Seusai Bertemu Jokowi, Putin Janji Takkan Ganggu Ekspor Ukraina

Melunaknya Presiden Putin itu setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam suasana yang hangat di Moskow, Rusia, Kamis (30/6/2022).

 Presiden Jokowi bertemu Presiden Putin di Moskow, Rusia, Kamis (30/6/2022) waktu setempat. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi bertemu Presiden Putin di Moskow, Rusia, Kamis (30/6/2022) waktu setempat. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA —  Presiden Rusia Vladimir Putin sedikit melunak dan berjanji tidak akan mengganggu ekspor pangan Ukraina.

Melunaknya Presiden Putin itu setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam suasana yang hangat di Moskow, Rusia, Kamis (30/6/2022).

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Jokowi menyatakan Putin menyanggupi untuk memberikan jaminan keamanan pasokan pangan dan pupuk baik dari Rusia maupun dari Ukraina untuk negara-negara berkembang, termasuk Indonesia.

“Terima kasih kepada Presiden Putin. Bahwa isu perdamaian dan kemanusiaan menjadi prioritas Indonesia untuk selalu berkontribusi bagi perdamaian dunia. Untuk itulah saya melakukan kunjungan ke Kyev dan Moscow,” ujar Presiden Jokowi seperti dikutip Solopos.com dari breaking news di kanal Youtube KompasTV, Kamis malam.

Baca Juga: Berlangsung Hangat, Ini Hasil Pertemuan Presiden Jokowi-Putin

Jokowi menyampaikan dirinya dan Putin membahas tentang kebutuhan negara-negara berkembang, termasuk Indonesia, perihal pangan dari Ukraina dan pupuk dari Rusia.

Jokowi menepati janji untuk menyampaikan pesan dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

Dalam pembicaraan tersebut, Putin berjanji takkan lagi mengganggu ekspor pangan Ukraina.

Baca Juga: Dipuji Zelenskyy, Jokowi Pemimpin Asia Pertama yang ke Ukraina

“Saya menyadari situasi saat ini masih sangat sulit. Karena itu saya sampaikan penyelesaian damai penting untuk dikedepankan, ruang dialog terus dibuka. Saya sampaikan pesan Presiden ukraina, saya sampaikan kesiapan jadi jembatan komunikasi kedua pemimpin tersebut. Saya banyak diskusi bahwa soal pangan dan pupuk adalah masalah kemanusiaan, kepentingan masyarakat dunia. Ratusan juta orang terdampak terutama di negara-negara berkembang. Saya hargai Presiden Putin memberikan jaminan keamanan untuk pasokan pangan dan pupuk baik dari rusia dan ukraina, ini berita yang baik,” lanjut mantan Wali Kota Solo itu.

Jokowi dan Putin juga mendiskusikan tentang upaya PBB agar distribusi pupuk dan pangan dari dua negara yang bertikai itu dapat kembali masuk ke pasokan dunia.

Baca Juga: Usai Lawatan di Ukraina, Presiden Jokowi Langsung Bertolak ke Polandia

“Demi kemanusiaan saya dukung upaya PBB untuk reintegrasi pupuk Rusia dan pangan Ukraina masuk lagi dalam rantai pasok dunia. Dan khusus ekspor dari Ukraina melalui jalur laut tadi Presiden Putin sudah memberi jaminan keamanan,” kata suami Iriana itu.

Kerja sama Rusia-Indonesia

Tak hanya membahas soal perang Rusia-Ukraina, Jokowi dan Putin juga mendiskusikan potensi kerja sama antara Indonesia dan Rusia.

Dua kepala negara itu menyepakati bakal ada kerja yang bakal ditindaklanjuti dengan pembahasan mendetail.

Baca Juga: Bawa Pesan Presiden Ukraina, Jokowi Bertemu Putin Hari Ini

“Kami juga berdiskusi panjang mengenai Rusia dan Indonesia, baik investasi, perdagangan maupun turisme. Dengan tindak lanjut melalui pembentukan tim untuk membahas secara detail,” lanjut Jokowi.

Menurut Jokowi, Indonesia tidak mempunyai kepentingan dalam kunjungan ke Rusia dan Ukraina kecuali ingin agar kedua negara bertetangga itu kembali berdamai.

Baca Juga: Dipuji Zelenskyy, Jokowi Pemimpin Asia Pertama yang ke Ukraina

“Indonesia tidak punya kepentingan apapun kecuali melihat perang selesai, rantai pupuk pangan segera diperbaiki karena berhubungan dengan ratusan juta orang. Saya mengajak pemimpin dunia menghidupkan kembali semangat damai dan kerja sama, hanya dengan spirit itulah perdamaian dunia akan terwujud,” tutup mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      2023, Menkes Siapkan Transformasi Kesehatan Senilai Rp196,8 Triliun

      Anggaran transformasi kesehatan tersebut menurun dari 2023 senilai Rp96,8 triliun karena ada pengurangan pengadaan vaksin senilai Rp10 triliun.

      Istana: Pelantikan Menteri PAN RB Bersamaan Groundbreaking IKN

      Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyatakan sebelum Agustus berakhir akan berlangsung peletakan batu pertama IKN dan pelantikan menteri PAN-RB

      Sukses Nyanyi, Presiden Jokowi Pesan Ini ke Farel Prayoga

      Inilah isi pesan Presiden Jokowi kepada Farel Prayoga yang sukses menghibur pejabat dan tamu undangan di Istana Merdeka dengan nyanyiannya Ojo Dibandingke.

      Pemilu 2024: Anggaran KPU Rp14 Triliun, Bawaslu Rp5,5 Triliun pada 2023

      Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan anggaran pemilu yang paling besar akan terjadi di 2024, atau pada saat Pemilu berlangsung.

      Para Pemuda Kiri di Sekitar Proklamasi Kemerdekaan

      Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia pada17 Agustus 1945 niscaya tak akan terjadi tanpa andil para pemuda kiri. Mereka adalah kader-kader komunis dan sosialis.

      Momen Iriana Jokowi, Prabowo-Kapolri Joget Ojo Dibandingke di Istana

      Inilah momen unik yang membuat Ibu Negara Iriana Jokowi, Menhan Prabowo, hingga Kapolri berjoget bersama di Istana Merdeka.

      Nyanyi di Istana, Farel Prayoga Bikin Jokowi Senyum-Prabowo Joget

      Penampilan penyanyi cilik Farel Prayoga di Istana Merdeka, Rabu (17/8/2022) membuat Presiden Jokowi dan para pejabat RI terhibur.

      Buton Trending Topic Berkat Jokowi Pakai Baju Adat Dolomani di HUT RI

      Penampilan Jokowi memakai baju adat Buton di Upacara HUT ke-77 RI, Rabu (17/8/2022) menjadi trending topic di Twitter.

      Profil I Dewa Ayu Asal Kudus, Pembawa Bendera Upacara HUT ke-77 RI 2022

      Inilah profil I Dewa Ayu, siswi SMA N 2 Kudus yang bertugas sebagai pembawa bendera di upacara HUT ke-77 RI, Rabu (17/8/2022).

      Spesial! Ini Makna Baju Adat Buton Dipakai Jokowi di HUT ke-77 RI

      Presiden Jokowi memakai baju adat Buton dalam perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Rabu (17/8/2022).

      Setelah Proklamasi Kemerdekaan, Bambu Runcing dan Granat Kolang-Kaling

      Setelah Bung Karno dan Bung Hatta atas nama bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada Jumat 17 Agustus 1945, gelora revolusi segera merambat ke mana-mana.

      Inilah 16 Parpol Tak Lolos Tahap Pendaftaran Peserta Pemilu 2024

      Sebanyak 16 parpol ini tidak mampu melengkapi berkas yang dibutuhkan.

      Thrifting dan Dilema Ancaman Kesehatan atau Menjaga Bumi

      Budaya thrifting atau menggunakan kembali baju bekas yang menjadi tren sejak puluhan tahun lalu ditentang pemerintah lantaran memiliki ancaman kesehatan yang serius, meski aksi ini bertujuan mencintai bumi karena menekan laju produksi tekstil.

      Kasus di Jiwasraya, Asabri, dan Garuda, Jokowi: Hukum Harus Adil

      Jokowi menyebut perlindungan hukum, sosial, politik, dan ekonomi untuk rakyat harus terus diperkuat.

      Sejarah Hari Ini: 17 Agustus 1945, Kemerdekaan Indonesia

      Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 17 Agustus.