Sewu-Sewu Ae, Aksi Pemuda Madiun Bantu UMKM dan Pasien Isoman

Sekelompok pemuda di Madiun melakukan gerakan sosial Sewu-sewu Ae membantu masyarakat yang terdampak pandemi dan pasien Covid-19 yang isoman

 Anrico Alamsyah membeli makanan dari warung makan di Madiun dan kemudian dibagikan kepada warga kurang mampu dan pasien Covid-19 yang isoman. (Istimewa/Sewu-Sewu Ae)

SOLOPOS.COM - Anrico Alamsyah membeli makanan dari warung makan di Madiun dan kemudian dibagikan kepada warga kurang mampu dan pasien Covid-19 yang isoman. (Istimewa/Sewu-Sewu Ae)

Solopos.com, MADIUN — Sekelompok pemuda di Madiun melakukan gerakan sosial untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi dan pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah.

Gerakan sosial Sewu-Sewu Ae itu menghimpun dana dari masyarakat dan membelanjakannya di lapak UMKM. Kemudian memberikannya kepada masyarakat yang membutuhkan dan pasien Covid-19 yang sedang isoman.

Seperti diketahui, sejak pemerintah mengeluarkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat pada 3 Juli 2021, banyak masyarakat kecil yang terdampak.

Aktivitas masyarakat dibatasi hanya sampai pukul 20.00 WIB, kondisi itu membuat para pelaku usaha kecil pun mengalami kesulitan. Di lain sisi, juga ada pasien Covid-19 harus menjalani isoman di rumah karena tidak kebagian ruang perawatan di rumah sakit.

“Kegiatan Sewu-Sewu Ae berangkat dari keinginan kami untuk meringankan keadaan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk berbagi dan bersinergi terhadap kanan-kiri,” kata penggagas gerakan Sewu-Sewu Ae, Anrico Alamsyah kepada Solopos.com, Sabtu (17/7/2021).

Baca juga: Waduh! Stok Oksigen Medis di Samator Madiun Habis

Gerakan ini, kata Anrico, bertujuan untuk menggalakkan kebersamaan dalam menghadapi pandemi Covid-19. Dalam situasi serba sulit seperti sekarang, masyarakat harus saling menguatkan satu sama lain.

Dia menuturkan gerakan ini menghimpun dana dari masyarakat dengan nominal seikhlasnya. Uang yang terhimpun kemudian digunakan untuk membeli makanan di lapak UMKM yang ada di Madiun. Selanjutnya makanan tersebut diberikan kepada warga yang tidak mampu dan juga pasien Covid-19 yang sedang isoman.

“Jadi, pada intinya kami berusaha untuk merealisasikan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Karena dengan begini, kita bisa bahu-mmebahu untuk bertahan dalam situasi saat pandemi,” ujar dia.

Baca juga: Salut! Pengusaha Restoran di Pekalongan Ini Suplai Makanan untuk Warga Isoman

Makanan Untuk Pasien Isoman

Cara untuk berpartisipasi dalam gerakan ini pun terbilang cukup berbeda, yaitu dengan cash on delivery (COD). Warga yang ingin berpartisipasi bisa menghubungi nomor 0895607969324.

Hal ini dilakukan karena setiap hari uang yang terkumpul akan langsung dibelanjakan. Selanjutnya diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan dan pasien Covid-19 yang isoman. Pengumpulan dana dilakukan mulai pagi hingga pukul 17.00 WIB.

Sebagai bentuk pertanggungjawaban, seluruh dana yang terkumpul dan dokumentasi kegiatan diunggah melalui sorotan Instagram @anricoalamsyah dengan judul Sewu Sewu Ae.

“Cara ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini cukup mudah. Bisa langsung menghubungi nomor telepon. Selanjutnya tinggal tawarkan sekiranya bisa membantu apa,” ujar dia.

Baca juga: Salut! Ibu-Ibu di Wilayah ini Tiap Hari Buatkan Jamu Buat Tetangga yang Isoman Covid-19

Selama sepekan aksi berlangsung, lanjut Anrico, antusiasme masyarakat sangat tinggi untuk membantu UMKM dan pasien Covid-19 yang isoman. Ada yang bisa membantu dana, tenaga, waktu, pikiran, hingga sembako.

Setiap hari ada orang baik yang menyisihkan rezekinya, mulai dari Rp1.000, Rp5.000, Rp10.000, Rp20.000, bahkan ada yang sampai Rp300.000. Dalam sehari, gerakan ini bahkan bisa mengumpulkan dana senilai Rp3 juta.

