengembangkan usaha di desa.

PromosiButuh Gerakan Reformasi Jilid Kedua

Program yang diharapkan sebagai sarana penguatan kelembagaan tersebut diikuti 18 peserta. Yang mewakili BUMDes dari enam desa di Kabupaten Rembang, yaitu Tegaldowo, Kadiwono, Pasucen, Kajar, Timbrangan dan Ngampel. Kegiatan ini dari awal hingga akhir menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Baca jugaLampaui Capaian 2019, Skor Self Assessment GCG Semen Gresik Terkualifikasi Sangat Baik

Menurut Kepala Unit Komunikasi dan CSR PT Semen Gresik Dharma Sunyata, dalam program ini peserta menerima transfer ilmu tentang tata kelola perusahaan. Tata kelola perseroan terbatas, keuangan, perpajakan, pengembangan aset desa dan BUMDes berbasis partipasi masyarakat. Selain itu, mereka juga memperoleh penjelasan progres perusahaan patungan PT Sinergi Mitra Operasi Rembang (PT SMOR). Yang sahamnya dimiliki oleh SG dan BUMDes di enam desa tersebut.

‘’Kegiatan dua hari ini lebih bersifat brainstorming. Harapannya peserta yang mayoritas berstatus direktur BUMDes dan direktur PT (unit usaha BUMDes) meningkat kompetensinya. Lebih inovatif dalam kegiatan usaha. Mereka juga jadi pionir yang visioner dengan ide-ide brilian dalam mengelola BUMDes,’’ kata Dharma dalam rilisnya, Senin, 8 Maret 2021.

Baca juga: Lakukan Aksi Penanaman Pohon di Area Pabrik, Semen Gresik Komitmen Terapkan Prinsip Industri Hijau

Peningkatan Kesejahteraan

Semen Gresik BUMDes (Istimewa-Semen Gresik)
Foto bersama jajaran dari Unit CSR PT Semen Gresik dan peserta yang berasal dari pengurus/pengelola BUMDes binaan di 6 Desa di sekitaran perusahaan Semen Gresik. Jumat, 05 Maret 2021. (Istimewa-Semen Gresik)

Menurut Dharma, kegiatan ini adalah momentum tepat untuk peningkatan kompetensi bagi pengelola BUMDes dan struktur di bawahnya. Tahun 2021 adalah tahun ke tujuh, melalui pilar Program SG Mandiri pihaknya berfokus pada peningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat sekitar perusahaan, melalui kegiatan penguatan ekonomi.

‘’Tahun lalu kami sudah berkolaborasi mendirikan perusahaan patungan (PT SMOR). Harapan kami, peserta memahami konsepsi dasar tujuan dari dibentuknya perusahaan patungan. Mengerti rencana kerjanya, arah dan kebijakannya, cara penggunaan deviden. Kami memberikan penguatan kapasitas kerangka legal aspek perseroan kepada Direktur PT Bumdes yang kedudukanya juga sebagai manajemen perusahaan patungan,’’ tambahnya.

Baca jugaDukung Rembang sebagai Kabupaten Kreatif, Semen Gresik Creative Corner Perkuat Sinergi Antarkomunitas

Sebagai kepanjangan tangan dari negara karena merupakan bagian dari BUMN, lanjut Dharma, Semen Gresik berkomitmen mengawal progres enam BUMDes binaan ini. Dia berharap perjuangan pengelola terus berlanjut hingga mencapai tujuan akhirnya. Yaitu meningkatkan Pendapatan Asli Desa demi kesejahteraan masyarakat dan kemandirian desa.

Menurut salah satu peserta Sadikun, Direktur BUMDes Mbangun Deso Kajar, Kecamatan Gunem, Rembang, kegiatan ini sangat strategis dan memberikan nilai tambah bagi para ujung tombak BUMDes.

 

 

 

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Menteri PUPR: Cepat Tutup Tanggul Jebol di Semarang Pakai Karung Pasir!

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memerintahkan agar tanggul yang jebol di Semarang lekas ditutup memakai karung pasir terlebih dahulu.

Begini Kronologi Kecelakaan Beruntun 4 Truk di Alas Roban Batang

Satu orang meninggal dunia dalam kecelakaan beruntun di Jalan Lingkar Alas Roban, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Kamis (26/5/2022) siang.

Tabrakan Karambol 4 Truk di Alas Roban, 1 Meninggal

Tabrakan karambol yang melibatkan empat truk terjadi di Alas Roban, Kabupaten Batang, Jateng, Kamis (26/5/2022).

BKSDA Jateng Sebut Jejak Satwa Liar di Banjarnegara Bukan Tapak Harimau

Warga di Desa Penawaran, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, menemukan jejak satwa liar di area persawahan dan kebun sekitar hutan Jlegong desa setempat.

Cegah Air Masuk, Pembangunan Tanggul Darurat di Tanjung Emas Dikebut

Pembangunan tanggul laut darurat di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dikebut.

Ngeri! Begini Kronologi Penganiayaan Hingga Korban Tewas di Jepara

Begini kronolohi kejadian sekelompok warga menganiaya tiga pemuda hingga akhirnya satu korban meninggal dunia.

Banjir Rob, 4 Kapal Batal Bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

Empat kapal gagal bongkar muat di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang, karena banjir rob yang menggenangi kawasan itu.

2 Pelaku Penganiayaan Hingga Korban Tewas di Jepara Dibekuk di Bekasi

Aparat Polres Jepara berhasil menangkap pelaku penganiayaan yang mengakibatkan dua orang luka-luka dan satu orang meninggal dunia di Desa Bandanpete, Kecamatan Nalumsari.

Demak, Konon Kota Pelabuhan Terkaya di Jalur Sutra Pesisir Jawa

Selain Semarang, Demak menjadi salah satu daerah pesisir Jawa yang terendam banjir rob sejak awal pekan ini, dimana daerah yang dahulunya kota pelabuhan terkaya di jalur sutra tersebut konon sangat terkenal karena menjadi simpul penting dalam lalu lintas perdagangan di jalur rempah. 

Pembagian Zonasi PPDB 2022 SMA Negeri di Kota Semarang, Cek Yuk!

Berikut ini terdapat daftar pembagian wilaya zonasi SMA negeri di Kota Semarang dalam PPDB 2022 berdasarkan SK dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah.

Ada Bengkel Gratis, Warga Terdampak Rob Semarang Hemat Ratusan Ribu

Posko bengkel service gratis yang berlokasi di sebelah Kelurahan Tanjung Emas, membuat warga tak perlu merogok kocek dalam untuk reparasi kerusakan motor akibat banjir rob.

Raih Medali di SEA Games, 2 Mahasiwa Udinus Dapat Uang Pembinaan

Dua mahasiswa Udinus Semarang, Dinda Putri Lestari, dan Reinaldy Atmanegara, sukses meraih medali perunggu dalam ajang SEA Games 2021 di Vietnam.

3.600 Karung Pasir Disiapkan untuk Tutup Tanggul Jebol di Semarang

Sebanyak 3.600 karung pasir disiapkan untuk menutup lubang tanggul PT Lamicitra Nusantara, Semarang, yang jebol.

Cek Penanganan Banjir Rob di Semarang, Menteri PUPR Instruksikan Ini

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, meninjau langsung penanganan banjir rob di Kota Semarang yang terjadi sejak Senin (23/5/2022).

Salah Sasaran! Incar Babi Hutan, Pemburu di Banjarnegara Tembak Petani

Seorang pemburu babi hutan di Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng), ditangkap polisi setelah salah sasaran atau salah tembak petani pencari rumput.