Setwan Siapkan Pelantikan Istimewa DPRD Jateng

Persiapan pelaksanaan pelantikan 120 calon terpikih anggota DPRD Jawa Tengah Masa Bakti 2019-2024 yang dijadwalkan Selasa (3/9/2019) di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Jateng sudah mencapai 90%. Sekretariat Dewan (Setwan) Menyiapkan agenda pelantikan yang tidak biasa.

Setwan Siapkan Pelantikan Istimewa DPRD Jateng

SOLOPOS.COM - Sekretaris DPRD Jawa Tengah Urip Sihabuddin. (Antara-Wisnu Adhi)

Solopos.com, SEMARANG — Persiapan pelaksanaan pelantikan 120 calon terpilih anggota DPRD Jawa Tengah Masa Bakti 2019-2024 yang dijadwalkan Selasa (3/9/2019) di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Jateng sudah mencapai 90%. Sekretariat Dewan (Setwan) Menyiapkan agenda pelantikan yang tidak biasa.

“Saat ini, persiapan pelantikan calon anggota Dewan terpilih sudah 90%, tinggal gladi bersih saja. Undangan sudah disebar,” kata Sekretaris DPRD (Sekwan) Jawa Tengah Urip Sihabuddin di Kota Semarang, Jateng, Kamis (29/8/2019).

Menurut dia, akan ada hal yang berbeda dari sisi prosesi pelantikan anggota DPRD Jateng yang akan dipimpin oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Tengah dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya, yakni adanya pidato sambutan pimpinan sementara dan sambutan Gubernur Jawa Tengah. “Dulu pada prosesi pelantikan tidak ada sambutan pimpinan sementara, sedangkan sambutan Mendagri akan diganti sambutan Gubernur Jateng atau tidak lagi membacakan sambutan Mendagri,” ujarnya.

Dua orang pimpinan sementara DPRD Jateng akan diduduki oleh calon anggota yang telah ditunjuk oleh partai politik peraih kursi terbanyak, yaitu PDI Perjuangan dan Partai Kebangkitan Bangsa. PDIP menunjuk Bambang Kusriyanto sebagai pimpinan sementara dari partai berlambang banteng moncong putih itu, sedangkan PKB belum menunjuk kadernya yang akan duduk di kursi pimpinan sementara lembaga legislatif itu.

Jumlah tamu undangan dari berbagai elemen masyarakat pada pelantikan anggota DPRD Jateng mencapai 995 orang karena menyesuaikan keinginan dari calon terpilih anggota DPRD. “Mengingat banyaknya undangan yang hadir,maka kami juga menyediakan beberapa layar lebar agar prosesi pelantikan bisa disaksikan langsung bagi masyarakat yang berada di luar ruang paripurna,” katanya.

Terkait dengan pelantikan calon anggota Dewan mendatang, jajaran Setwan DPRD Jateng telah melakukan beberapa antisipasi seperti menyiapkan kantong-kantong parkir. “Kantong parkir disediakan di halaman kantor Gubernur Jateng dan di sepanjang Jalan Pahlawan Semarang sebanyak dua lajur,” ujarnya.

Selain itu, Setwan DPRD Jateng juga telah melakukan penataan ruangan di komisi dan fraksi terkait dengan penambahan jumlah anggota dewan terpilih dari 100 orang menjadi 120 orang. “Legislator Jateng periode mendatang jumlahnya 120 orang atau lebih banyak 20 orang dibanding sekarang yang berjumlah 100 orang sehingga ada beberapa penyesuaian, baik ruangan maupun fasilitas lainnya,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Pemakaman dengan Protokol Covid-19 di Solo Melonjak 4 Kali Lipat, Penggali Kubur Kewalahan

Pemakaman jenazah dengan protokol Covid-19 di Kota Solo naik empat kali lipat pada Juli 2021 hingga membuat penggali kubur kewalahan.

Begini Lur Cara Damkar Lepaskan Cincin Macet di Jari Remaja Wonogiri

Petugas Damkar Wonogiri sebenarnya tidak diberi pelatihan khusus untuk menangani orang yang tidak bisa melepas cincin dari jarinya.

Catat Lur! Jl Slamet Riyadi Solo Ditutup Mulai Pukul 20.30 WIB hingga 05.00 WIB

Salah satu jalan di Kota Solo yang ditutup adalah Jl Slamet Riyadi pada perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4.

4 Hari Diguyur Hujan, Warga Paranggupito Wonogiri Bebas dari Kekeringan

Warga Paranggupito, Wonogiri, akhirnya terbebas dari kekringan setelah empat hari wilayahnya diguyur hujan.

Apes! Remaja Wonogiri Baru Beli Cincin, Tapi Tak Bisa Dilepas dari Jari

Seorang remaja perempuan di Wonogiri terpaksa harus mendatangi Kantor Pemadam Kebakaran (Damkar) Wonogiri karena cincin di jarinya tak bisa dilepas.

Stok Menipis, Pemkot Jogja Fokus Pada Vaksinasi Dosis Kedua

Stok vaksin yang tersedia di Kota Jogja tak mencukupi untuk vaksinasi dosis kedua.

Memakan Korban Jiwa, Tim Gabungan Copoti Jebakan Tikus di Ngrampal Sragen

Tim gabungan dari Forkompimcam Ngrampal, Sragen, mencopoti jebakan tikus yang teraliri listrik di area persawahan di Desa Karangudi, Selasa (3/8/2021).

Mohon Doanya, Suami-Istri Mantan Menkes Ini Positif Covid-19

Dua mantan Menteri Kesehatan, Farid Anfasa Moeloek dan Nila Djuwita Faried Anfasa Moeloek, tengah berjuang melawan Covid-19 yang mereka derita.

1 Peleton Polisi Dikerahkan Semprot Disinfektan di Jalanan Klaten

Rute penyemprotan disinfektan Jl. Diponegoro-Jl. Veteran-Jl. Pemuda-Jl. Merbabu-Jl. Mayor Kusmanto-Jl. Ki Ageng Gribig dan kembali ke Polres Klaten.

Tragis, Terpeleset Saat Kabur Dari RS Lapangan, Pasien Covid-19 di Bantul Meninggal di Kolam ikan

Pasien Covid-19 ditemukan meninggal dunia di dasar kolam ikan setelah mencoba kabur dari RS lapangan Khusus Covid-19 Bantul.

Ikatan Cinta 3 Agustus 2021: Diubah Penampilannya, ke Mana Ricky Bawa Elsa Kabur?

Di bawah ini terdapat sinopsis atau bocoran sinetron Ikatan Cinta episode malam ini, Selasa, 3 Agustus 2021 yang tayang di RCTI 19.45 WIB.

Positif Corona Tapi Tak Percaya, Pria di Sleman Nulari Warga Sekampung

Seorang pria di Sleman yang positif Covid-19 namun tidak percaya dengan virus corona membuat puluhan warga di kampungnya tertular.