Aksi ini tidak hanya dilakukan di wilayah Kota Madiun saja, tetapi juga sudah merambah di wilayah Kabupaten Madiun. Seperti untuk pasien Covid-19 yang isoman di Kecamatan Dagangan dan Kecamatan Jiwan.

“Kami berharap gerakan seperti ini bisa dilakukan di daerah lain, supaya semakin banyak masyarakat yang dibantu. Bahkan kemarin ada dari Blitar yang ingin bergerak seperti ini. Kami bersyukur,” kata pemuda Madiun itu.

 

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Nekat Goda Pacar Orang, Pria di Sidoarjo Jawa Timur Tewas Dikeroyok

Nekat goda pacar orang, seorang pemuda meninggal setelah menjadi korban pengeroyokan di kawasan GOR Sidoarjo, Jawa Timur.

Gadis Cantik Madiun Ini Wakili Jatim di Ajang Putri Remaja Indonesia

Ferensa Thitania Agpenta Putri, gadis cantik asal Kota Madiun akan mewakili Jawa Timur (Jatim) di ajang Putri Remaja Indonesia 2021.

PDAM Kota Madiun Terbelit Kasus Korupsi, Begini Sikap Wali Kota

Wali Kota Madiun, Maidi, angkat bicara terkait kasus dugaan korupsi yang menerpa PDAM Kota Madiun.

Kecelakaan Adu Banteng di Madiun, 1 Pemuda Meninggal & 2 Orang Luka

Kecelakaan adu banteng yang melibatkan dua sepeda motor terjadi di Kabupaten, Madiun, Jawa Timur (Jatim).

Cek! Ini Nama Tiga Calon Sekda Kota Madiun

Wali Kota Madiun, Maidi, mengumumkan tiga nama calon sekretaris daerah (Sekda).

Periksa 21 Saksi, Kejari Endus Dugaan Korupsi Honor THL di PDAM Madiun

Kejari Kota Madiun memeriksa 21 orang terkait kasus dugaan korupsi penyimpangan pembayaran honor THL PDAM Tirta Taman Sari Kota Madiun.

Bejat! Balita di Batu Disulut Rokok, Disiram Air Panas Calon Ayah Tiri

Balita 2,5 tahun, NS, di Kota Batu disiksa calon suami ibunya, W, 25, dengan cara disulut rokok dan disiram dengan air panas sehingga kulit balita melepuh, terbakar, dan berdarah.

Alhamdulillah! Guru Honorer Ngawi Akhirnya Dibuatkan Rumah

Sri Hastuti, guru honorer di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur (Jatim) yang tinggal di kandang kambing akhirnya dibuatkan rumah.

Pemkab Madiun Petakan 8 Kecamatan Rawan Bencana, Ini Daftarnya

Pemkab Madiun memetakan daerah rawan bencana alam banjir dan tanah longsor di 8 kecamatan dari total 15 kecamatan di Kabupaten Madiun.

Janda Madiun Ditemukan Meninggal Pendarahan di Telinga, Pembunuhan?

Seorang janda ditemukan meninggal di rumahnya, Kabupaten Madiun, Minggu (24/10/2021) dengan kondisi pendarahan di telinga sehingga keluarga meminta autopsi karena curiga.

Tercebur Sumur 12 Meter, ODGJ Perempuan di Ponorogo Selamat

Warga Ponorogo berstatus ODGJ ditemukan tercebur di sumur belakang rumahnya pada Minggu (24/10/2021) sore itu berhasil diselamatkan dalam kondisi hidup.

Belum Sempat Balap Liar, 30 Motor Ini Disita Warok Polres Ponorogo

Tim Speed Warok Satlantas Polres Ponorogo menyita 30 unit sepeda motor yang akan digunakan untuk balap liar pada Minggu (24/10/2021) dini hari.

Solar di Madiun Langka, Curhat Petani Terancam Gagal Panen

Petani di Kabupaten Madiun khawatir tidak panen karena sulit mendapatkan solar untuk mengairi sawah.

Tak Kuat Nanjak, Mobil Mewah Terjun ke Jurang Ponorogo

Mobil mewah BMW X5 mengalami kecelakaan dengan terjun ke jurang di Jalan Desa Wagir Lor, Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo.

Peringatan Hari Santri di Madiun, Upacara Hingga Bersepeda Bersama

Hari Santri Nasional tahun 2021 diperingati dengan cara bersepeda bersama di Kota Madiun, Sabtu (23/10/2021).

Berikut Daftar 5 Kampus Swasta Paling Favorit di Surabaya

Sejumlah kampus perguruan tinggi swasta di Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim) menjadi favorit karena memiliki kualitas akademik yang tak kalah dengan perguruan tinggi negeri.