SOLOPOS.COM - Ilustrasi anak di Ameriksa serikat. (AP Photo)

Solopos.com, WASHINGTON DC -- Lebih dari setengah juta anak di berbagai wilayah di Amerika Serikat (AS)  positif terpapar virus corona (Covid-19). Angka itu tercatat sejak pertama kalinya virus Corona terdeteksi di wilayah AS.

Seperti dilansir CNN, Selasa (15/9/2020), laporan Akademi Pediatri Amerika dan Asosiasi Rumah Sakit Anak menyatakan ada 72.933 kasus corona pada anak-anak. Jumlah tersebut dihitung mulai 27 Agustus hingga 10 September. Jumlah itu mengalami peningkatan 15% untuk kasus corona pada anak dalam dua pekan terakhir.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut laporan mingguan kedua kelompok itu, total sedikitnya 549.432 kasus corona pada anak kini tercatat di berbagai wilayah AS.

Angka Covid-19 Melonjak di Malaysia, PM Muhyiddin Bimbang

Kasus-kasus corona pada anak itu tercatat berdasarkan usia dan datanya disediakan oleh Departemen Kesehatan dari 49 negara bagian AS, New York City, District of Columbia, Puerto Rico dan Guam. Namun hanya sebagian negara bagian yang melaporkan kasus rawat inap dan kematian berdasarkan usia.

Kesehatan Anak

Dari data yang tersedia dari 24 negara bagian AS dan New York City, kasus corona pada anak-anak mencapai 0,6 persen dari total 3,6 persen kasus rawat inap yang dilaporkan. Antara 0,3% hingga 8,2% dari seluruh kasus corona pada anak yang berakhir di rumah sakit.

Ini Detik-Detik Keysya Dibunuh Ibu, Bikin Merinding

Dari 42 negara bagian AS yang melacak kematian akibat corona berdasarkan usia, anak-anak mencapai nol persen hingga 0,3% kematian. Untuk 18 negara bagian AS yang melaporkan kematian berdasarkan usia, tidak ada kematian pada anak-anak. Akademi Pediatri Amerika menyatakan pihaknya menginginkan pelaporan yang lebih detail dari negara-negara bagian di AS.

"Saat ini, tampaknya penyakit parah akibat virus corona pada anak-anak tergolong jarang," sebut laporan itu.

"Namun, otoritas negara bagian harus terus menyampaikan laporan terperinci soal kasus-kasus Covid-19. Pemeriksaan, rawat inap, dan kematian berdasarkan usia dan ras/etnis agar dampak corona pada kesehatan anak-anak bisa dicatat dan dipantau," imbuh laporan itu.

Nekat Syuting Film Porno di Hutan Keramat, Sang Produser Ditangkap

Menurut laporan Akademi Pediatri Amerika dan Asosiasi Rumah Sakit Anak, anak-anak mewakili hampir 10% dari semua kasus corona yang dilaporkan di AS.

Namun banyak kasus anak-anak yang kemungkinan tidak dilaporkan karena karena penghitungannya berdasarkan pada data setiap negara bagian yang dikumpulkan tidak secara konsisten.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya