Sekretaris DPRD Jawa Tengah Urip Sihabuddin. (Antara-Wisnu Adhi)

Solopos.com, SEMARANG — Persiapan pelaksanaan pelantikan 120 calon terpilih anggota DPRD Jawa Tengah Masa Bakti 2019-2024 yang dijadwalkan Selasa (3/9/2019) di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Jateng sudah mencapai 90%. Sekretariat Dewan (Setwan) Menyiapkan agenda pelantikan yang tidak biasa.

"Saat ini, persiapan pelantikan calon anggota Dewan terpilih sudah 90%, tinggal gladi bersih saja. Undangan sudah disebar," kata Sekretaris DPRD (Sekwan) Jawa Tengah Urip Sihabuddin di Kota Semarang, Jateng, Kamis (29/8/2019).

Menurut dia, akan ada hal yang berbeda dari sisi prosesi pelantikan anggota DPRD Jateng yang akan dipimpin oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Tengah dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya, yakni adanya pidato sambutan pimpinan sementara dan sambutan Gubernur Jawa Tengah. "Dulu pada prosesi pelantikan tidak ada sambutan pimpinan sementara, sedangkan sambutan Mendagri akan diganti sambutan Gubernur Jateng atau tidak lagi membacakan sambutan Mendagri," ujarnya.

Dua orang pimpinan sementara DPRD Jateng akan diduduki oleh calon anggota yang telah ditunjuk oleh partai politik peraih kursi terbanyak, yaitu PDI Perjuangan dan Partai Kebangkitan Bangsa. PDIP menunjuk Bambang Kusriyanto sebagai pimpinan sementara dari partai berlambang banteng moncong putih itu, sedangkan PKB belum menunjuk kadernya yang akan duduk di kursi pimpinan sementara lembaga legislatif itu.

Jumlah tamu undangan dari berbagai elemen masyarakat pada pelantikan anggota DPRD Jateng mencapai 995 orang karena menyesuaikan keinginan dari calon terpilih anggota DPRD. "Mengingat banyaknya undangan yang hadir,maka kami juga menyediakan beberapa layar lebar agar prosesi pelantikan bisa disaksikan langsung bagi masyarakat yang berada di luar ruang paripurna," katanya.

Terkait dengan pelantikan calon anggota Dewan mendatang, jajaran Setwan DPRD Jateng telah melakukan beberapa antisipasi seperti menyiapkan kantong-kantong parkir. "Kantong parkir disediakan di halaman kantor Gubernur Jateng dan di sepanjang Jalan Pahlawan Semarang sebanyak dua lajur," ujarnya.

Selain itu, Setwan DPRD Jateng juga telah melakukan penataan ruangan di komisi dan fraksi terkait dengan penambahan jumlah anggota dewan terpilih dari 100 orang menjadi 120 orang. "Legislator Jateng periode mendatang jumlahnya 120 orang atau lebih banyak 20 orang dibanding sekarang yang berjumlah 100 orang sehingga ada beberapa penyesuaian, baik ruangan maupun fasilitas lainnya," katanya.

http://semarang.solopos.com/">KLIK dan https://www.facebook.com/SemarangPos">LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten