SOLOPOS.COM - Komjen Pol (Purn) Oegroseno, saat masih jadi Wakapolri (JIBI/dok)

Solopos.com, JAKARTA–Seusai resmi pensiun, mantan Wakapolri Komjen Pol (Purn) Oegroseno akan mengelola kesatuan pengamanan (Satpam). Dia mengakui telah membicarakan keinginnya untuk berkecimpung dalam industri keamanan bersama rekannya bahkan sebelum resmi pensiun.

“Ini sudah terlaksana, jadi sebelum saya pensiun, kemarin sudah saya bicarakan bersama rekan-rekan. Itu obesesi saya sewaktu jadi Kapolda dulu,” ungkap Oegroseno saat ditemui di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (4/3/2014)

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Oegroseno telah ditunjuk untuk memimpin Komite Sekuriti Industri Indonesia (KSII) yang baru saja dibentuk pada 12 Februari 2014 oleh 9 asosiasi pelaku industri keamanan, antara lain Asosiasi Sekuriti Industri Migas, Ikatan Security Guard Indonesia, Lembaga Cegah Kejahatan Indonesia, Asosiasi Sekuriti Perhotelan dan Apartemen Indonesia, dan lain-lain.

Menurutnya, Satpam yang telah dibentuk 33 tahun yang lalu oleh Awaloeddin Djamin ini sudah dikelola dengan baik. Namun dia tetap ingin mengupayakan pengembangan dalam peningkatan kualitas dan kesejahteraan para petugas Satpam.

“Kemarin masih ditemukan di perusahaan jasa pengamanan ini ijazahnya palsu semua. Jadi nanti Satpam seluruh Indonesia harus ada datanya. Bagaimana sertifikasinya dan kompetensinya. Nah, nanti kitalah yang mengawasi Satpam ini bersama-sama dengan Polri,” jelasnya.

Lebih lanjut, Oegroseno mengatakan nantinya sertifikasi Satpan tidak akan terlepas dari pengawasan kepolisian. Menurutnya petugas Satpam pun harus mengerti penanganan bom ataupun mengidentifikasi orang-orang yang termasuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Selain itu, Oegroseno juga mengungkapkan rencananya untuk membela nasib para anggota yang tergabung dalam Satpam, dia bahkan menginginkan nantinya ada anggota Satpam yang dapat menduduki kursi di Komisi III DPR.

“Karir mereka dan gaji mereka harus jelas. Jadi nanti tidak ada lagi satpam yang jaga parkir, bikin kopi atau jadi tukang bikin indomi. Mungkin saya dianggap terlalu tinggi, ya. Tapi memang itu obsesi saya,” tukasnya.

Komjen Pol (Purn) Oegroseno resmi memasuki masa pensiun dan berhenti menjabat sebagai Wakapolri pada Selasa (4/3/2014), posisinya digantikan oleh Komjen Pol Badrodin Haiti yang dulunya menjabat sebagai Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan Polri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya