SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Sejak upacara pemakaman mantan Ibu Negara Ainun Habibie, Selasa lalu, setiap hari mantan Presiden Habibie menyambangi makam istrinya yang terletak di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

Kamis kemarin, Habibie datang dengan ditemani anaknya dan sang ponakan, Adrie Soebono. Ia datang sekitar pukul 15.00. Hal yang sama ia lakukan sehari sebelumnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal itu dibenarkan Bachrudin, salah seorang petugas pemakaman. Namun, ia tidak tahu apakah Habibie akan terus menyambangi makam setiap harinya, hingga hari tertentu. “Tadinya mau saya tanyain, tetapi mereka keburu pulang,” tutur Bachrudin, Jumat (28/5).

Ekspedisi Mudik 2024

Di lokasi makam, petugas pemakaman telah menyiapkan beberapa bangku bagi peziarah. Siapa pun yang berniat memanjatkan doa, mereka tidak harus berjongkok ataupun duduk di tanah. Petugas pemakaman juga menyediakan satu ember air jika peziarah berniat menyiramkannya ke makam. Hal itu disediakan tanpa dipungut bayaran.

Pihak manajemen pemakaman telah memprediksi bahwa banyak peziarah yang akan mengunjungi makam itu. Oleh karena itu, mereka berinisiatif memfasilitasi para peziarah tersebut.

Jumat ini, makam Ainun Habibie mulai dirapikan, gundukan tanah yang berserak pasca-upacara pemakaman kenegaraan mulai disingkirkan. Namun, dua kayu panjang di sisi makam dibiarkan agar peziarah terhindar dari tanah basah.

kompas/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya