SOLOPOS.COM - Tangkap layar curhatan pemilik akun Twitter Rifki Aris Sandi @rifkiarissandi soal maskapai Saudia Airlines. (Istimewa/Twitter @rifkiarissandi).

Solopos.com, SOLO — Maskapai penerbangan Saudia Airlines viral karena memberikan tiket promo besar-besaran total Rp5 juta untuk rute pergi pulang (PP) Solo – Jakarta – Jeddah, Jumat-Minggu (19-21/5/2023) lalu.

Dua pekan kemudian, Senin (5/6/2023), Saudia Airlines kembali jadi bahan perbincangan karena disebut-sebut melalukan refund sepihak hingga dirasa merugikan ratusan calon penumpang.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Salah satu yang mengeluhkan keputusan sepihak tersebut yakni pemilik akun Twitter @rifkiarissandi atau Rifki Aris Sandi yang membeli tiket Solo – Jakarta – Jeddah.

Rifki membuat rangkaian kronologi tweet soal kali pertama mendapatkan tiket murah PP Solo – Jakarta – Jeddah, hingga akhirnya dibatalkan sepihak oleh pihak Saudia Airlines di akun Twitternya, Minggu (4/6/2023).

Rangkaian tweet tersebut dilihat lebih dari 119.000 netizen, kemudian di re-tweets hingga 183, 39 quotes, 199 likes, dan 53 bookmarks. Solopos.com telah menginformasi Rifki soal ulasannya tersebut pada, Senin (5/6/2023).

Sejumlah warganet kemudian merespons postingan tersebut dengan beragam komentar. Beberapa mengeluhkan hal serupa soal refund sepihak dan meminta pihak maskapai segera tanggungjawab.

Namun ada juga yang meminta para calon penumpang legawa. 

“Intinya legowo udah tau harga ga wajar ya kalau di cancel terima kalau issued Alhamdulillah, setiap sesuatu yang dipaksakan tidak baik apalagi ini ke baitullah, belajar Ikhlas,” balas pemilik akun Twitter @AboutSyauqi, Minggu.

Kronologi

Dalam Twitternya, Rifki, menuliskan pada, Sabtu (20/5/2023) mengetahui informasi tiket murah tersebut kemudian memutuskan membeli melalui situs resmi Saudia Airlines.

Bagi dia, promo tiket murah menuju Jeddah bukanlah hal baru. Apalagi, baginya yang pernah dapat tiket ke Madinah hanya Rp3 juta bahkan pernah mendapat tiket murah ke Jeddah hanya Rp1 juta. Oleh karena itu, ia menilai promo tersebut valid.

“Akhirnya tanpa pikir panjang beli lah saya tiket ini dengan pilihan dari solo jeddah pp dengan keluarga, begitu juga temen2 sy dan mungkin banyak orang2 juga pada beli. Mereka senang karena mereka akhirnya bisa umroh lagi dengan harga murah #SaudiaBaik -4,” tulis Rifki dalam akun Twitternya.

Hingga akhirnya ia kaget ada informasi promo tersebut dianggap tak valid dan hanya sistem eror. Informasi disampaikan langsung oleh Blog Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji (Himpuh) melalui perwakilan Saudia Airlines yakni Ayuberga.

Namun, Rifki masih berpikiran positif  karena hingga saat ini belum ada pemberitahuan resmi dari maskapai.

“Hal ini patut dipertanyakan, maskapai seharusnya membuat statement jika memang hal ini adalah error system. Sebagai contoh, ANA yng juga belum lama ini menjual tiket bisnis classnya daru jakarta ke amerika seharga 5juta. Tak butuh lama, ANA mengeluarkan statement langsung,” lanjut Rifki di akun Twitternya.

“Saya pun beranggapan ini bukan error system. Ini memang harga yg saya beli. Saya bayar saya dapt tiket. Tanpa mengelabui, mengutak atik dan berbuat hal yg melanggar dan mengarah ke kejahatan cyber. Hingga akhirnya… #CancelSepihakSaudiAirlines -11,” lanjut Rifki di Threat ke-11.

Saudia Airlines Cancel Sepihak

Hingga akhirnya pada Senin (5/6/2023) ia mendengar kabar pembatalan pembelian 1 sektor yakni Jakarta Jeddah sedangkan sektor SOC CGK, JED CGK dan CGK SOC masih aman.

“Dan kepanikan dimulai, tmn2 grup ada yg sudah tlpn, chat, email, ada yg di kasih alternative dan ada jg yg tidak berhasil. Bahkan ada yg harus nambah bayar. Aneh! seharusnya dengan hal ini, bisa di urus dgn mudah, dan kalaupun ini error fare, kena hanya 1 sektor yg di cancel?,” lanjut Rifki.

Sejumlah calon penumpang bahkan mendatangi Saudia Airlines di Jakarta, namun mereka mengatakan tidak berani mengutak atik tiket yang dipesan melalui situs resmi apalagi online travel agent. 

Sejumlah calon penumpang kemudian menelepon Saudia Airlines di USA, Kanada, Australia dan Jeddah. Ada yang berhasil mengubah jadwal, ada juga yang tidak bisa dan diminta mengurusnya ke kantor di Jakarta.

“Sampai ada yg behasil di reisu dan dpt tiket baru lalu kemudian di cancel lagi, sampai sv agen diluar indonesia bingung, ada apa ini,” curhat Rifki lagi di Twitter.

Hal yang paling Rifki sayangkan yakni adanya refund sepihak tanpa persetujuan penumpang. Sementara, jika dilihat dari email, refund dilakukan oleh main office di Jakarta.

Rifki juga mengklaim CS Saudia Airlines di luar Indonesia juga kaget dengan hal tersebut.

“Jakarta, kok makin aneh ya?? Jadinya penasaran ini sebenerny kenapa?? Ga bisa refund sepihak gini dong.. kasihan.. hak penumpang diambill.. udah bayar dan didholimi,” tulisnya di Twitter.

Pada Thread terakhir, Rifki menegaskan ia dan rekan-rekannya yang berhasil mendapatkan tiket promo murah Saudia Airlines menuju Jeddah tidak melakukan kecurangan.



Namun, ia heran dengan hal yang menimpanya mulai adanya jorjoran tiket promo, kabar sistem eror, hingga refund sepihak.

“Aku, kami, kita dan smuanya hanya mau tiket kami dikembalikan. Kami tidak berbuat curang. Kami beli dengan hati gembira, tapi apa yg dilakukan telah kalian lakukan @Saudi_Airlines ? Untuk mas @gibran_tweet mungkin kami yg berangkat dri solo bisa dibantu,” tulis Rifki di Tweet terakhir.

Salah satu warga Sragen yang enggan disebutkan namanya juga mendapatkan tiket promo Solo-Jeddah pada Mei lalu. Namun, sampai saat ini pembelian tiketnya masih valid dan tak ada informasi refund. 

Pekerja swasta ini juga merasa kecewa dengan apa yang terjadi kepada para calon penumpang Saudia Airlines. Menurutnya, kalaupun ada kesalahan atau sistem eror, harusnya pihak maskapai memberikan statement resmi.

Seperti yang dilakukan maskapai All Nippon Airways (ANA) belum lama ini. ANA waktu itu menjual tiket kelas bisnis dari Jakarta ke Amerika hanya Rp5 juta.

Namun, tak berapa lama ANA mengeluarkan statement resmi serta memberikan kompensasi kepada para calon penumpang yang terlanjur beli tiket harga murah.

Konfirmasi CS Saudia Airlines Indonesia

Sebelumnya, Solopos.com juga sempat mengonfirmasi kabar promo tiket murah ke customer service (CS) resmi Saudia Airlines Indonesia, Kamis (25/5/2023).

Nomor telepon CS tersebut Solopos.com dapatkan dari situs resmi Saudia Indonesia http://saudiairlines.co.id/ yang tertuliskan sebagai nomor pemesananan tiket.

“Tiket tersebut memang valid, tetapi telah terjadi kesalahan pada saat update harga di sistem dan saat ini sudah ditangani dengan baik oleh kantor pusat Saudia Airlines di Jeddah,” tulis CS Saudia Airlines Indonesia saat dihubungi melalui chat, Kamis.

Pihak Saudia Airlines Indonesia melanjutkan tiket yang sudah terbit tersebut masih berstatus valid, belum ada informasi lanjutan dari kantor pusat mereka.

Sementara, sampai berita ini dituliskan, Solopos.com memang belum mendapatkan informasi resmi dari pihak maskapai soal permasalahan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya